gagal menampilkan data

Article

5 Konsultasi Psikolog Gratis Online untuk Jaga Kesehatan Mental Kamu

Written by Adila Putri Anisya

Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting untuk menunjang kehidupan. Ketika mental kita stabil, maka hidup akan lebih bermakna. Bagi kamu yang memerlukan bantuan psikolog, namun kendala di keuangan, ada loh beberapa layanan konsultasi psikolog gratis secara online. Berikut adalah rekomendasinya.

Baca juga: 5 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis Terbaik di Indonesia

KONSULTASI PSIKOLOG GRATIS UNTUK JAGA KUALITAS HIDUP

Sebelum tahu layanan psikologi gratis, sebaiknya ketahui dahulu mengapa penting melakukan konsultasi ketika mental kita sedang buruk. Ini karena konsultasi psikologi dapat membantu kesehatan mental kita yang merupakan bagian integral dari kesejahteraan dan kualitas hidup.

Konsultasi psikologi membantu kamu mengatasi masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, stres, trauma, gangguan makan, dan masalah emosional lainnya. Psikolog dapat memberikan dukungan, penilaian, dan perawatan yang tepat untuk membantu mengurangi gejala-gejala tersebut.

Dalam hidup, kita dihadapkan pada berbagai perubahan, tantangan, dan krisis. Hal ini membuat sebagian orang tertekan, dan mungkin tidak mampu mengatasinya sendiri.

Dengan mengatasi masalah kesehatan mental bersama psikolog, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Psikolog dapat membantu kamu dalam menemukan kebahagiaan, makna, dan kepuasan dalam kehidupan. 

Baca juga: Kekerasan Bisa Tidak Terlihat, Pahami Emotional Abuse dan Jenisnya

REKOMENDASI KONSULTASI PSIKOLOG ONLINE GRATIS

Berikut ini adalah berbagai layanan konsultasi psikolog gratis online yang bisa kamu manfaatkan.

BERBAGI CERITA

Berbagi Cerita adalah platform konseling berbasis daring melalui Instagram, Line, maupun Google Meet. Layanan ini berdiri sejak 2019 dengan memberikan bantuan untuk teman-teman yang memiliki masalah hidup.

Bukan dari sembarang orang, tetapi kamu akan dilayani oleh psikolog berpengalaman yang pastinya siap untuk mendengarkan masalahmu. Lalu, bagaimana caranya? Kamu bisa kunjungi Instagram @_berbagicerita.id ikuti perintah yang ada di bio untuk dapatkan konsultasi gratis. Layanan ini buka setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

TEMAN BINCANG

Teman Bincang merupakan konsultasi psikologi gratis yang bisa kamu manfaatkan melalui Instagram. Di sana terdapat berbagai psikologi profesional yang dapat membantumu dalam menyembuhkan kesehatan mental. 

Lalu, bagaimana caranya? Kamu bisa mengunjungi Instagram @temanbincang.id lalu klik tautan yang berada di bio mereka. Pilihlah layanan psikolog yang kamu inginkan, kemudian jangan lupa untuk mengisi voucher untuk mendapatkan konsultasi gratis. 

YAYASAN PULIH

Yayasan pulih merupakan lembaga sosial yang didirikan untuk menangani masalah psikologi akibat trauma. Layanan ini berfokus pada kasus kekerasan dan bencana alam yang menimpa anak-anak dan perempuan. 

Tak hanya menyediakan layanan kesehatan mental, tetapi juga menyediakan layanan psikologis untuk tes minat bakat, dan hal-hal yang mendukung pendidikan. 

Cara untuk mendapatkan layanan psikolog online gratis ini, kamu harus mengunjungi website yayasanpulih.org untuk mengisi email dalam form yang tersedia. Nantinya, mereka akan merespon paling lambat 1-2 minggu, tergantung dari jumlah antri.

IKATAN PSIKOLOG KLINIS INDONESIA

Tersedia di berbagai daerah, kamu bisa mencari psikolog gratis melalui platform Ikatan Psikolog Klinis Indonesia. Direktori ini berisi 654 psikolog klinis dan 354 Faskes layanan psikologi klinis. Untuk mendapatkan layanan konsultasi, kamu harus mengunjungi website ipkindonesia.or.id, lalu isi kota tempat tinggal kamu. Nanti akan muncul nama dokter yang memberikan layanan konsultasi psikolog.

UNALA YOUTH

Kamu bisa mengunjungi Instagram @unala_youth untuk mendapatkan konsultasi psikolog gratis secara online. Sebelum konsultasi, kamu harus mengisi form yang tersedia pada link bio di Instagram tersebut. Nantinya, form yang sudah diisi akan dikirimkan ke Whatsapp untuk lanjut sesi konsultasi. 

Itulah beberapa rekomendasi konsultasi psikologi gratis yang bisa kamu manfaatkan secara online. Jangan malu untuk mencari bantuan dari seorang psikolog karena itu bukanlah tanda kelemahan, tetapi justru keberanian dan kesadaran diri untuk mencari solusi dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Semoga informasi ini membantu!

Bergabung dengan komunitas bisa menjadi cara efektif untuk menjaga kesehatan mental. Join Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Bisa ke Psikolog Gratis dengan BPJS, Begini Caranya!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond