gagal menampilkan data

Article

10 Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Ada Incaranmu?

Written by Adila Putri Anisya

Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, perubahan sosial, dan tren ekonomi. Meskipun tidak dapat meramalkan dengan pasti apa pekerjaan tersebut, namun penting bagi kita untuk selalu meng-upgrade skill dan sadar akan perubahan ini.

Kemajuan teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI) dan robotika, akan terus mempengaruhi berbagai industri, termasuk dunia kerja. Selain itu, pengenalan kerja jarak jauh akan semakin berkembang, terutama setelah pengalaman dengan pandemi COVID-19. Ini memungkinkan perusahaan untuk mencari bakat dari seluruh dunia dan pekerja dapat bekerja dari lokasi yang mereka pilih.

Lalu, apa saja sih pekerjaan yang akan dibutuhkan di masa depan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 4 Inspirasi Profesi di Drakor untuk Karier di Masa Depan

10 PEKERJAAN YANG DIBUTUHKAN DI MASA DEPAN

Meski beberapa pekerjaan sudah tidak ada lagi, tetapi ada pekerjaan lain yang akan tercipta untuk memenuhi kebutuhan baru, berikut adalah pekerjaan yang banyak dicari di masa depan.

DATA SCIENTIST

Data scientist adalah seseorang yang mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mendapatkan wawasan dan membuat keputusan yang didasarkan dengan bukti data yang ada. 

Mereka menggunakan keterampilan statistik dan matematika untuk menganalisis dan mendapatkan wawasan yang digunakan untuk mengambil keputusan. 

Dalam pekerjaannya, mereka harus mampu mengartikan hasil analisis data dengan cara yang dapat dimengerti orang yang tidak memiliki latar belakang teknis dan mengomunikasikan implikasi bisnis dari temuannya tersebut.

SOFTWARE DEVELOPERS

Software developers termasuk pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Pekerjaan yang berkaitan dengan perangkat lunak memang sangat penting dan akan terus dibutuhkan di masa depan seiring berkembangnya teknologi.

Seorang software developers harus menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman seperti Python, Java, JavaScript, C++, atau Ruby. Selain itu, pemahaman tentang algoritma dan struktur data merupakan landasan utama yang dapat membantu mereka dalam merancang solusi yang efisien dan efektif.

DIGITAL MARKETING

Saat ini dan beberapa tahun kemudian, skill digital marketing akan selalu dibutuhkan. Ini karena kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan dan mengikuti perubahan perilaku konsumen serta perkembangan teknologi.

Kini, banyak perusahaan bersaing secara online dan digital marketing membantu perusahaan untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Semakin banyak orang menghabiskan waktu mereka online, perusahaan juga harus mengikuti konsumen ke dunia digital untuk mencapai target audiens.

ANALISIS KEAMANAN INFORMASI

Seorang analis keamanan informasi memiliki tanggung jawab utama untuk melindungi sistem, data, dan informasi penting dari potensi ancaman keamanan. pekerjaan yang sangat dibutuhkan di masa depan ini juga bertugas menganalisis data dan informasi terkait keamanan untuk mengidentifikasi potensi insiden, memahami cara kerja serangan, dan mengidentifikasi pelaku atau sumber ancaman.

Dalam pekerjaan ini, dibutuhkan seseorang yang mengerti bahasa pemrograman, memahami dasar-dasar jaringan dan protokol, sehingga dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan.

CONTENT CREATOR

Content creator memang sudah populer, dan akan selalu populer beberapa tahun mendatang. Pekerjaan ini disebut juga dengan influencer digital. 

Menjadi seorang content creator harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan media sosial dan mengikuti tres khususnya di Instagram dan TikTok.

Keberhasilan mereka dapat dijelaskan melalui fakta bahwa warganet saat ini cenderung lebih suka di-influence oleh seorang content creator daripada brand itu sendiri.

BIG DATA ANALYST

Prospek kerja yang dibutuhkan di masa depan selanjutnya adalah big data analyst. Pekerjaan ini mirip dengan digital marketing, namun mereka menggunakan ilmu data untuk menunjukan kepada perusahaan apa yang akan mempengaruhi bisnis mereka saat ini maupun di masa depan.

Seperti yang diketahui, bahwa dunia digital ini sangat bergantung pada data, sehingga dengan menganalisis dan meningkatkan potensialnya, dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam mencapai target audiens.

AKTUARIS

Aktuaris merupakan pekerjaan yang biasanya berada di perusahaan asuransi, mereka melibatkan analisis statistik dan matematika untuk mengevaluasi risiko keuangan dan merancang strategi untuk mengelola risiko tersebut. 

Pekerjaan aktuaris dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang sangat stabil dan akan terus dibutuhkan di masa depan. Hal ini karena industri keuangan, termasuk asuransi dan investasi, akan selalu ada karena orang dan perusahaan akan selalu memerlukan layanan keuangan dan perlindungan dari risiko.

PROJECT MANAGER

Project manager adalah seorang pemimpin yang bertanggung jawab dalam sebuah proyek. Mereka merencanakan, mengelola, dan mengarahkan proyek dari awal hingga selesai. 

Dengan berbagai kompleksitas dan perubahan yang terjadi dalam bisnis dan teknologi, project manager memegang peran sentral dalam memegang proyek-proyek agar dapat berhasil. Oleh karena itu, pekerjaan masih sangat diperlukan di masa depan untuk membantu organisasi dalam menghadapi tantangan dan peluang yang terus berkembang.

BIOTECHNOLOGY SPECIALIST

Biotechnology specialist adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan mendalam dalam bidang bioteknologi. Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan ini, bekerja dengan cara merancang dan melaksanakan eksperimen untuk mengembangkan produk atau teknologi bioteknologi baru, seperti obat-obatan, vaksin, atau metode produksi pertanian yang lebih efisien.

Penemuan baru dalam bioteknologi, seperti terapi gen dan terapi sel, memiliki potensi untuk mengubah cara kita mengobati penyakit serius. Para ahli bioteknologi akan memainkan peran penting dalam mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi tersebut,

PUBLIC RELATIONS

Public relations (PR) masih akan sangat dibutuhkan di masa depan, mereka berperan penting dalam dunia bisnis, organisasi, dan pemerintahan. Mereka bertugas membangun hingga memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan konsumen, karyawan, pemegang saham, media, dan masyarakat umum.

PR akan tetap menjadi profesi yang penting karena kemampuannya dalam mengelola hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan dan merawat reputasi organisasi.

Baca juga: Pekerjaan yang Diprediksi Punya Prospek Menjanjikan di Tahun 2023

Dari pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan di atas, adakah pekerjaan incaranmu? Penting untuk diingat bahwa perubahan ini menciptakan tantangan bagi individu yang harus terus meningkatkan skill melalui pembelajaran sepanjang hayat agar dapat tetap bersaing di pasar kerja. 

Jadi, adaptabilitas dan kemampuan untuk belajar baru akan menjadi aset berharga di masa depan. Terus upgrade diri kamu ya!

Mau tahu informasi menarik seputar pekerjaan di masa depan lainnya? Yuk, gabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 4 Langkah Mudah untuk Membangun Personal Branding Agar Karier Berkembang

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond