gagal menampilkan data

Article

Cara Menghilangkan Overthinking ke Pasangan, Yuk Punya Hubungan Sehat!

Written by Adila Putri Anisya

Kamu sering overthinking pada pasangan karena takut kehilangan? Ini bisa jadi awal hubungan tidak sehat, loh. Tak hanya kamu saja yang rugi, namun pasanganmu juga. Jika tidak segera diatasi, lama-kelamaan hubungan bisa menjadi toxic. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan overthinking ke pasangan? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

CARA MENGHILANGKAN OVERTHINKING KE PACAR

Overthinking artinya berpikir berlebihan secara berulang-ulang dan cenderung ke arah negatif. Tak hanya pada seseorang, namun bisa juga ke berbagai hal, seperti diri sendiri atau masa depan.

Mereka seringkali berpikir negatif pada suatu hal yang belum terjadi. MisalnyaM “Bagaimana kalau dia selingkuh?” “Apa dia nggak sayang sama aku?” Tak hanya pikirannya saja yang bergulat, mereka juga seringkali melakukan tindakan-tindakan yang berlebihan, seperti cek ponsel pasangan tiap kali ketemu atau terus mengikuti pasangan kemana pun mereka pergi.

Untuk menghilangkan rasa overthinking, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

MELATIH MENENANGKAN PIKIRAN

Pada dasarnya otak manusia dapat menghasilkan 70.000 pemikiran setiap harinya. Ada pun yang memperparah overthinking seseorang adalah pikiran-pikiran yang menumpuk tidak beraturan di kepala. Jadi, melatih diri untuk menenangkan pikiran adalah langkah terbaik untuk menghilangkan overthinking. 

Lalu, bagaimana caranya?

Pusatkan perhatian pada sekelilingmu dan hindari suara-suara yang mengganggu. Mulailah dengar suara dirimu, seperti pernapasan, detak jantung, atau mungkin suara kicauan burung di luar. Lakukan hal ini sampai kamu tenang selama 30 menit setiap hari, baik di malam maupun pagi hari.

MENGUCAPKAN AFIRMASI POSITIF

Jika kamu merasa overthinking sudah menguasai dirimu, cobalah ucapkan afirmasi positif setiap harinya. Secara tak langsung ucapan tersebut bisa menenangkanmu dari pikiran-pikiran yang kacau. 

Ada beberapa ucapan afirmasi positif yang bisa kamu lakukan, seperti:

“Aku berharga, aku banyak dicintai, dan aku membiarkan pikiran dan hal-hal yang baik masuk ke hidupku hari ini”

Ucapan tersebut bisa kamu praktikan setelah bangun tidur setiap hari, atau sedang berkaca di depan cermin. Agar afirmasi ini bekerja, yakinlah pada ucapanmu sendiri.

KOMUNIKASIKAN KE PASANGAN

Komunikasi adalah kunci penting dalam mempertahankan hubungan. Bicarakan rasa overthinking-mu ke pasangan. Dengan mencari solusi bersama, mungkin akan menghilangkan overthinking tersebut.

Misalnya, kamu tahu bahwa pasanganmu sering bekerja dengan banyak lawan jenis, maka diskusikan dan tentukan bersama-sama tentang batasan yang nyaman bagi masing-masing dalam berhubungan dengan lawan jenis. Bicarakan tentang norma yang dianggap tidak sesuai dalam hal interaksi sosial dan etika profesional.

BERKUMPUL DENGAN SAHABAT

Cara menghilangkan overthinking terhadap pasangan yang cukup manjur adalah dengan berkumpul dengan sahabat atau circle kita. Jangan jadikan pasanganmu satu-satunya dalam hidupmu. Menjalin hubungan pertemanan yang positif sangat penting, agar pikiran-pikiran negatifmu teralihkan. Teman yang memotivasi dan membawa dampak positif terhadapmu, akan membawa kepada pemikiran yang positif pula.

MENYIBUKAN DIRI DENGAN HOBI ATAU HAL POSITIF

Mulailah untuk menyibukan diri dengan membangun hobi atau melakukan kegiatan positif. Misalnya, membaca buku, menulis (scripting, journaling), melukis, atau belajar bahasa asing. Menjalani aktivitas fisik, seperti olahraga dapat membantu melepaskan endorfin dan mengurangi stres karena pikiran. Cobalah berjalan-jalan, berlari, bersepeda, atau yoga untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Baca juga: Inspirasi Hobi Baru ala Boyband “TREASURE” Agar Tahun 2023-mu Lebih Berwarna

Kepercayaan adalah dasar yang sangat penting dalam hubungan. Kepercayaan menciptakan fondasi yang kuat bagi koneksi emosional, komunikasi yang terbuka, dan keintiman yang sehat diantara pasangan. Ketika kamu percaya pada pasanganmu, kamu tidak akan overthinking tentang niat atau tindakan mereka. Kamu merasa tenang dan yakin bahwa pasangan kamu adalah orang yang dapat diandalkan. Yuk, mulai terapkan cara menghilangkan overthinking terhadap pasangan dengan tips diatas. Lakukan hubungan sehat dengan pasanganmu mulai sekarang!

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan mental dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle. Klik di sini untuk join!

Baca juga: Siap Membangun Healthy Relationship? Kenali Pertanda Kamu Punya Secure Attachment Style!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond