gagal menampilkan data

Article

Profesi Business Development: Tanggung Jawab, Skill hingga Gajinya

Written by Adila Putri Anisya

Bagi kamu lulusan bisnis atau ingin berada di ranah bisnis, profesi business development (BD) mungkin cocok untuk kamu. Selain harus pandai berkomunikasi, profesi ini juga membutuhkan keterampilan analitis serta pemikiran strategi yang kuat. Tertarik dengan profesi ini? Simak ulasan selengkapnya, yuk!

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasa

MENGENAL PROFESI BUSINESS DEVELOPMENT

Business development artinya pekerjaan yang melibatkan upaya dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi-strategi baru yang bertujuan untuk memperluas bisnis serta mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Pekerjaan ini melibatkan berbagai departemen di dalam perusahaan, seperti marketing, keuangan, riset dan pengembangan guna mencapai tujuan-tujuan bisnis yang ditetapkannya. 

Dengan kerja sama antar departemen tersebut seorang BD bisa menciptakan peluang dan keuntungan untuk perusahaan dengan cara meningkatkan konsumen, pasar dan relasi bisnis. 

Baca juga: Social Media Specialist: Tugas, Skill, dan Gajinya

TANGGUNG JAWAB POSISI BUSINESS DEVELOPMENT

Tanggung jawab BD dalam suatu perusahaan sebenarnya bervariasi, tergantung pada ukuran perusahaan tersebut. Namun secara umum, posisi business development memiliki tugas seperti berikut:

  • Mengembangkan strategi bisnis dalam jangka waktu pendek dan panjang guna mencapai pertumbuhan bisnis berkelanjutan 
  • Mencari peluang bisnis baru, melalui riset, analisis, atau melalui jaringan/hubungan yang ada
  • Memperluas pangsa pasar dengan cara mencari konsumen baru, mengidentifikasi peluang penjualan, serta mengembangkan inisiatif guna tingkatkan pangsa pasar
  • Melakukan analisis pasar dengan cara memahami tren, memahami kebutuhan konsumen, dan peluang bisnis yang potensial
  • Berkolaborasi dan bekerja sama dengan tim marketing, keuangan, dan pengembangan 
  • Mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menjalani kemitraan dengan perusahaan lain guna memperluas jangkauan bisnis
  • Memantau dan membuat laporan mengenai hasil pengembangan bisnis kepada manajemen 

Baca juga: Hari Pertama Kerja? Ini 5 Tips untuk Beri Impresi Baik di Kantor Baru

SKILL YANG HARUS DIMILIKI

Adapun keahlian posisi business development yang harus dimiliki oleh siapapun yang bekerja di bidang ini. Tanpa keahlian ini, seorang BD tidak dapat menjalani tanggung jawab dengan baik. Berikut adalah skill-nya:

KOMUNIKASI

Memiliki skill komunikasi yang baik adalah hal utama yang harus dimiliki seorang BD. Mengapa? Karena nantinya kamu berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pelanggan, mitra bisnis, dan anggota tim internal.

Komunikasi yang efektif juga memungkinkan kamu untuk membangun hubungan yang kuat dengan mereka yang terlibat, sehingga dapat membangun kepercayaan, memahami kebutuhan pelanggan, serta menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

NEGOSIASI

Memiliki jabatan business development di suatu perusahaan memang sangat menantang. Bagaimana tidak? Keberhasilan suatu bisnis seringkali ditentukan oleh BD. Apabila kamu tidak ahli dalam negosiasi, tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan bisa saja gagal. 

Maka dari itu, diperlukan skill negosiasi, termasuk negosiasi kontrak, persyaratan harga dan kerjasama bisnis. Dengan berhasilnya negosiasi, maka akan menguntungkan semua pihak yang terlibat, dan menciptakan win-win situation. 

ANALITIS

Dalam profesi BD, penting untuk memahami persaingan dan posisi perusahaan di pasar. Keterampilan analitis ini memungkinkan kamu untuk menganalisis pesaing dan mempelajari kekuatan dan kelemahan mereka. Caranya, kamu dapat mengumpulkan data, seperti melakukan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman), dan mengembangkan strategi yang memanfaatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pengambilan keputusan yang baik dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Dengan menganalisis pilihan yang tersedia, seperti mempertimbangkan konsekuensi dan manfaat masing-masing, kamu dapat menghindari pemborosan sumber daya, mengurangi risiko buruk, dan mencapai hasil yang lebih baik.

MONITOR KERJA

Data dan wawasan yang dikumpulkan melalui pemantauan kerja akan memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi perubahan yang perlu dilakukan, mengalokasikan sumber daya, atau memodifikasi strategi bisnis. Pemantauan kerja membantu kamu dalam membuat keputusan yang lebih tepat.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Skill Komunikasi di Dunia Kerja, Jobseeker Wajib Tahu!

BERAPA GAJI POSISI BUSINESS DEVELOPMENT?

Perlu diingat bahwa setiap perusahaan memberikan gaji yang bervariasi pada karyawannya termasuk posisi BD. Berdasarkan informasi dari webiste Indeed, rata-rata gaji BD di Indonesia adalah Rp5,6 juta perbulan.

Nominal tersebut bisa saja kurang maupun lebih, tergantung dari domisili dan perusahaan yang ditempati. Biasanya nominal gaji akan semakin besar menyentuh angka Rp8 juta hingga belasan juta rupiah apabila BD mendapatkan promosi atau sudah menjabat lebih dari 3 tahun. 

Jadi, kamu tertarik dengan profesi business development?

Baca juga: Fresh Graduate dan Mau Negosiasi Gaji? Ikuti 5 Langkah Ini!

Girls Beyond Circle tempat diskusi dan berbagi informasi seputar dunia kerja termasuk business development. Join komunitasnya sekarang! 

Baca juga: Aplikasi Threads: Strategi Baru Tingkatkan Engagement, Marketer Harus Tahu!

Sumber: Indeed, Blog Pintarnya, KitaLulus

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond