gagal menampilkan data

Article

8 Prospek Kerja Jurusan Psikologi yang Menjanjikan, Gajinya Bisa Sampai Rp50 Juta?

Written by Adila Putri Anisya

Psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang perilaku, pikiran, dan emosi manusia. Banyak yang minat dengan jurusan ini karena merasa terpanggil untuk memahami aspek-aspek psikologi dalam diri mereka sendiri dan orang lain. Namun, tak jarang mereka juga bertanya-tanya tentang prospek kerja jurusan psikologi karena jurusan ini memiliki profesi yang cukup terbatas dan perlu pendidikan tingkat lanjut untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi.

Di antara kalian, mungkin banyak yang berpikir bahwa HRD adalah pekerjaan yang umum bagi jurusan psikolog. Padahal, nyatanya masih ada banyak lagi peluang karier yang bisa kamu tempuh. Apa saja? Yuk, simak prospek kerja jurusan psikolog berikut ini!

Baca juga: 10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi beserta Gajinya, Asyik dan Beragam Banget!

DAFTAR PROSPEK KERJA JURUSAN PSIKOLOGI

Lulusan jurusan psikologi kerja apa sih? Jurusan psikologi membuka berbagai peluang karier di berbagai bidang loh, ada yang menjadi karyawan di suatu perusahaan, dokter, bahkan jadi guru.

Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja yang dapat dikejar oleh lulusan psikologi:

HRD (HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT)

Human Resource Development (HRD) adalah salah satu bidang yang banyak diminati oleh lulusan psikologi. Ini karena lulusan psikologi memiliki pemahaman yang kuat tentang perilaku manusia.

Salah satu peran utama HRD adalah mengelola proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Mereka juga bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola program pelatihan serta sepengembangan karyawan.

Gaji rata-rata HRD adalah Rp4-50 juta per bulan. Umumnya, HRD tingkat junior lebih kecil dibandingkan manager. Contohnya, HRD di PT Indofood bisa mencapai Rp55 juta rupiah.

PSIKOLOG

Prospek kerja jurusan psikologi selanjutnya adalah psikolog, yang bertugas memberikan dukungan emosional dan psikologis pada pasien yang sedang dalam situasi sulit, seperti masalah keluarga, pasangan, maupun pribadi. 

Menjadi seorang psikolog memerlukan keterampilan empati, komunikasi, mendengarkan secara aktif, hingga memiliki skill problem solving yang tinggi. Pasalnya, mereka akan terus dihadapi oleh pasien yang memiliki gangguan psikologis.

Berapa gaji pekerjaan psikologi? Dilansir dari Indeed, gaji rata-rata psikolog di Jakarta adalah Rp6,9 juta per bulan. Beberapa sumber menyebutkan juga tak jarang ada yang mencapai miliaran rupiah.

PSIKIATER 

Psikiater berbeda dengan psikolog. Kedua profesi ini berbeda dari gelar dan pelatihan. Bahkan, pendekatan pengobatan yang dilakukan pada pasien pun berbeda. 

Psikiater adalah dokter yang dapat memberikan diagnosis medis, meresepkan obat, dan perawatan medis lainnya dalam masalah kesehatan mental. Namun, psikolog dan psikiater biasanya bekerja sama untuk menyembuhkan pasiennya.

Gaji rata-rata psikiater di Indonesia adalah Rp8 juta-Rp12 juta per bulan. Perlu diingat, kisaran gaji ini bisa lebih kecil maupun lebih besar.

GURU BK (BIMBINGAN KONSELING)

Pendidikan dan latar belakang dalam psikologi memberikan bekal yang kuat untuk mengambil peran sebagai guru BK (bimbingan konseling), yang bertugas membantu siswa dalam pengembangan pribadi, sosial, dan akademik mereka.

Tak hanya itu, guru BK berperan dalam mencegah perilaku negatif seperti bullying dan konflik di sekolah. Mereka dapat memberikan pelatihan tentang keterampilan sosial hingga resolusi konflik untuk menyelesaikan masalah.

Rata-rata gaji guru BK di Indonesia sekitar Rp4,6 juta, ini bisa lebih rendah maupun lebih tinggi tergantung kebijakan sekolah.

MANAGEMENT TRAINEE

Management trainee (MT) adalah program pelatihan yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan untuk membekali seseorang dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengambil peran manajemen dalam perusahaan tersebut.

Lulusan psikologi sering memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik, memecahkan konflik, dan memotivasi orang lain. Ini adalah keterampilan yang sangat berharga dalam peran manajemen di mana mereka harus berinteraksi dengan berbagai orang.

Gaji rata-rata management trainee di Jakarta RP5,5 juta per bulan. Setiap domisili mungkin berbeda-beda, biasanya di luar Jakarta lebih rendah, sekitar Rp4 juta rupiah.

KONSELOR

Konselor merupakan seseorang yang memberikan pelayanan konseling kepada klien yang membutuhkan. Profesi konselor ini dapat bekerja di berbagai pengaturan dan lingkungan kerja. Tempat kerja konselor dapat bervariasi sesuai dengan spesialisasi dan minat pribadi mereka.

Umumnya, konselor dapat ditemukan di klinik, sekolah, pemerintahan, perusahaan swasta, hingga praktek swasta yang melayani klien secara mandiri. Biasanya, mereka menyediakan layanan konseling individu, keluarga, atau kelompok di kantor mereka sendiri.

Konser adalah prospek kerja jurusan psikologi dengan gaji sekitar Rp10-15 juta rupiah. Namun, angkat tersebut bisa lebih besar mencapai puluhan juta rupiah per bulannya.

GENERAL AFFAIR

General affair (GA) adalah psikologi prospek kerja yang mungkin tidak banyak orang tahu. Pekerjaan ini mirip seperti HRD, hanya saja GA lebih menjalankan program operasional perusahaan secara keseluruhan, seperti pembelian peralatan kantor, pengelolaan inventaris dan pengadaan barang kantor lainnya.

Meskipun GA tidak terkait langsung dengan praktik psikologi atau konseling, lulusan psikologi masih dapat menemukan peluang kerja di dalamnya. Mereka memiliki keterampilan komunikasi yang baik, manajemen SDM, hingga keterampilan kepemimpinan, dan dinamika kelompok.

Gaji yang didapatkan general affair, bisa mencapai sekitar Rp8 juta-Rp 10 juta per bulan. Angka tersebut bisa lebih tinggi maupun rendah tergantung perusahaan.

DOSEN PSIKOLOGI

Jika kamu melanjutkan S2, kamu bisa menjadi dosen psikologi. Profesi ini biasanya memang disyaratkan untuk seseorang yang mendapatkan gelar magister (S2).

Sama seperti dosen pada umumnya, dosen psikologi bertugas dalam lingkup pengajaran, penelitian hingga pengabdian masyarakat. 

Mereka akan memberikan kuliah kepada mahasiswa dan memfasilitasi diskusi kelas. Mereka juga mengajar berbagai mata kuliah psikologi, mulai dari pengantar psikologi hingga mata kuliah khusus dalam spesialisasi tertentu.

Gaji rata-rata dosen psikologi di Indonesia sekitar Rp 4-15 juta per bulan, tergantung dari di mana mereka bekerja. 

Prospek kerja jurusan psikologi dapat bervariasi berdasarkan spesialisasi dan tingkat pendidikan kamu. Gelar sarjana dalam psikologi biasanya memerlukan tingkat pendidikan lanjutan (gelar master atau doktor) untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi dan mendapatkan lisensi sebagai psikolog.

Dari berbagai prospek kerja psikologi diatas, yang mana profesi favorit kamu?

Mau tahu tentang prospek kerja di jurusan kuliah lainnya? jangan lupa gabung komunitas Girls Beyond Circle. Klik di sini sekarang.

Baca juga: Ini Prospek Kerja Idealmu Berdasarkan Tipe Kepribadian ABCD!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond