gagal menampilkan data

Article

5 Template CV Gratis Word ATS-Friendly untuk Berbagai Posisi dan Tips Membuatnya

Written by Adila Putri Anisya

Template CV gratis word yang ATS-friendly kini banyak dicari oleh jobseeker. Tak heran, banyak perusahaan yang menggunakan sistem tracking karena lebih efektif dibandingkan melihat satu per satu secara manual.

Jenis CV ATS (Applicant Tracking System) biasanya lebih sederhana, alias formatnya tidak banyak desain, sehingga terfokus pada kata kunci tulisan dibandingkan visualnya.

Jika kamu sedang mencari template CV ATS-friendly melalui word, simak selengkapnya di bawah ini ya.

Baca juga: 20 Contoh CV Lamaran Kerja ATS dan Kreatif, Perhatikan Bedanya!

TEMPLATE CV GRATIS WORD

Dilansir dari website COOLFREECV. Berikut ini adalah template CV word yang bisa kamu download

DOWNLOAD TEMPLATE CV GRATIS MINIMALIS

template cv gratis word minimalis
Sumber foto: COOLFREECV

Template CV gratis yang satu ini bisa kamu download melalui website COOLFREECV desain yang sederhana ini bisa dijadikan gambaran untuk kamu yang memiliki pengalaman bekerja untuk berbagai posisi. 

DOWNLOAD TEMPLATE CV WORD GRATIS SEDERHANA

template cv gratis word sederhana
Sumber foto: Zety.com

Template CV yang satu ini terlihat lebih menarik dengan format yang tersusun lebih banyak kolom. Kamu bisa memberikan informasi lengkap tentang experience, education, skill dan interest. 

DOWNLOAD CV WORD GRATIS FRESH GRADUATE

template cv gratis word fresh graduate
Sumber foto: Zety.com

CV-ATS friendly ini cocok untuk apply posisi admin. Template ini bisa digunakan untuk fresh graduate yang kurang pengalaman. Kamu bisa menuliskan pengalaman organisasi, penghargaan dan keterampilan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

DOWNLOAD TEMPLATE CV GRATIS WORD MODERN

template cv gratis word modern
Sumber foto: Cvunik

Mau CV ATS-friendly yang lebih modern? kamu bisa download template CV gratis word yang satu ini. Template CV ini memberikan sedikit sentuhan desain dengan kolom yang cukup lengkap, seperti profile, riwayat pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja dan penghargaan. Cocok digunakan untuk melamar bidang kreatif.

DOWNLOAD FORMAT CV WORD GRATIS MENARIK

Sumber foto: Cakeresume

Template CV gratis word yang simpel ini, bisa digunakan untuk berbagai posisi. Pastikan kamu menggunakan kata kunci yang relevan saat melamar ke perusahaan tersebut. Dengan begitu, akan memudahkan proses screening CV kandidat

Baca juga: 10 Contoh CV ATS Bahasa Indonesia Agar Lolos Screening dan Dapat Panggilan Kerja!

TIPS MEMBUAT CV WORD ATS-FRIENDLY

Membuat CV Word yang ATS-friendly sangat penting untuk meningkatkan peluang kamu lolos seleksi awal dalam proses rekrutmen. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat CV word yang sesuai dengan ATS:

PILIH TEMPLATE CV YANG SESUAI

Pertama-tama pilihlah template CV gratis word yang sesuai dengan bidang dilamar. Misalnya, untuk bidang kreatif, kamu bisa gunakan template yang memiliki sedikit desain, namun tetap ATS-friendly. 

Sementara itu, untuk bidang teknik atau industri, kamu bisa menggunakan template yang sederhana, tanpa menggunakan banyak desain.

SERTAKAN KATA KUNCI YANG RELEVAN

Perhatikan kata kunci yang terdapat dalam deskripsi pekerjaan yang kamu lamar dan gunakan kata kunci ini dalam CV-mu. Ini membantu ATS mencocokkan kualifikasi kamu dengan posisi yang dilamar. 

Contohnya, kamu melamar posisi social media specialist, pastikan kamu masukkan kata kunci di bidang yang serupa, seperti content marketing, digital marketing, atau copywriting. 

GUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR

Tata bahasa sangat penting diperhatikan saat membuat CV ATS-friendly. Pasalnya, sistem tracking tidak dapat membaca jika bahasa tersebut tidak familiar. Pastikan tata bahasa yang digunakan tidak typo, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mengecek tata bahasa di CV-mu.

MASUKAN INFORMASI PENTING

Agar sistem pelacakan pelamar (ATS) dapat membaca CV kamu dengan baik dan mengidentifikasi informasi penting, pastikan untuk memasukkan informasi kunci secara terstruktur dalam dokumen CV kamu. Ini berupa:

  • Kontak
  • Ringkasan atau profil
  • Pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keterampilan
  • Sertifikat
  • Penghargaan atau prestasi
  • Bahasa
  • Portofolio
  • Hobi dan minat (opsional)
  • dll

Setelah mengikuti tips di atas, kamu bisa melakukan uji coba ATS-friendly di beberapa situs web yang menawarkan alat untuk menguji sejauh mana CV-mu sesuai dengan ATS.  Misalnya, di Karir Fair ATS Checker Gratis.

Jika persentasenya di bawah 50%, sebaiknya cek lagi, apa yang kurang dan kemudian revisi. Namun, jika template CV gratis word mendekati atau bahkan 100% artinya CV aman dikirim ke perusahaan yang kamu lamar.

Goodluck dan semoga membantu.

Dapatkan informasi menarik dan penting lainnya dengan join komunitas Girls Beyond Circle. Klik disini untuk bergabung!

Baca juga: 5 Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduate!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond