gagal menampilkan data

Article

Konser Coldplay Bikin Orang FOMO, Apa Alasannya?

Written by Zefanya Pardede

Band Coldplay resmi mengungumkan konsernya di Jakarta! Setelah kurang lebih 25 tahun berjaya, Coldplay akhirnya mengadakan konser tunggal di Jakarta untuk pertama kalinya.

Konser ini akan diadakan pada 15 November 2023 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Harga tiket mulai dari Rp800 ribu untuk yang paling murah Rp11 juta untuk bangku eksklusif!

Kabar ini jadi kabar baik buat seluruh warga Indonesia yang sudah lama menanti-nanti kedatangan Coldplay. Akan tetapi, nggak sedikit fans yang menyinggung soal sifat FOMO konser. 

Kenapa, ya? Sebelum itu, yuk, pahami arti sifat FOMO?

Baca juga: Ketika Fans Reguler Menjadi Sasaeng Fans, Apa Alasannya?

Apa Itu FOMO?

(FOTO: Reuters/Steve Marcus)

Sifat FOMO atau fear of missing out adalah perasaan takut kehilangan momen. Orang-orang dengan sifat FOMO merasa tertinggal karena melihat orang lain bersenang-senang. Ada rasa iri yang mendalam ketika sifat FOMO muncul.

Fenomena sifat FOMO jadi makin umum karena media sosial. Sering sekali posting tentang aktivitas, mode, musik, atau barang trending yang muncul di timeline media sosial, sehingga makin banyak orang juga pengen ikutan supaya nggak ketinggalan.

Sifat FOMO ini juga muncul di tengah ramainya artis yang mengadakan konser di Indonesia tahun ini. Banyak orang yang membeli tiket konser dan menghadiri konser karena sifat FOMO. Mereka nggak mau ketinggalan hype yang sedang terjadi, meskipun mereka nggak suka artisnya.

Baca juga: Carpool Karaoke Berakhir, Lihat 7 Artis Legendaris yang Sempat Jadi Tamu!

Apa yang Membuat Orang FOMO Konser Coldplay?

Ada beberapa alasan di belakang sifat FOMO orang setelah mendengar pengumuman konser Coldplay di Jakarta.

Nggak Mau Ketinggalan Penampilan Legendaris

(FOTO: The Seattle Times/Michael Rietmulder)

Sifat FOMO bisa muncul karena Coldplay termasuk band  yang legendaris.  Semua orang nggak asing dengan band Coldplay. Baik fans maupun non-fans, semua orang pasti setidaknya tahu satu lagu Coldplay, mulai dari anak muda hingga orang tua. Sampai sekarang, band yang sudah ada sejak tahun 90-an ini selalu masuk top chart setiap merilis lagu.

Ini membuat setiap penampilan Coldplay legendaris dan tentunya menarik perhatian. Konser ini juga jadi konser tunggal pertama mereka di Indonesia, setelah sebelumnya jadwal konser sempat dibatalkan pada 2017. Fans memperkirakan bahwa konser pada 2023 akan menjadi konser once in a lifetime karena band ini jarang tur ke Indonesia.

Banyak orang nggak mau ketinggalan penampilan legendaris Coldplay, meskipun mereka bukan fans dan cuma tahu sedikit lagu Coldplay. Mereka juga ingin bisa menyaksikan penampilan Coldplay dalam konser yang sekali seumur hidup ini. Sifat FOMO terbentuk karena popularitas Coldplay.

Baca juga: Jadi Tren TikTok, Kenali Sosok Wes Anderson dan Filmnya

Hype Coldplay di Media Sosial

Setelah Coldplay mengumumkan konser di Jakarta, banyak media online yang membuat posting  di media sosial tentang Coldplay. Nggak cuma media, tetapi juga public figure, seperti artis-artis Indonesia, influencer, dan bahkan pejabat!

Nggak heran kalau muncul sifat FOMO karena hype yang tinggi. Sifat FOMO makin menjadi-jadi setelah pihak promotor mengunggah detail konser Coldplay, seperti seating plan, harga tiket, dan jadwalnya.

Seketika, semua orang langsung repost foto seating plan konser Coldplay di Instagram Story dan timeline Twitter. Ada juga orang-orang yang membahas tiket Coldplay di TikTok. Karena Coldplay jadi trend nomor satu, orang FOMO akan berbondong-bondong membeli tiket untuk merasakan hype-nya.

Baca juga: Disney Tuai Kontroversi Setelah Mengumumkan Aktris Film Lilo & Stitch

Ingin Membuat Jengkel Fans Coldplay

Alasan yang satu ini lucu, sih. Fans Coldplay langsung menyinggung soal sifat FOMO konser setelah pengumuman jadwal Coldplay. Posting yang berisi kata-kata, “Orang FOMO minggir dulu, deh!” atau “Ini bukan buat yang FOMO yaa,” dan “Yang FOMO mending skip!”

Ada pula fans yang menunjukkan superioritas. Di Twitter dan kolom komentar Instagram, banyak yang membicara orang FOMO yang nggak tahu nama-nama personil Coldplay.

Komentar-komentar seperti itu justru mendorong orang-orang dengan sifat FOMO untuk beli tiket konser, walaupun bukan fans. Mereka berpendapat bahwa reaksi fans Coldplay terhadap orang dengan sifat FOMO malahan lucu!

Nah, gimana pendapatmu tentang sifat FOMO konser Coldplay? Bagikan pendapatmu di Girls Beyond Circle, yuk!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond