gagal menampilkan data

Article

6 Gerakan Olahraga Kardio yang Praktis Agar Tetap Fit Selama WFH Maupun WFO

Written by Adila Putri Anisya

Sibuk bekerja membuat seseorang lupa dengan kesehatan badannya. Akibatnya mereka sering mengalami pegal-pegal dan mudah kelelahan. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tidur tepat waktu, penting juga untuk rutin berolahraga. Nah, bagi kamu yang sibuk bekerja secara WFH maupun WFH, olahraga kardio bisa menjadi pilihan agar tubuh tetap bugar. 

Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 7 Olahraga Anti Ribet Buat Kamu yang Mager


PENGERTIAN OLAHRAGA KARDIO DAN MANFAATNYA

Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Jenis olahraga ini melibatkan gerakan yang mempercepat detak jantung dan pernapasan. Selain berjalan cepat, berlari, bersepeda, dan berenang, masih banyak lagi gerakan yang mudah dilakukan di rumah.

Olahraga kardio bagi kesehatan pekerja sangatlah penting. Beberapa manfaat kardio adalah:

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Menurunkan tekanan darah 
  • Meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh 
  • Meningkatkan metabolisme 
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Meningkatkan kesehatan mental

Selain manfaat kesehatan yang telah disebutkan di atas, kardio juga dapat membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Olahraga kardio juga dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan kemampuan fokus serta konsentrasi.

Bagi kamu yang bekerja dalam lingkungan kerja yang kurang aktif, melakukan olahraga kardio dapat membantu mengurangi risiko penyakit akibat gaya hidup yang tidak sehat. Pekerja yang melakukan olahraga kardio secara rutin juga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka di tempat kerja.

Baca juga: Trauma Bisa Turun-temurun, Ini Arti Generational Trauma, Penyebab, dan Tandanya

GERAKAN OLAHRAGA KARDIO YANG MUDAH DILAKUKAN DI RUMAH

Saat pulang kerja, kebanyakan dari kita pasti ingin langsung pulang ke rumah daripada langsung ke gym atau tempat olahraga lainnya. Bagi kamu yang bekerja secara WFO/WFH, berikut adalah gerakan kardio yang mudah dilakukan di rumah.

SENAM AEROBIK

senam aerobik
Sumber foto: Good Sea Guide

Senam aerobik adalah contoh olahraga kardio yang mudah dilakukan dirumah. Tenang, kamu nggak perlu memanggil instruktur untuk memandu gerakan aerobik. Cukup membuka Youtube lalu search ‘senam aerobik’ saja, kamu sudah bisa mengikuti gerakan instrukturnya dari video tersebut. Senam aerobik dapat dilakukan selama 15-30 menit untuk mendapatkan kebugaran tubuh.

LONCAT TALI

lompat tali
Sumber foto: Shutterstock

Loncat tali dapat dilakukan dimana saja dalam waktu singkat. Meski begitu, gerakannya dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kardiovaskular. Bila kamu memiliki jadwal kerja yang padat, maka loncat tali bisa jadi pilihan. Lakukanlah selama 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi antara 12-20 menit per sesi latihan.

BURPEE

burpee
Sumber foto: Doctor Insta

Burpee adalah gerakan olahraga kardio yang efisien karena melibatkan gerakan tubuh yang menyeluruh, termasuk squat, push-up, dan loncat. Gerakan ini melibatkan banyak kelompok otot besar dalam tubuh, seperti otot kaki, otot lengan, otot inti, dan otot kardiovaskular. Bila kamu pemula, cobalah lakukan gerakan burpee semampunya. Jika sudah terbiasa, bisa dilakukan lebih banyak.

SQUAT JUMP

squat jump
Sumber foto: Dmoose

Squat jump dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh, seperti otot kaki, otot inti, dan otot gluteus. Jika kamu melakukan squat jump secara konsisten, ini akan memperkuat dan meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh. Kamu bisa melakukannya sebanyak 8-10 kali/set, kemudian ulangi 2-3 set sesuai dengan kemampuanmu. 

QUICK WALKING

quick walking
Sumber foto: fitpass.co.idn

Quick walking dilakukan seperti lari ditempat secara cepat. Olahraga ini dapat dilakukan di mana saja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Dengan melakukan gerakan quick walking secara rutin, dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan. Kamu cukup lakukan selama 40 detik/sesi.

YOGA

yoga
Sumber foto: Sfidnfits

Beberapa gerakan yoga bisa disebut sebagai olahraga kardio, di antaranya downward dog, plank, pose belalang, side angle, pose perahu dan pose jembatan. Kamu bisa melakukan selama 30 detik/sesi. Untuk hasil maksimal, ulangi rangkaian gerakan sebanyak 5 kali. 

Jika ingin melakukan gerakan kardio, pastikan untuk memperhatikan batasan fisik kamu dan tidak berlebihan dalam melakukan gerakan olahraga. Sebagai pemula, penting untuk memulai dengan perlahan dan secara bertahap meningkatkan intensitas dan durasi latihan kardio kamu.

Baca juga: Physical Touch Penting dalam Semua Hubungan, Ini Alasannya

Ingin hidup lebih sehat walau pekerjaan padat? Yuk, sharing gerakan olahraga kardio lainnya dengan teman-teman di Girls Beyond Circle. Klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: 5 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis Terbaik di Indonesia

Sumber: Super You, Alodokter

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond