gagal menampilkan data

Article

7 Tips Makeup untuk Interview Kerja, Simpel dan Terlihat Profesional!

Written by Adila Putri Anisya

Saat akan interview atau wawancara kerja, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah penampilan. Penampilan yang simpel dan terlihat profesional lebih baik dibandingkan yang berlebihan. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan makeup untuk interview kerja.

Penampilan merupakan first impression yang tidak boleh disepelekan, apalagi dalam dunia profesional. Dengan berpenampilan yang baik, kamu akan mendapatkan impresi yang baik pula dari interviewer.

Bagi perempuan yang akan menghadapi interview kerja, yuk simak tips makeup untuk wawancara kerja berikut ini!

Baca juga: 4 Tren Beauty Paling Viral di TikTok, Kamu Udah Tahu Belum?

LAKUKAN SKIN PREPARATION (SKIN PREP)

Makeup untuk interview kerja diawali dengan skin preparation atau dikenal dengan skin prep. Skin prep adalah tahapan awal untuk mempersiapkan kulitmu sebelum make up

Skin prep merupakan bagian dari skincare-mu agar makeup yang digunakan tampil sempurna. Tujuannya skin prep antara lain, melembabkan kulit, membuat makeup menempel di kulit hingga meminimalisir crack.

Berikut adalah tahapan skin prep:

  • Membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka 
  • Menggunakan toner atau serum
  • Menggunakan eye cream
  • Menggunakan moisturizer (pelembab)
  • Menggunakan primer

Baca juga: Kamu Harus Ikut Acara Ini Kalau Mau Berkarir di Beauty Industry!

GUNAKAN SHADE FOUNDATION YANG TEPAT

Pastikan kamu menggunakan shade foundation yang sesuai dengan warna kulitmu. Hal ini sangat penting, terutama bagi yang tidak berhijab agar warna wajah tidak jauh beda dengan leher.

Agar wajah tidak jauh beda dengan warna kulit aslimu, gunakanlah shade dengan satu tingkat lebih terang dari warna kulit asli. Hindari menggunakan shade terlalu terang atau terlalu gelap, ini akan merusak penampilanmu.

Baca juga: Ini 5 Cara Menentukan Personal Style Agar Penampilanmu Menarik!

GUNAKAN CONCEALER UNTUK MENYAMARKAN NODA

Kalau kamu memiliki noda bekas jerawat, flek hitam atau kantung mata hitam, kamu bisa gunakan concealer untuk menyamarkannya. Untuk penggunaan concealer, cukup apply di tempat yang harus ditutupi saja. 

Sama seperti foundation, pastikan warna concealer tidak berbeda jauh dengan warna kulitmu. Kamu bisa menggunakan brush, spons, atau jari untuk mengaplikasikannya.

Baca juga: Tips Persiapan Interview Kerja yang Bisa Bikin Kerja Berhasil!

GUNAKAN BLUSH-ON YANG NATURAL

Agar wajahmu terlihat segar, cobalah gunakan blush-on natural. Sesuaikan dengan warna kulitmu. Beberapa blush on yang natural seperti pinky-peach mungkin tidak terlihat di warna kulit yang gelap.

Untuk tipe kulit terang, mungkin kamu bisa menggunakan warna tersebut, sementara untuk kulit sawo matang kamu bisa menggunakan warna berry

Intinya, pastikan blush-on tidak terlihat menor di wajahmu. Gunakan brush untuk hasil maksimal!

Baca juga: 3 Alasan Kamu Sering Gagal Interview Kerja, Yuk Perbaiki!

RIASAN MATA YANG NATURAL

Setelah blush-on selesai, sekarang lanjut beralih ke riasan mata. Kamu bisa gunakan eyeshadow, eyeliner, dan mascara untuk membuat wajah terlihat “hidup”.

Untuk pemakaian eye shadow, gunakanlah warna yang netral, seperti coklat-gold, peach-pink, atau krem-taupe. Kamu bisa menyesuaikan dengan warna baju atau kerudungmu agar tidak terkesan “bertabrakan”.

Sementara untuk eyeliner, hindari yang berjenis liquid. Lebih baik gunakan eyeliner pensil atau crayon. Kamu bisa blend tipis-tipis eyelinier-mu menggunakan brush mata agar terkesan natural.

Baca juga: Jobseekers Wajib Baca: Ini 5 Tanda Gagal Wawancara Kerja dan Cara Menghadapinya!

SET MAKE UP MENGGUNAKAN BEDAK

Gunakan bedak untuk set make up di wajahmu. Kamu bisa menggunakan jenis mineral powder yang dapat meminimalisir make up terhapus saat berkeringat. 

Mineral powder juga dinilai lebih tahan lama dan dapat membantu menyerap keringat serta minyak, sehingga wajah terlihat lebih segar. Ini merupakan salah satu tips yang berguna ketika dalam situasi tegang yang menyebabkan keringat.

Baca juga: Ada 3 Tahap Interview Kerja, Ini Caranya Agar Kamu Bisa Lolos Seleksi!

GUNAKAN LIPSTIK BERWARNA NETRAL

Make up untuk interview kerja nggak boleh terlihat menor. Lipstik merupakan produk make up yang sangat menentukan keindahan wajah. Jadi, pastikan kamu menggunakan warna yang tepat saat interview kerja.

Hindari warna-warna yang mencolok seperti deep red atau pink terang , disarankan untuk menggunakan warna nude, seperti koral, atau merah kecoklatan. Ini akan memberikan kesan natural pada wajahmu.

Nah, setelah mengaplikasikan make up diatas, akhiri dengan menggunakan setting spray agar make up awet sepanjang hari. Jangan lupa untuk touch-up jika kamu merasa ada bagian yang luntur, biasanya bedak atau lipstik.

Selain memperhatikan makeup untuk interview kerja, pastikan rambutmu rapi dan wangi. Untuk kamu yang menggunakan hijab, pastikan hijabmu tidak ada bagian yang kusut agar enak dipandang.

Jika kamu sudah merasa percaya diri dengan tampilan dan make up mu. Jangan lupa untuk percaya diri juga saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari rekruter.

Semoga membantu dan good luck!

Berbagi tips interview kerja lainnya bersama teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle. Klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: Halo Effect: Kunci untuk Disenangi Semua Orang, Ini Definisi dan Cara Praktiknya!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond