gagal menampilkan data

Article

Creative Block: Fenomena Ketika Pekerja Kreatif Kehabisan Ide, Ini Cara Mengatasinya!

Written by Adila Putri Anisya

Kamu pekerja kreatif yang akhir-akhir ini sering mengalami stuck untuk membuat ide? Bisa jadi kamu terkena creative block. Fenomena ini seringkali terjadi pada pekerja kreatif seperti seorang seniman, content creator, penulis, desainer, hingga individu yang bergantung pada kemampuan kreatif dalam pekerjaan atau hobi mereka. Untuk mengenal lebih dalam tentang hal ini, yuk baca artikel berikut.

Baca juga: Apa itu Burnout? Kenali Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

MENGENAL CREATIVE BLOCK

Creative block adalah situasi di mana pikiran seseorang stuck atau tidak ada inspirasi untuk menghasilkan sebuah ide atau karya. Ini membuat otak tidak berfungsi sempurna. 

Situasi ini biasanya dialami oleh pekerja kreatif yang berhubungan dengan kreativitas, salah satunya content creator, yang tugasnya adalah membuat konten-konten menarik. 

Jika tidak segera diatasi, dikhawatirkan dapat mengganggu pekerjaan karena tidak menghasilkan hasil yang berkualitas, ini membuat pekerjaan jadi berantakan. Maka dari itu, bila tidak ingin mengalami blok kreatif, penting bagi kamu untuk konsen terhadap hal ini, dengan mengetahui tanda dan gejalanya. 

Baca juga: Toxic Productivity Dapat Berdampak Buruk bagi Pekerja, Kenali Tanda dan Cara Mengatasinya!

TANDA DAN GEJALA PADA CREATIVE BLOCK

Gejala blok kreatif mungkin sangat bervariatif, namun secara umum hal ini dapat dilihat dari tanda-tanda seperti berikut.

  • Kesulitan untuk memulai. Sulit untuk memulai suatu proyek atau menghasilkan ide awal. Kamu mungkin akan merasa terjebak dalam pikiran yang kosong.
  • Kurangnya inspirasi. Tidak ada sumber inspirasi yang baru, sehingga semua gagasan terasa datar atau klise.
  • Kualitas hasil yang menurun. Karya yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar biasa, membuat kamu tidak merasa puas.
  • Perasaan frustasi atau stres. Rasa frustasi, gelisah, atau cemas akibat stuck yang dialami. Memunculkan tekanan internal untuk menghasilkan karya yang bagus.
  • Motivasi berkurang. Kehilangan semangat untuk terus berkreasi. Membuat kamu tidak antusias dalam menjalankan aktivitas kreatifmu.
  • Menghindari atau menunda pekerjaan. Merasa sulit untuk fokus atau menemukan alasan untuk menunda pekerjaan.
  • Merasa terjebak dalam rutinitas. Merasa terperangkap dalam pola pikir atau rutinitas yang sama dan kesulitan melihat segi baru atau sudut pandang yang berbeda.

Baca juga: 5 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis Terbaik di Indonesia

APA SAJA PENYEBABNYA?

Tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kamu mengalami creative block, antara lain:

  • Tekanan. Tekanan tinggi dari tempat kerja atau orang sekitar, dapat membuat kamu stres. Apalagi jika tekanan tersebut memiliki harapan tinggi terhadap kamu.
  • Kelelahan. Kelelahan akibat bekerja terlalu keras atau kurang tidur, membuat energi dan pikiranmu menurun. Padahal, untuk menghasilkan suatu karya, dibutuhkan fokus yang tinggi.
  • Perfeksionis. Menjadi perfeksionis tak selamanya baik dalam situasi tertentu. Terlalu perfeksionis dapat membuat kamu selalu merasa kurang, hingga mengganggu kondisi mentalmu.
  • Pernah gagal. Dalam bekerja, kegagalan pasti ada, apalagi untuk pekerja kreatif. Kegagalan dapat membuat kamu merasa tidak percaya diri lagi, sehingga menghambat kemampuan dalam berkreasi.
  • Cemas akan penilaian orang. Rasa cemas dan takut akan penilaian seseorang, bisa membuat kreativitas terhambat. Kamu jadi ragu untuk mengungkapkan ide-ide yang ada dipikiranmu.

Baca juga: Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

CARA MENGATASI CREATIVE BLOCK

Blok kreatif dapat menghambat pekerjaan dan produktivitas. Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengembalikan kreativitasmu.

ISTIRAHAT SEJENAK

Istirahat sejenak dari pekerjaanmu adalah langkah terbaik untuk memberikan kesempatan otak dan tubuh refreshing. Kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan di luar pekerjaan atau beristirahat lebih lama dari biasanya. Hal ini dapat meningkatkan kinerja otak sehingga nantinya akan menghasilkan hasil lebih maksimal.

DISKUSI DAN MINTA PENDAPAT ORANG LAIN

Terkadang kita tidak bisa memaksakan kalau hanya kita yang harus berpikir kreatif. Karena, berdiskusi dengan orang lain dan meminta pendapatnya akan membuat insipirasimu bertambah. Ini memungkinkan kamu menghasilkan ide-ide baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. 

CARI INSPIRASI BARU

Jika sebelumnya kamu hanya mencari ide dengan riset di media sosial atau melihat konten kompetitormu, maka cobalah untuk mulai cari inspirasi baru dari sumber lain, seperti buku, karya seni, film, musik dan segala hal yang dapat memicu kreativitasmu.

CARI SUASANA BARU

Cobalah cari suasana baru ketika bekerja, jika berada di dalam ruangan, kamu bisa mengubah tata letak ruangan kerja agar terlihat lebih segar. Kamu bisa mengatur pencahayaan, warna, bahkan aroma ruangan yang dapat membantu kreatifitas.

MENERIMA KEGAGALAN

Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri, kamu harus menerima kegagalan apabila ada kerjaanmu yang tidak memperoleh hasil baik. Perlu diingat bahwa kreativitas adalah proses yang terus berkembang.

Setiap orang mungkin memiliki pendekatan yang berbeda untuk mengatasi creative block. Cobalah eksperimen dengan beberapa strategi di atas dan temukan apa yang bekerja terbaik untukmu. Penting untuk bersabar dan terus mencoba, karena kreativitas sering kali datang ketika kita memperbolehkan diri kita untuk menjelajahi tanpa batasan. Semangat ya!

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Self Love Sulit Diterapkan Perempuan

Diskusi bareng seputar creative block dengan komunitas Girls Beyond Circle. Klik disini untuk bergabung!

Baca juga:  Merasa Emotionally Unavailable? Bisa Jadi Kamu Punya Avoidant Attachment Style!

Sumber: KWIK KIAN GIE, Glints, Serupa.id

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond