gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

5 PTN dengan Ujian Mandiri Tanpa Syarat Nilai UTBK 2023

Written by Zefanya Pardede

Ikut ujian mandiri bisa jadi rencana cadangan bagi orang-orang yang gagal UTBK SNBT. Ada banyak seleksi mandiri yang ditawarkan oleh sejumlah PTN, seperti SIMAK UI, UTUL UGM, dan SM-ITB.

Akan tetapi, nggak semua PTN menyediakan jalur tanpa skor UTBK bagi peserta yang nggak mengikuti UTBK.

Jangan khawatir! Ini 5 PTN terbaik yang membuka jalur ujian mandiri tanpa persyaratan nilai UTBK!

Universitas Padjadjaran

Unpad Jatinangor (FOTO: Dok. Unpad)

PTN selanjutnya yang nggak mewajibkan nilai UTBK untuk ikut ujian mandiri adalah Universitas Padjadjaran (Unpad). Unpad adalah salah satu PTN terfavorit di Bandung. SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) Unpad adalah ujian mandiri yang dibagi menjadi dua jenis.

Jenis pertama adalah ujian mandiri menggunakan nilai UTBK. Tipe ujian mandiri yang kedua adalah ujian mandiri tanpa nilai UTBK yang dilakukan secara online. Untuk mengikuti tipe ujian mandiri yang kedua, peserta yang ikut SMUP Unpad tahun ini harus lulus SMA/sederajat pada 2023, 2022, atau 2021.

Pelajari selanjutnya tentang ujian mandiri SMUP Unpad di laman resmi Unpad.

Universitas Indonesia

Kampus UI Depok (FOTO: Dok. UI)

Siapa, sih, yang nggak mau masuk UI? Sebagai PTN yang paling diminati banyak calon mahasiswa di seluruh Indonesia, Universitas Indonesia (UI) mengadakan ujian mandiri setiap tahun untuk memberi peluang yang lebih besar bagi orang yang mau masuk. Ujian mandiri ini juga dikenal sebagai SIMAK UI (Seleksi Masuk UI).

Ujian mandiri SIMAK UI 2023 baru saja membuka pendaftaran pada 6 Juni 2023 yang lalu hingga 6 Juli 2023. Untuk mengikuti ujian mandiri ini, kamu nggak perlu menyertakan nilai UTBK, kok.

Kamu hanya perlu melengkapi dokumen untuk mengikuti ujian mandiri UI. Cek syarat dan biaya pendaftaran ujian mandiri SIMAK UI di sini.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS Surabaya (FOTO: Dok. ITS)

Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka ujian mandiri melalui beberapa jalur, yaitu ujian Mandiri Reguler, Mandiri Prestasi, dan Mandiri Kemitraan. Ujian mandiri ITS diberi nama SMITS (Seleksi Mandiri Teknologi Sepuluh Nopember).

Ujian Mandiri Reguler ITS bisa diikuti oleh peserta yang lulus SMA/sederajat pada 2023, 2022, atau 2021. Jalur ujian mandiri ini nggak memerlukan nilai UTBK. Untuk jalur Mandiri Prestasi, peserta diwajibkan memiliki nilai prestasi akademik yang tinggi. Ujian Mandiri Kemitraan diperuntukkan peserta yang sesuai dengan persyaratan utusan instansi mitra ITS.

Pahami syarat dan cara mendaftar ujian mandiri ITS di sini!

Universitas Negeri Yogyakarta

UNY (FOTO: Dok. UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) nggak mewajibkan nilai UTBK dalam pendaftaran ujian mandiri. Melalui SM (Seleksi Mandiri) UNY, kamu bisa memilih antara masuk melalui Prestasi Akademik, Prestasi Unggul, Tes Berbasis Komputer, atau melalui skor UTBK.

Kalau kamu punya prestasi yang menarik, kamu bisa pilih jalur Prestasi Akademik atau Prestasi Unggul. Untuk jalur ujian mandiri normal, kamu bisa pilih Tes Berbasis Komputer SM UNY.

Pendaftaran SM UNY sudah dibuka dan akan ditutup Agustus 2023 mendatang. Cek prosedur pendaftarannya di sini.

Universitas Sebelas Maret

UNS (FOTO: Dok. UNS)

PTN terakhir yang membuka ujian mandiri tanpa UTBK adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). PTN yang terletak di Surakarta ini membuka seleksi mandiri Jalur Prestasi, Jalur Kemitraan UNS, Jalur Kepemimpinan Muda, dan bahkan Jalur Disabilitas.

Setiap jalur memiliki ketentuan dan syaratnya sendiri. Jalur Prestasi jadi seleksi mandiri UNS yang paling populer di kalangan calon mahasiswa baru UNS. Untuk mendaftar jalur ini, kamu harus menjadi lulusan SMA/sederajat minimal tiga tahun terakhir.

Daftarkan dirimu di sini.

Nah, itu dia 5 PTN yang menyediakan ujian mandiri tanpa persyaratan nilai UBTK SNBT.

Mau info PTN ter-update? Bergabung ke Girls Beyond Circle!