gagal menampilkan data

Article

5 Sertifikasi HR Online Gratis, Bisa Masuk HRD dengan Cepat!

Written by Zefanya Pardede

Profesi human resources menjadi salah satu pekerjaan yang paling diincar oleh banyak jobseeker  dari tahun ke tahun. Ini karena profesi HR merupakan bagian yang krusial dalam sebuah perusahaan. Orang-orang HR memiliki tanggung jawab untuk merekrut, melatih, mengelola karyawan dan mengatur tunjangan bagi karyawan. 

Tidak sembarang orang bisa bekerja di bidang HR. Biasanya, ada skill dan sertifikasi HR tertentu sebelum melamar posisi HR. Akan tetapi, biaya sertifikasi HR akhir-akhir ini memang tidak murah.

Kalau kamu tertarik untuk mengambil sertifikasi HR, ada beberapa platform sertifikasi HR online gratis yang bisa jadi solusi alternatif!

LinkedIn Learning – “Strategic Human Resources”

Ternyata, kamu bisa dapat sertifikasi HR secara gratis lewat LinkedIn. LinkedIn Learning adalah platform belajar digital yang dikelola oleh LinkedIn.

Melalui kursus sertifikasi HR “Strategic Human Resources”, kamu akan diajarkan cara merencanakan SDM yang strategis, menilai kebutuhan perusahaan, memperkirakan kelangsungan perusahaan di masa depan, merekrut, dan mengelola karyawan.

Sertifikasi HR ini dilengkapi dengan paket kuis dan materi-materi yang bisa diakses melalui device apa pun. Setelah selesai, kamu bisa mengunduh sertifikasi HR yang dijanjikan tanpa biaya sertifikasi.

Pros:

  • Sertifikasi HR ini lengkap dan sangat detail.
  • Dilatih secara langsung oleh pakar HRD dari LinkedIn.
  • Materi berupa video dan teks bacaan yang bisa diakses device apa pun.

Cons:

  • Gratis hanya untuk satu bulan pertama.
  • Fitur premium hanya bisa diakses dengan paket berbayar.

Coursera – “Human Resources Analytics”

Sertifikasi HR selanjutnya bisa kamu dapatkan di Coursera melalui kursus “Human Resources Analytics”. Kursus sertifikasi HR ini berupaya untuk menggabungkan bidang HR dengan kemampuan digital, seperti cloud computing dan data analytics.

Dalam kursus sertifikasi HR ini, kamu akan diajarkan cara mengidentifikasikan sumber data yang efektif, mengembangkan metrik, merancang rencana HR jangka panjang, dan menerapkan hasil untuk mendukung strategi pertumbuhan perusahaan.

Waktu pengerjaan kursus ini fleksibel, jadi kamu bisa menentukan deadline sendiri. Sertifikat yang diterima bisa diunduh setelah kursus sertifikasi HR ini dilengkapi tanpa biaya sertifikasi.

Pros:

  • Pengerjaan fleksibel, bisa dilakukan kapan pun.
  • Total durasi pembelajaran secara keseluruhan hanya 5 jam.
  • Materi berupa video dan teks.

Cons:

  • Materi yang diberikan hanya entry-level, kurang cocok untuk yang ingin belajar HR di level advanced.

Udemy – “Human Resources Payroll Management & Vendor Relations”

Melalui platform belajar Udemy, kamu bisa mengikuti kursus “Human Resources Payroll Management & Vendor Relations” untuk menerima sertifikasi HR tentang pengelolaan upah atau gaji karyawan.

Melalui sertifikasi HR ini, kamu akan diberikan ilmu tentang sistem payroll, cara mengklasifikasikan karyawan, taxing wages, cara menentukan ketentuan gaji untuk karyawan yang cuti, dan pemahaman kompensasi yang dibutuhkan profesi HR.

Materi yang disediakan berupa video dan bacaan yang bisa diakses dengan mudah. Penjelasannya pun dilakukan oleh pihak-pihak HRD profesional dari AS dan Eropa.

Pros:

  • Materi yang bisa diakses melalui video dan teks yang bisa diakses oleh device apa pun.
  • Durasi total pembelajaran tidak memakan waktu yang banyak.
  • Pengerjaan fleksibel, bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Cons:

  • Gratis hanya untuk satu bulan pertama.

Alison – “Diploma in Human Resources”

Alison merupakan situs belajar online yang menyediakan kursus gratis di berbagai bidang, mulai dari musik, hukum, bisnis, ekonomi, psikologi, data science, hingga human resources.

“Diploma in Human Resources” adalah pelatihan sertifikasi HR dari platform Alison yang menawarkan pembelajaran mengenai ilmu-ilmu dasar yang dibutuhkan bidang HR. Di sini, kamu akan belajar komunikasi manajemen HR, perencanaan HR, kompensasi dan benefit, serta perekrutan karyawan.

Kelas sertifikasi HR ini pendek dan sederhana, cocok untuk pemula!

Pros:

  • Mudah dipahami dan memuat semua ilmu dasar yang dibutuhkan.
  • Menyediakan kursus sertifikasi HR lainnya, seperti manajemen karyawan dan undang-undang HR.

Cons:

  • Materi yang dibahas hanya sebatas entry-level, urang cocok untuk yang ingin belajar HR di level advanced.
  • Pengguna harus dihadapkan dengan iklan di laman Alison.

FutureLearn – “International Human Resources Management”

Menjadi HR yang baik tidak cukup hanya memahami praktik HR di Indonesia. Ada baiknya kamu juga mempelajari skill HR yang berlaku di negara-negara lain!

Kamu akan menemukan teori dan praktik manajemen SDM serta perbedaan kebijakan HR di seluruh dunia melalui sertifikasi HR FutureLearn ini. Kamu juga akan memiliki kesempatan untuk mendalami kebijakan HR perusahaan-perusahaan global dan menggunakan studi kasus secara langsung untuk memahaminya.

Pros:

  • Bisa belajar ilmu HR yang berlaku di seluruh dunia.
  • Mampu mendalami studi kasus masalah-masalah HR yang terjadi di belahan dunia lain.

 Cons:

  • Fitur premium hanya bisa diakses setelah membeli paket, seperti kuis tambahan dan upgrade kurikulum.

Nah, itu dia beberapa sertifikasi HR gratis yang bisa kamu coba!

Mau tahu info lainnya seputar karier? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond