gagal menampilkan data

Article

Tips Persiapan Interview Kerja yang Bisa Bikin Kerja Berhasil!

Written by Zefanya Pardede

Interview kerja memang jadi proses yang paling rumit saat melamar kerja. Melalui wawancara kerja, HR dan user akan menilai kemampuanmu dengan lebih kritis setelah screening CV. Nggak heran kalau interview kerja dipersiapkan dengan semaksimal mungkin oleh kebanyakan jobseeker.

Karena interview kerja sering terasa sulit dan membawa tekanan, kamu bisa saja jadi overthinking selama interview kerja berlangsung. Pertanyaan yang muncul di otak biasanya, “Apa, ya, pertanyaan selanjutnya?” atau “Kira-kira aku akan diterima, nggak, ya?”

Kalau kamu termasuk tipe orang yang sering overthinking saat wawancara kerja, ini ada beberapa tips yang bisa bikin kamu makin berhasil saat interview kerja!

Baca juga: 20 Contoh CV Lamaran Kerja ATS dan Kreatif, Perhatikan Bedanya!

Update LinkedIn untuk Personal Branding

Nggak cuma CV, recruiter juga pastinya akan melihat profil LinkedIn kamu sebelum interview kerja. Ini dilakukan supaya recruiter bisa tahu kegiatan profesional yang pernah kamu lakukan, pengalamanmu, course atau sertifikasi yang pernah kamu ambil, dan hal-hal lain yang ada di luar CV.

Nah, kamu wajib update profil LinkedIn sebelum interview kerja karena ini! Jangan sampai ada bagian yang kosong di profilmu, terutama bagian pengalaman. Kamu juga bisa melakukan personal branding di LinkedIn dengan cara membuat posting tentang kegiatan dan pekerjaan yang sudah kamu lakukan.

Cari tahu cara meningkatkan kualitas profil LinkedIn kamu di sini supaya makin dilirik recruiter!

Baca juga: 3 Alasan Kamu Sering Gagal Interview Kerja, Yuk Perbaiki!

Pastikan CV Tanpa Typo dan Kesalahan

Ini wajib banget diperhatikan oleh semua jobseeker sebelum interview kerja. Saat membuat CV, pastikan setiap kata dan kalimatnya ditulis dengan benar, tanpa ada kesalahan.

Kalau kamu membuat CV bahasa Indonesia, tulislah dengan bahasa yang sesuai PUEBI dan mudah dipahami. Sementara itu, CV berbahasa Inggris harus mengikuti tata bahasa dan grammar yang tepat akan proses interview kerja kamu makin oke!

Baca juga: 3 Alasan Kamu Sering Gagal Interview Kerja, Yuk Perbaiki!

Pelajari Perusahaan

Meskipun ini detail kecil, ternyata ada dampak besar di interview kerja kamu, loh. Ketika kamu melamar kerja, pastikan kamu sudah paham tentang perusahaan pilihanmu terlebih dahulu. 

Lakukan riset tentang perusahaan dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya di laman resmi perusahaan tersebut. Pahami produk atau layanan yang ditawarkan, nilai perusahaan, budayanya, dan targetnya. Kamu juga bisa gali-gali informasi dari media sosial atau dari orang-orang yang sebelumnya pernah kerja di sana!

Baca juga: Perhatikan! Ini 4 Tanda Harus Ganti Pekerjaan Agar Tetap Sukses

Jaga Penampilan

First impression sangat krusial dalam proses recruitment, jadi penampilan sangat penting untuk menentukan peluang kamu untuk lolos interview kerja. Nggak harus pakai baju yang bernuansa hitam dan putih atau menggunakan busana yang fancy, kok.

Hal terpenting adalah kebersihan, kerapian, kesopanan, dan tingkat presentasi penampilanmu di hadapan recruiter. Biasanya, jobseeker memakai pakaian formal atau semi-formal, seperti kemeja dan celana bahan. Namun, sebagian perusahaan menetapkan dress code tertentu saat interview kerja. Pastinya, kamu harus sangat memperhatikan penampilanmu saat interview kerja!

Baca selanjutnya tentang tips interview kerja di halaman berikutnya!

Mau tahu informasi seputar karier? Bergabung ke Girls Beyond Cicle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond