gagal menampilkan data

Article

15 Bahasa Slang Gen Z yang Sering Muncul di Media Sosial, Kamu Sudah Tahu?

Written by Adila Putri Anisya

Ada banyak bahasa slang Gen Z baru yang bertebaran di media sosial (medsos). Tentu, ini menjadi tren yang mungkin harus diketahui oleh anak muda agar nggak ketinggalan zaman. 

Bahasa slang ini biasanya diciptakan nggak jauh dengan kata aslinya, namun terdengar lebih catchy. Banyak Gen Z yang menggunakan slang agar penyampaiannya lebih efektif dan enak di dengar. 

Mau tahu apa saja istilah-istilah Gen Z yang sering dibicarakan di medsos? Yuk, simak!

Baca juga: Alasan Gen Z Mau Childfree, Ternyata Karena Banyak Tantangan Sosial

BAHASA SLANG GEN Z YANG POPULER DI MEDSOS

Berikut ini ada 20 bahasa gaul Gen Z yang wajib kamu pahami.

CEGIL

Cegil artinya ‘cewek gila’. Meski terdengar negatif, namun bahasa ini sering digunakan oleh perempuan yang memiliki tingkah di luar batasan perempuan pada umumnya sebagai bahan bercandaan.

RIZZ

Rizz artinya kharisma, bahasa ini digunakan ketika seseorang memiliki kharisma, sehingga bisa menarik lawan jenis dalam konteks romantis. Seseorang yang memiliki rizz akan membuat lawan jenisnya jatuh hati.

YTTA

YTTA merupakan singkatan dari ‘Yang Tau Tau Aja’. Kata ini digunakan ketika seseorang memberitahu sesuatu, namun tanpa konteks yang jelas, sehingga mereka lebih memilih untuk menuliskan ‘YTTA’.

CHEUGY

Cheugy adalah bahasa slang Gen Z yang artinya tidak trendi atau out of date. Bahasa ini biasanya digunakan ketika seseorang mengomentari sesuatu yang sudah usang atau tidak tren lagi.

ICK

Ick artinya perasaan jijik, ini sama seperti kamu ngomong ‘eww’. Istilah ick digunakan ketika seseorang mengomentari hal-hal yang bersifat cringe atau menurutnya jijik.

SKENA

Skena adalah singkatan dari Sua cengKErama dan KelaNa, artinya subkultur yang dianggap keren. Secara singkat skena artinya perkumpulan kolektif yang bisa menciptakan suasana untuk bercengkrama, berkelana, bersama saat berkumpul.

CLINGY

Clingy adalah bahasa Inggris yang artinya “susah lepas” yang merujuk pada pasangannya. Istilah ini biasanya digunakan ketika seseorang yang ingin menempel terus dekat dengan pasangannya.

SALTY

Salty adalah kata slang Gen Z bahasa Inggris yang artinya ‘geram’ atau ‘kesal’ terhadap sesuatu. Istilah ini digunakan ketika seseorang tersinggung saat berdebat atau bisa juga digunakan saat ingin menyampaikan sesuatu yang menyinggung. Contoh: “Please, jangan salty ya.”

BEIGE FLAG

Beige flag artinya karakteristik yang unik atau aneh. Ini bisa juga mendeskripsikan seseorang yang tidak baik, namun juga tidak buruk. Beige flag ada di tengah-tengah antara red flag dan green flag

GHOSTING

Ghosting merujuk pada definisi tiba-tiba menghilang tanpa ucapan atau kata apa pun. Bahasa TikTok yang viral ini biasanya digunakan saat PDKT di mana pasangannya tersebut tiba-tiba menghilang padahal sudah nyaman dan sayang.

FLEXING

Flexing diartikan sebagai “pamer”. Seseorang yang flexing cenderung menyombongkan sesuatu dengan tingkah yang membuat orang lain iri, kesal, dan geram. Namun, beberapa orang juga menggunakan kata ini dengan positif dalam artian bercanda.

IYKYK

IYKYK merupakan singkatan dari “If You Know, You Know” yang artinya “Kalau kamu tahu, pasti tahu.” Ini lebih mengarah ke pembicaraan suatu circle yang bisanya hanya dimengerti oleh circle-nya.

SUS

Sus adalah kependekan dari “suspicious” dalam bahasa Indonesia adalah “mencurigakan” bahasa slang Gen Z ini biasanya digunakan ketika seseorang mencurigai sesuatu yang tidak sesuai harapan.

PERIODT

Kata ‘Periodt’ terbaca seperti typo, namun sebenarnya tidak. Kata ini digunakan ketika seseorang setuju dengan sebuah pernyataan. Bisa juga digunakan untuk menguatkan makna atau menekankan poin yang disampaikan.

L & W

L artinya Loss/Loser (kalah), sementara W artinya Win (menang). Huruf sederhana ini menjadi tren dikalangan Gen Z terutama TikTok dan Twitter. Biasanya digunakan untuk voting dalam sebuah konten.

Itu dia berbagai bahasa slang Gen Z yang viral di media sosial. Meski beberapa terdengar aneh, penggunaan bahasa tersebut dinilai lebih “gaul” dan singkat. Jadi, bahasa gaul Gen Z mana yang baru kamu tahu?

Dapatkan lebih banyak info menarik seputar Gen Z dengan gabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 20+ Istilah Dalam Dunia Kerja yang Wajib Diketahui Fresh Graduate!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond