gagal menampilkan data

Article

Top 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Tahun 2023, Adakah Kampusmu?

Written by Zefanya Pardede

Selain strategi belajar, mempersiapkan pilihan kampus juga penting untuk menentukan masa depan. Nggak selalu harus perguruan tinggi negeri, banyak banget perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berkualitas!

Kalau kamu tertarik untuk mendaftarkan diri ke kampus swasta, ini rekomendasi perguruan tinggi swasta terbaik tahun 2023 berdasarkan laporan dari Webometrics.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Lihat Syarat dan Tanggal Pengumuman!

Universitas Telkom

Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik, Universitas Telkom berada di peringkat nomor 1.347 di dunia. Terletak di Bandung, kamus swasta ini terdiri dari Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Informatika, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Terapan.

Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di antara perguruan swasta di Indonesia, Universitas Telkom memiliki fasilitas yang memuaskan, seperti asrama bagi mahasiswa. Kampus swasta ini juga mengadakan program beasiswa setiap tahun.

Baca juga: Cek Jadwal Pengumuman SBMPTN 2023, Siswa Gagal SNBP Bisa Lakukan Ini

Bina Nusantara (Binus)

Di urutan kedua perguruan tinggi swasta terbaik adalah Bina Nusantara atau yang lebih dikenal sebagai Binus. Kini, Binus berada di peringkat nomor 1.572 secara global. Kualitas dan kesuksesan alumni kampus swasta ini menunjukkan bahwa Binus merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang pendidikannya nggak main-main.

Fasilitasnya Binus menunjukkan bahwa kampus ini adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang terbaik, mulai dari konsep smart class, incubator class, hingga kelas pembelajaran bersama Apple Developer Academy. Kamu nggak bakal ketinggalan ilmu di salah satu perguruan tinggi swasta terbaik ini!

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Berada di peringkat nomor 1.974 di dunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Sesuai dengan namanya, kampus swasta ini terletak di Yogyakarta.

Sebagai perguruan tinggi di Indonesia yang menduduki peringkat keempat secara nasional tahun ini, UMY menawarkan berbagai program studi menarik. Kamu bisa memilih jurusan sesuai dengan fakultas yang kamu minati, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, serta masih banyak lagi!

Baca juga: Cek 5+ Sekolah Tinggi Kedinasan Buat Kamu yang Mau Jadi CPNS, Apa Saja?

Universitas Mercu Buana

Pada 2021, Universitas Mercu Buana berhasil menjadi Top 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional karena telah menerima akreditasi Unggul dari BAN-PT. Tahun berikutnya, kampus swasta ini menempati urutan ketiga pada daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Se-DKI Jakarta.

Tahun ini, Universitas Mercu Buana kembali lagi menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang terbaik sekaligus meraih ranking nomor 2.358 di dunia.

Kampus swasta ini mempunyai 6 fakultas menarik yang bisa kamu lihat-lihat, seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Seni dan Desain.

Baca juga: 6 Platform Tryout Online Gratis Untuk Persiapan UTBK-SNBT 2023

Universitas Muhammadiyah Malang

Di peringkat 5 perguruan tinggi swasta terbaik tahun ini adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dengan peringkat nomor 2.603 di dunia, kampus swasta yang berlokasi di Malang ini memiliki lingkungan yang asri dan sejuk. Nyaman banget untuk belajar.

UMM sudah 14 kali berturut-turut menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) dari LLDIKTI. Ini membuktikan bahwa mereka memang layak menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Nah, itu dia 5 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang bisa kamu kepoin!

Mau tahu tips lain seputar perkuliahan? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang juga!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond