gagal menampilkan data

Article

Ada 5 SEO Tools untuk Pemula, Gratis Semua!

Written by Zefanya Pardede

Media sosial, content creating, dan digital marketing menjadi bidang-bidang pekerjaan yang marak. Orang-orang yang bekerja di bagian tersebut akan selalu memperhatikan performa konten yang diunggah oleh situs web atau laman media sosial perusahaan.

SEO (Search Engine Optimization) digunakan untuk mengoptimalkan konfigurasi teknis situs, relevansi konten, dan popularitas link yang ditampilkan, sehingga suatu laman dapat ditemukan dengan lebih mudah oleh target audience.

SEO tools untuk pemula semakin dicari-cari oleh mereka yang ingin mendalami karier yang berhubungan dengan praktik SEO.

Banyak sekali SEO tools untuk pemula yang cocok buat kamu yang baru belajar SEO. Sayangnya, beberapa tools SEO terbaik aksesnya berbayar dan harganya nggak murah.

Jangan khawatir! Ini dia 5 rekomendasi SEO tools untuk pemula yang bisa kamu coba, dijamin gratis!

Baca juga: 7 Bootcamp Digital Marketing Terakreditasi untuk Menunjang Karier Masa Depan

Ubersuggest

SEO tools untuk pemula yang pertama adalah Ubersuggest. Ubersuggest merupakan alat yang bisa membantu kamu mengoptimalkan performa situs yang diinginkan.

Sebagai salah satu SEO tools untuk pemula yang terbaik, Ubersuggest mampu mempermudah mudah kamu mencari dan menilai kata kunci yang diinginkan, memberi variasi kata kunci, dan menyediakan ide-ide konten baru terkait kata kunci yang dicari.

Kamu pun bisa melihat konten mana saja yang best-performing ketika kamu memasukkan alamat situs ke dalam mesin pencari Ubersuggest. Nggak diragukan, alat ini merupakan SEO tools untuk pemula yang harus dicoba!

Pros:

  • Menyediakan domain overview.
  • Memberi ide konten.
  • SEO tools untuk pemula yang paling mudah.

Cons:

  • Fitur pencarian data demografi berbayar.

Baca juga: Ini Dia 5 Platform Belajar UI/UX Gratis untuk Pemula, Pasti Berguna!

AnswerThePublic

AnswerThePublic adalah salah satu tools SEO terbaik dan gratis untuk menemukan ide konten digital. Kamu hanya tinggal mengetik kata kunci dan alat ini akan menyajikan daftar terperinci berisi istilah pencarian terkait yang paling populer.

SEO tools untuk pemula ini berfokus pada tiga hal, yaitu Questions, Prepositions, dan Comparisons. AnswerThePublic bahkan dapat memecah data-data menjadi pemetaan dan olahan visual.

Dengan alat ini, kamu bisa mengunduh informasi yang ditampilkan ke dalam format CSV yang kemudian bisa dipindahkan ke Microsoft Excel untuk ditinjau lebih lanjut! Lengkap, ‘kan?

Pros:

  • Menyediakan akses untuk mengolah visualisasi data.
  • Memberi data lengkap yang dapat diunduh secara gratis.

Cons:

  • Untuk mengakses fitur premium SEO tools untuk pemula ini, pengguna diwajibkan untuk membayar.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membangun Relasi untuk Karier, Yuk Pelajari!

Woorank

SEO tools untuk pemula ini bukan situs ataupun aplikasi, melainkan extension Google Chrome yang dapat secara langsung menilai situs web yang sedang kamu kunjungi secara real-time tanpa harus memasukkan kata kunci apa pun.

Penilaian yang dimaksud meliputi analisis optimalisasi kata kunci yang digunakan oleh situs tersebut, traffic, backlink, dan masih banyak lagi. Laporan mengenai kelebihan dan kekurangan juga bisa diakses ketika kamu membuka SEO tools gratis ini.

Extension ini merupakan salah satu SEO tools untuk pemula yang terbaik dan banyak digunakan orang.

Pros:

  • Mampu mengevaluasi suatu situs secara real-time.
  • Menyediakan analisis terperinci mengenai SEO suatu situs, termasuk analisis masalah dan solusi.

Cons:

  • SEO tools untuk pemula ini terkadang lemot.

Baca juga: Cari Lowongan Magang Anak SMA dan Kuliah? Cek 5 Situs Ini!

Animalz Revive

Membarui atau updating konten sangat penting untuk performa SEO. Animalz Revive adalah SEO tools untuk pemuka yang menyederhanakan pembaharuan konten dengan menunjukkan daftar posting yang bisa kamu perbaiki dan perbarui.

SEO tools untuk pemula yang gratis ini juga terhubung dengan Google Analytics untuk proses evaluasi SEO. Kekurangan yang ada pada konten-konten yang kamu miliki pun akan dirangkum dengan lengkap oleh Animalz Revive.

Hasil laporannya pun bisa dibagikan ke lebih dari satu orang. SEO tools untuk pemula ini cocok untuk digunakan bersama tim!

Pros:

  • Memberikan laporan lengkap tentang konten, termasuk kekurangan konten dan pengembangan yang bisa dilakukan.
  • Memberikan masukan mengenai konten mana saja yang sebaiknya diperbarui

Cons:

  • Tidak memberikan hasil laporan kata kunci.

Baca juga: Bingung Cara Tulis Surat Resign? Ini Contohnya!

Screaming Frog SEO Spider

Seed Keywords bekerja sedikit berbeda dari SEO tools gratis lainnya, tetapi alat ini merupakan salah satu tools SEO terbaik, loh

Screaming Frog SEO Spider dapat mencari bot yang digunakan oleh Google untuk menavigasi situs web kamu. SEO tools untuk pemula ini juga bisa menemukan masalah-masalah terkait performa SEO yang pada situsmu, termasuk link yang rusak, URL yang terkena blokir, dan kesalahan pada page title serta redirect.

Secara keseluruhan, SEO tools untuk pemula ini menyediakan fitur-fitur luar biasa sekaligus memberikan penggunanya wawasan mengenai SEO. Kalau kamu sedang mencari SEO tools untuk pemula yang berbeda, cobain Screaming Frog SEO Spider!

Pros:

  • Mampu menemukan eror dan bots dalam situs.

Cons:

  • Format laporan berupa format Microsoft Excel yang memerlukan waktu untuk dibaca.

Nah, itu dia beberapa SEO tools untuk pemula yang bisa kamu gunakan secara gratis!

Mau tahu rekomendasi SEO tools untuk pemula lainnya? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond