gagal menampilkan data

Article

10 Kampus Indonesia yang Menyediakan Double Degree, Apa Saja?

Written by Zefanya Pardede

Pernah dengar istilah double degree? Double degree atau gelar ganda adalah program kuliah yang memungkinkan kamu menerima dua gelar sekaligus. Walau cukup menantang, tapi nggak sedikit orang yang tertarik untuk mengambil jalur double degree S1 dan S2, loh!

Umumnya, universitas yang menyediakan double degree bekerja sama dengan lembaga atau institusi pendidikan di luar negeri. Jadi, kebanyakan orang akan mendapat satu gelar dalam negeri dan satu gelar luar negeri dengan double degree.

Ada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan jalur double degree kepada mahasiswanya. Hmm, apa saja, ya?

Baca juga: 10 Kampus dengan Kelas Karyawan Buat Kamu yang Kuliah Sambil Kerja

Universitas Indonesia (UI)

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) menyediakan fasilitas pendidikan yang lengkap, termasuk program double degree yang terakreditasi.

Untuk mendapat double degree di UI, kamu harus menjadi mahasiswa Kelas Internasional UI agar bisa dirujuk ke perguruan tinggi luar negeri untuk mendapat gelar internasional. Kamu bisa pergi ke Australia, Jepang, hingga Belanda, loh! Kelas Internasional UI menawarkan double degree S1 dan juga double degree S2. 

Cari tahu lebih lagi tentang double degree di UI melalui laman resmi UI!

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan banyak kampus internasional, seperti Universitas Keio, Universitas Flinders, dan Universitas Takushoku dalam program gelar ganda yang dijalankan.

Selama kamu belajar di UGM, kamu akan diberikan pendidikan perencanaan spasial teori, studio/praktik, dan tesis. Kemudian, kamu akan mengikuti kurikulum yang telah disediakan oleh kampus mitra di luar negeri. Double degree UGM memperbolehkan kamu untuk membuat joint thesis atau tesis gabungan di universitas luar negeri yang kamu pilih!

Cek di sini untuk mencari tahu pendaftarannya!

Universitas Airlangga (UNAIR)

Program double degree di Universitas Airlangga (UNAIR) dinamakan International Undergraduate Program (IUP). Kampus yang terletak di Surabaya ini menyediakan sembilan jurusan yang bisa jadi pilihan buat kamu!

Melalui double degree S1 UNAIR, kamu bisa memilih studi Medicine, Dental Medicine, Veterinary Medicine, Pharmacy, Psychology, Accounting, Laws, Management, dan Islamic Economics. Menarik, bukan?

Informasi biaya dan pendaftaran bisa kamu lihat di website UNAIR!

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Hal yang Wajib Direncanakan!

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menawarkan program double degree kepada mahasiswa ITS yang terdaftar dalam International Undergraduate Program (IUP). Berbeda dari perguruan tinggi lainnya, ITS menyediakan program double degree untuk S1 hingga S3.

Kamu bisa belajar berbagai studi teknik, sistem informasi, dan manajemen melalui program double degree ITS. Ada juga sejumlah elective course yang bisa kamu pilih!

Cek ketentuan pendaftarannya di sini.

Universitas Brawijaya (UB)

Perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Malang ini memiliki program double degree untuk kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 dari S1.

Ada 20 jurusan yang ditawarkan double degree UB, beberapa di antaranya adalah Administrasi Publik, Teknik Sipil, Manajemen, Ilmu Komputer, Fisika, Matematika, dan Ilmu Ternak.

Daftarkan dirimu ke double degree UB di sini!

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Kini, Universitas Bina Nusantara (BINUS) menyediakan double degree bagi mahasiswanya. Double degree S1 BINUS menawarkan double degree di bidang Management Information Systems, Computer Sciences and Mathematics, dan Computer Science and Statistics.

BINUS juga memberikan pilihan karier melalui program gelar ganda ini, yaitu consultant, system designer, UX designer, dan data scientist. Untuk sekarang, BINUS hanya memberikan jalur double degree untuk program studi yang berkaitan dengan teknologi digital demi menunjang kebutuhan teknologi bangsa.

Pelajari selebihnya tentang double degree BINUS di sini!

Baca juga: Top 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Tahun 2023, Adakah Kampusmu?

Universitas Telkom

Sebagai perguruan tinggi swasta yang menyediakan pendidikan teknik industri nomor satu di Indonesia, Universitas Telkom memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mendapat double degree melalui program kelas internasional.

Kalau kamu mengikuti double degree di Universitas Telkom, kamu akan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.) dan gelar sarjana lainnya di kampus luar negeri pilihan. Kamu akan menjalankan semester 1–6 di Universitas Telkom dan semester 7–8 di luar negeri.

Untuk mengetahui persyaratan pendaftaran double degree Universitas Telkom, simak laman ini!

Universitas Esa Unggul

Terletak di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, Universitas Esa Unggul menawarkan program double degree S1 yang nggak kalah menarik, loh. Kamu akan berkuliah di Universitas Esa Unggul selama dua tahun dan menjalani tahun-tahun selanjutnya di kampus internasional pilihan.

Perguruan tinggi swasta ini bekerja sama dengan Birmingham City University, Asia University Taiwan, Southern Cross University Australia, dan Nanjing Xiaozhuang University China untuk memberikan pendidikan double degree.

Syarat pendaftaran double degree Universitas Esa Unggul bisa kamu pelajari di situs ini.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil double degree di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), kamu bisa langsung memilih berkuliah di luar negeri langsung setelah semester kedua. Uniknya, kamu nggak perlu membayar SPP di UMS selama berkuliah di luar negeri untuk mendapat double degree.

Untuk saat ini, UMS baru menyediakan double degree dengan pilihan perguruan tinggi di Korea Selatan dan Taiwan, yaitu di Youngsan University dan NDHU Taiwan.

Selanjutnya tentang double degree di UMS bisa kamu simak di sini.

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Kesuksesan Karier, Ada Pilihanmu?

Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) yang sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Islam (STI) memberikan pengalaman double degree yang durasikan bisa dipilih sendiri oleh mahasiswa.

Kamu bisa pergi ke University of Queensland, Zhejiang University, Youngsan University, Fatih Sultan Mehmet Vakif University, dan Saxion University of Applied Sciences. Double degree di UII juga terakreditasi, loh.

Pelajari seterusnya di sini!

Nah, itu dia 10 kampus Indonesia dengan double degree. Kamu tertarik dengan yang mana?
Mau info lainnya seputar perguruan tinggi? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond