gagal menampilkan data

Article

Hari Pertama Kerja? Ini 5 Tips untuk Beri Impresi Baik di Kantor Baru

Written by Adila Putri Anisya

Hari pertama kerja terkadang membuat sebagian individu khawatir, terutama untuk fresh graduate. Hal ini sangatlah wajar karena kamu akan menghadapi lingkungan yang baru. Sebenarnya kamu nggak perlu khawatir berlebihan, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memberikan impresi baik di kantor. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

Baca juga: 4 Cara Mudah Membangun Relasi untuk Karier, Yuk Pelajari!

TIPS HARI PERTAMA KERJA

Fresh graduate maupun berpengalaman, pasti pernah dong merasa khawatir tentang hari pertama masuk kerja? Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya, “hari pertama kerja ngapain ya?”. Nah, kalau kamu bingung, penting banget nih untuk mengetahui hal-hal basic yang setidaknya dilakukan saat pertama kali kerja di kantor baru. 

Yuk, baca tipsnya berikut ini!

DATANG TEPAT WAKTU

Tepat waktu menunjukkan sikap profesionalisme, kedisiplinan, dan komitmen terhadap pekerjaan. Ini memberikan kesan baik kepada atasan dan rekan kerja, serta menunjukkan bahwa kamu serius mengenai peran baru. Tiba tepat waktu juga memberi kamu kesempatan untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaan. Kamu dapat mengecek jadwal kerja, mendapatkan instruksi awal, dan memastikan kamu siap untuk memulai tugas-tugas yang dihadapi.

BERPAKAIAN RAPI DAN TIDAK MENCOLOK

Pakaian yang rapi merupakan hal penting ketika memasuki lingkungan baru. Tak hanya rapi saja, pastikan kamu menghindari baju-baju dengan gaya atau warna yang mencolok. Menggunakan pakaian formal dengan warna netral merupakan pilihan terbaik untuk memberikan impresi baik di kantor karena terkesan lebih profesional. Sebelum masuk kerja, kamu juga bisa melakukan riset perusahaan agar tidak salah kostum.

BERKENALAN DENGAN REKAN KANTOR

Biasanya atasanmu atau HRD akan mengajakmu melakukan perkenalan hari pertama kerja dengan keliling kantor. Saat momen ini dilakukan, berikan lah impresi yang baik dengan contoh perkenalan sebagai berikut:

“Selamat pagi. Perkenalkan, saya Annisa. Saya karyawan baru di bagian divisi marketing. Jika ada keperluan dengan tim marketing, bisa menghubungi saya. Terima kasih.”

Ketika memperkenalkan diri, pastikan intonasi suaramu stabil, tidak terburu-buru, senyum dan percaya diri. Dengan begitu, rekan-rekan senang memandangmu.

BERSIKAP BAIK DAN BERINISIATIF 

Kebanyakan orang pasti akan memberikan sikap baik ketika bertemu dengan orang baru. Tetapi ini lebih dari itu, saat pertama kali menginjakan kaki di kantor, pastikan selalu tersenyum pada orang sekitar, kamu bisa melakukannya sambil sedikit mengangguk. 

Memiliki pribadi yang sopan, inisiatif, dan ramah merupakan kunci sukses agar kamu bisa mendapatkan impresi baik. Contohnya, jika pekerjaan kamu sudah selesai, kamu bisa berinisiatif untuk bertanya, “Kak, ada yang bisa dibantu lagi?”.

HINDARI MENJAWAB “NGGAK TAHU”

Hari pertama kerja memang nggak mudah, terkadang ada beberapa pekerjaan yang pasti membuat kamu bingung sehingga perlu beradaptasi dengan tugas-tugas yang baru, bahkan belum dimengerti sama sekali. 

Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Jangan pernah sesekali menjawab “Nggak tahu, kak,” jika ditanya. Daripada menjawab seperti itu, lebih baik menjawab seperti ini:

Oke kak, aku cari tahu dulu ya,” “Aku pelajari dulu ya, kak” “Dari yang aku pelajari sih seperti ini kak. Ada yang kurang, gak?”

Intinya, kamu bisa bertanya temanmu terlebih dahulu atau riset sendiri, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sebelum menjawab ketidaktahuan.

Baca juga: 4 Langkah Mudah untuk Membangun Personal Branding Agar Karier Berkembang

Setelah selesai dengan hari pertama kerja, ambil waktu untuk mengevaluasi diri sendiri. Tinjau apa yang telah kamu pelajari, refleksikan pengalaman kamu, dan identifikasi area di mana kamu dapat meningkatkan diri. Evaluasi ini akan membantu kamu untuk terus berkembang dan berhasil dalam peran baru.

Gabung Girls Beyond Circle untuk mendapatkan informasi lain seputar tips-tips di tempat kerja lainnya. Join di sini sekarang!

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasai

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond