gagal menampilkan data

Article

7 Macam Pekerjaan Hobi Traveling yang Menjanjikan, Liburan Setiap Hari!

Written by Adila Putri Anisya

Liburan tapi menghasilkan duit, memang bisa? Jawabannya, bisa dong! Di era yang sekarang ini, bekerja nggak harus duduk di kantoran. Ada banyak macam pekerjaan hobi traveling yang bisa kamu lakukan. Ini cocok banget buat kamu yang suka jalan-jalan. Penasaran apa saja? Simak sampai habis ya!

Baca juga: Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Gajinya Tetap Tinggi

BERBAGAI JENIS PEKERJAAN HOBI TRAVELING

‘Hobi yang dibayar’ itulah yang menggambarkan pekerjaan yang sering traveling. Bukannya mengeluarkan duit, justru kamu akan mendapatkan duit dengan berjalan-jalan. Nah, lalu apa saja sih jenis pekerjaan yang bisa buat kita traveling? Yuk, simak.

PRAMUGARA ATAU PRAMUGARI

Sumber foto: Pexels

Banyak orang yang memimpikan dirinya menjadi seorang pramugara/ri. Bagaimana tidak? Dalam sehari saja, kamu bisa berada di beberapa kota atau negara. Bahkan di luar jam kerjanya, kamu bisa berjalan-jalan mengitari kota/negara yang kamu kunjungi, merasakan berbagai tempat wisata dan makanan khasnya. 

Bukannya mengeluarkan duit, justru kamu akan mendapatkan gaji yang cukup besar. Di Indonesia, rata-rata gaji pokok pramugara/ri adalah Rp 2-3 juta per bulan. Namun, itu belum termasuk dengan uang terbang. Semakin lama jam terbangmu, maka semakin besar gaji pokok dan uang terbangnya.

JASTIPER

Sumber: Pexels

Jastiper adalah sebutan untuk seseorang yang menawarkan jasa titip (jastip). Mereka membantu orang lain untuk melakukan pembelian produk di luar jangkauan, seperti luar kota atau luar negeri.

Produk yang dibeli pun sangat bervariasi seperti, produk fashion, makanan, skincare, hingga barang elektronik, tergantung permintaan, atau ketersediaannya. 

Rata-rata pendapatan jastiper cukup bervariasi tergantung seberapa banyak orang yang jastip. Pekerjaan hobi traveling ini cukup populer, bahkan orang biasa pun bisa membuka jastip dadakan saat sedang ke luar negeri.

JURNALIS/REPORTER

Sumber: Pexels

Untuk kamu yang pandai dalam berkomunikasi dan menyampaikan berita, menjadi jurnalis/reporter bisa menjadi pilihan. Mereka biasanya akan turun langsung ke lapangan untuk melaporkan sebuah berita. 

Mereka juga harus siap untuk terbang ke luar kota demi mendapatkan berita secara langsung. Tak hanya itu, mereka juga seringkali menghadirkan acara-acara besar dan bertemu banyak orang terkenal. 

Dilansir dari Indeed, rata-rata gaji reporter adalah Rp 3-6 juta per bulan di Jakarta. Semakin berpengalaman, biasanya semakin besar gaji yang didapatkan.

TRAVEL AGENCY

Sumber: Pexels

Travel agency merupakan pekerjaan traveling tapi dibayar yang populer. Ada banyak orang yang membutuhkan travel agent untuk mengurangi beban dan kesulitan dalam merencanakan perjalanan mereka. Nantinya, travel agent mengurus berbagai aspek perjalanan, seperti tiket pesawat, reservasi hotel, hingga membuat jadwal kunjungan.

Menjadi travel agent memang nggak mudah. Meski begitu, pendapatan yang dihasilkan cukup besar, dalam sekali perjalanan, kamu bisa mendapatkan puluhan juta rupiah.

TOUR GUIDE

Sumber: Pexels

Tour guide atau pemandu wisata memungkinkan kamu untuk bekerja sambil traveling. Mereka bertanggung jawab untuk menemani, membimbing, dan memberikan informasi para wisatawan tentang objek wisata yang sedang dikunjungi.

Pekerjaan hobi traveling ini memang nggak mudah. Setidaknya, kamu harus memiliki skill komunikasi, improvisasi, dan kemampuan humor yang tinggi agar wisatawan yang kamu bawa tidak merasa bosan.

Untuk penghasilan tour guide, juga sangat bervariasi. Dilansir dari idchannel.com, tour guide tingkat expert mencapai Rp1juta -Rp5 juta per hari.

FOTOGRAFER

Sumber: Pexels

Kalau kamu memiliki passion dalam mengambil gambar, kamu bisa berprofesi sebagai fotografer. Fotografer biasanya akan mendapatkan panggilan dari klien untuk melakukan pemotretan di berbagai tempat, bahkan sampai luar negeri.

Kamu juga bisa menjadi fotografer perjalanan yang memotret objek-objek di seluruh bagian dunia. Nantinya, hasil fotomu itu bisa dijual ke media. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan uang dari hasil karyamu. 

Penghasilan fotografer sangat bervariasi, tergantung jenis, kualitas dan pengalaman. Di Jakarta, penghasilan fotografer Rp 9 juta per bulan.

AUDITOR

Sumber foto: OCBC NISP

Pekerjaan untuk yang hobi traveling terakhir adalah auditor. Meski kesehariannya lebih sering duduk di kantor, tetapi auditor perusahaan juga seringkali ke luar kota. Mereka biasanya akan melakukan kegiatan pemeriksaan atau audit atas laporan keuangan dan proses bisnis suatu perusahaan di lokasi yang berbeda.

Jika perusahaan memiliki cabang atau kantor di berbagai lokasi, auditor harus mengunjungi tempat-tempat ini untuk memastikan bahwa data dan proses keuangan terdokumentasi dengan benar dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. 

Gaji yang didapatkan pun cukup menjanjikan. Dilansir dari Indeed, gaji rata-ratanya Rp 4 juta rupiah. Namun, jika sudah berpengalaman bisa mencapai belasan juta per bulan.

Meski jenis pekerjaan ini menyenangkan bagi yang suka traveling, pekerjaan ini memiliki beberapa kekurangannya juga, seperti tuntutan waktu, ketidakstabilan keuangan dan tingkat persaingan yang tinggi. 

Meskipun begitu, keputusan untuk mengejar karir di industri perjalanan dapat sangat memuaskan jika kamu memiliki semangat petualangan, rasa ingin tahu, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan-tantangan yang muncul. Jadi, Pekerjaan hobi traveling mana yang kamu suka? 

Kamu hobi traveling dan butuh rekomendasi kerja lainnya? Jangan ragu untuk bergabung ke Girls Beyond Circle dapatkan koneksi baru dan pengetahuan berharga lainnya. Yuk, join!

Baca juga: 10 Kota di Indonesia yang Aman untuk Perempuan Solo Traveling

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond