gagal menampilkan data

Article

Ikuti 4 Tips Ini Agar Lolos UTBK SNBT dengan Nilai 700+

Written by Zefanya Pardede

Dimulai dari 8 Mei 2023 hingga 28 Mei 2023, tes UTBK SNBT 2023 akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Periode ini menjadi momen yang sangat penting bagi jutaan calon mahasiswa baru.

Dengan hanya waktu kurang lebih seminggu lagi, belajar UTBK SNBT 2023 jadi prioritas banyak orang. Banyak yang menjadikan nilai lolos UTBK di atas 700 sebagai target untuk masuk PTN impian. Kamu pasti juga, ‘kan?

Untuk lolos UTBK SNBT 2023 dengan nilai lebih dari 700, ikuti tips berikut ini!

Baca juga: 6 Platform Tryout Online Gratis Untuk Persiapan UTBK-SNBT 2023

Kuasai TPS

Tips pertama agar lolos UTBK dengan nilai tinggi adalah menguasai TPS. Dalam UTBK, TPS (Tes Potensi Skolastik) merupakan bagian tes yang menilai kemampuan calon mahasiswa baru berpikir dan bernalar. Di sini, kemampuanmu untuk mencari akal akan diuji.

Namun, banyak orang yang nggak menganggap TPS sebagai bagian UTBK yang krusial karena pertanyaan-pertanyaannya yang beda dari soal-soal mata pelajaran. Alhasil, sebagian besar orang mendapat nilai rendah di TPS dan nggak lolos UTBK.

Supaya kamu bisa menguasai TPS dan lolos UTBK dengan nilai terbaik, kamu bisa mulai dengan latihan komponen-komponen materi TPS ini:

Bahasa InggrisMembaca dan MenulisPPUKuantitatifPenalaran Umum
Recount TextPUEBIIde PokokSistem Persamaan dan AritmatikaSimpulan Logis
Adjective ClausePengambilan Simpulan ParagrafKata BentukBilanganKesesuaian Pernyataan
Report TextPola KalimatKata RujukanPertidaksamaan dan Persamaan SudutPenalaran Analitik
Nada dan Opini PenulisSemantikHubungan Antar ParagrafPenyajian Data dan StatistikaFigural Angka
Ide Pokok/Main IdeaKalimat EfektifSikap PenulisAturan Pencacahan dan Peluang
InferenceKepaduan WacanaPerbandingan ParagrafPersamaan Garis Lurus
Detailed InformationIde PokokPerbandingan Paragraf
Sinonim
Gambaran materi TPS.

Baca juga: Top 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Tahun 2023, Adakah Kampusmu?

Rutin Mengikuti Tryout

Belajar UTBK nggak akan mantab tanpa mengikuti tryout. Tryout berguna sebagai latihan simulasi tes UTBK yang akan dikerjakan nanti agar bisa lolos UTBK dengan maksimal.

Banyak calon mahasiswa baru yang mengerjakan tryout sebagai cara untuk memperbaiki kemampuan time management selama pengerjaan tes UTBK, meningkatkan kecepatan berpikir, dan melatih diri untuk bekerja di bawah tekanan agar bisa lolos UTBK.

Dengan setiap hasil tryout, pantau nilaimu di setiap bagian tryout yang kamu kerjakan. Perhatikan bagian mana saja yang nilainya masih kurang dan harus ditingkatkan agar bisa lolos UTBK dengan nilai yang lebih tinggi ke depannya.

Kamu bisa cari tahu platform tryout UTBK gratis di sini!

Baca juga: Cek Jadwal Pengumuman SBMPTN 2023, Siswa Gagal SNBP Bisa Lakukan Ini

Pelajari Materi SMA Secara Berurutan

Tips selanjutnya supaya lolos UTBK dengan nilai tinggi adalah mempelajari seluruh materi SMA secara berurutan. Memang terdengar melelahkan, tapi ini justru salah satu kunci penting agar lolos UTBK, loh!

Biar nggak terlalu berat, buat materi-materi dari kelas 10–12 dalam sebuah rangkuman yang berurutan. Selain bikin kamu nggak bingung harus mulai belajar dari mana, belajar materi secara berurutan adalah metode belajar efektif supaya bisa lolos UTBK.

Urutan sangat penting karena setiap materi pasti saling berkaitan. Jadi, jangan loncat-loncat ketika belajar untuk tes UTBK, ya!

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Lihat Syarat dan Tanggal Pengumuman!

Catat Progress

Memiliki catatan progress adalah cara belajar yang bagus untuk lolos UTBK. Adanya jejak perkembangan belajar bisa membantumu melihat sejauh mana kamu sudah menguasai materi tes UTBK.

Progress bisa dibuat berupa tabel yang menunjukkan materi yang masih kurang dikuasai, materi yang sudah cukup dikuasai, nilai setiap tryout yang dilakukan, dan kecepatanmu ketika mengerjakan tryout.

Kamu juga bisa mencatat target-target yang sudah kamu capai sebagai bagian dari progress kamu. Progress juga bisa menjadi motivasi belajar untuk lolos UTBK!

Nah, itu dia beberapa tips belajar efektif supaya bisa lolos UTBK SNBT 2023 dengan nilai di atas 700! Semangat, girls!

Mau tahu tips lain yang menarik supaya bisa lolos UTBK? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond