gagal menampilkan data

Article

6 Tips Belajar Bahasa Inggris, Cocok bagi Kamu yang Bekerja di Perusahaan Multinasional!

Written by Adila Putri Anisya

Tips belajar bahasa Inggris mungkin banyak dicari oleh jobseeker yang ingin bekerja di perusahaan multinasional. Perusahaan tersebut biasanya memiliki kantor, klien, dan mitra bisnis di berbagai negara, sehingga bahasa Inggris sering menjadi bahasa komunikasi universal dalam konteks bisnis internasional.

Bagi perusahaan multinasional, memiliki karyawan yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris membantu mereka dalam ekspansi bisnis global dan meningkatkan kemungkinan kesuksesan dalam pasar global.

Meski bahasa Inggris sering menjadi bahasa utama dalam perusahaan multinasional, ini tidak selalu berarti bahwa kamu harus berbicara dengan sempurna. Namun, memiliki tingkat kompetensi yang baik dalam bahasa Inggris sangat penting untuk berkontribusi secara efektif dalam perusahaan internasional.

Berikut ini adalah cara belajar bahasa Inggris dengan cepat yang bisa kamu lakukan jika ingin diterima di perusahaan multinasional!

Baca juga: Ini 7 Jenis Tes Bahasa Inggris Buat Beasiswa dan Melamar Kerja

TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS 

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk jago dalam berbahasa Inggris, yuk simak!

MEMILIKI NIAT DAN MOTIVASI YANG KUAT

Langkah pertama untuk belajar bahasa Inggris adalah memiliki niat dan motivasi. Ketika kamu memiliki niat dan motivasi yang kuat, kamu cenderung akan konsisten dalam belajar bahasa Inggris. Kamu akan meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris secara teratur.

Saat kamu malas atau kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris, niat, dan motivasi yang kuat akan membantumu untuk tidak menyerah. Kamu akan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut.

MEMPELAJARI BANYAK KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Kosakata atau disebut juga vocabulary merupakan poin penting dalam mempelajari bahasa inggris. Dengan mengetahui banyak kosakata, memungkinkan kamu untuk mengartikan kata atau frasa dengan benar. 

Bahkan, ketika kamu tidak mampu berbicara bahasa Inggris karena tata bahasa yang terbatas, dengan hanya menyebutkan satu atau dua kosakata tertentu, pesan kamu masih bisa tersampaikan.

Contoh:

  1. Tata bahasa yang benar: “Excuse me, do you happen to know where the bathroom is located?”
  2. Kalimat terbatas:Bathroom, where?”

Contoh nomor 2 di atas menggambarkan bahwa dengan hanya menyampaikan dua kata, orang lain bisa mengerti pesan yang kamu sampaikan walau tidak sekompleks contoh kalimat nomor 1.

MEMPELAJARI FRASA BAHASA INGGRIS

Tak hanya mempelajari banyak kosakata, memahami frasa juga penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebab, frasa dapat membantumu mendapatkan pemahaman lebih mendalam saat berkomunikasi, menulis maupun memahami teks.

Contoh frasa dalam bahasa inggris:

  • “Check it out!” artinya “coba liat deh”. Contoh kalimat: “I found an interesting article in this magazine. check it out!” 
  • “None of your business!” artinya “bukan urusan kamu”. Contoh kalimat: “Forget what you read. This is none of your business!”

LATIHAN KEMAMPUAN MENDENGAR

Tips belajar bahasa Inggris keempat adalah dengan latihan mendengar atau listening. Dengan mendengarkan aksen, kecepatan bicara, dan intonasi, kamu akan terbiasa dengan cara orang berbicara bahasa Inggris. 

Tak hanya itu, listening juga dapat memperkenalkan kamu pada berbagai kata dan frasa baru sehingga kosakatamu lebih luas. 

Lalu, darimana sumbernya? Ada banyak sekali hal yang bisa kamu dengarkan, misalnya podcast berbahasa Inggris, lagu berbahasa Inggris, atau film berbahasa Inggris.

LATIHAN GRAMMAR DAN STRUCTURE

Grammar (tata bahasa) dan struktur kalimat merupakan langkah penting agar kamu bisa menulis dalam bahasa Inggris. Menguasai grammar dan struktur kalimat membantu kamu memahami teks yang dibaca atau dengar.

Kamu bisa melakukannya dengan cara membaca buku, artikel, atau pun cerita dalam bahasa Inggris, ini dapat membantumu melihat bagaimana grammar dan struktur kalimat digunakan dalam konteks nyata.

PRAKTIK BERBICARA BAHASA INGGRIS 

Berbicara secara aktif memungkinkan kamu untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari dalam situasi nyata, meningkatkan kemampuan berbicara, dan membantu kamu merasa lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. 

Semakin sering berbicara, semakin terbiasa kamu dengan bahasa Inggris. Hal Ini membantu mengatasi rasa gugup atau takut berbicara dalam bahasa asing. 

Apabila tidak ada orang sekelilingmu yang bisa diajak ngobrol bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa inggris seperti Duolingo, Hello Talk, Babbel, Busuu, BBC Learning English dan lain sebagainya.

Selain 6 tips belajar bahasa Inggris di atas, mungkin masih banyak yang bisa kamu lakukan. Tak harus sama dengan yang di atas, kamu bisa menambahkan cara lain untuk bisa berbahasa Inggris.

Ingat, belajar bahasa inggris tidak bisa kontan dan harus sering dipraktikkan. Dengan niat dan motivasi yang kuat, kamu akan memiliki dorongan untuk mencapai tingkat kemampuan bahasa Inggris yang diimpikan. Good luck, ya!

Mau belajar bahasa inggris dengan cepat? Yuk, gabung komunitas Girls Beyond Circle. Temukan teman baru untuk belajar bareng!

Baca juga: Begini Tips Agar Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond