gagal menampilkan data

Article

Takut Menghadapi Hari Senin? Ini 5 Cara Mengatasi Monday Blues!

Written by Adila Putri Anisya

Monday blues adalah perasaan yang seringkali dialami oleh pekerja. Istilah ini mengacu pada perasaan takut, sedih dan malas saat menghadapi hari Senin. Biasanya perasaan ini akan muncul di hari Minggu sore atau tepat di hari Senin pagi. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi Monday blues?

Bagi sebagian orang memiliki perasaan takut dan malas dengan hari Senin mungkin terdengar aneh. Padahal, perasaan ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa memicu stres hingga membuat produktivitas menurun. 

Bagi kamu yang mengalami Monday blues dan juga bingung bagaimana agar tidak malas pada hari Senin, baca artikel ini sampai habis ya!

Baca juga: Strategi Hadapi Quarter-Life Crisis untuk Kamu yang Mulai Masuk Usia 20an 

APA ITU MONDAY BLUES SYNDROME?

Monday blues syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan sedih, lesu, dan kurang semangat menghadapi hari Senin. Istilah ini berasal dari warna biru yang sering kali dikaitkan dengan perasaan sedih atau depresi. Nah, Monday blues sendiri merujuk pada perasaan sedih atau tertekan yang terjadi di awal pekan, khususnya pada hari Senin.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perasaan takut pada hari Senin. Salah satunya adalah ketidakpuasan dalam pekerjaan atau lingkungan kerja. 

Jika kamu tidak senang dengan pekerjaanmu atau merasa bosan dengan rutinitas yang sama setiap hari, kemungkinan besar kamu akan merasa lebih sulit untuk bangkit dan semangat menjelang hari Senin.

Tak hanya itu, stres, kurangnya tidur atau pola tidur yang tidak teratur juga dapat menyebabkan Monday blues. Kurang tidur dapat membuatmu merasa lelah dan lesu, sehingga sulit untuk memulai hari dengan semangat yang tinggi. 

Baca juga: Bisa ke Psikolog Gratis dengan BPJS, Begini Caranya!

CARA MENGATASI MONDAY BLUES

Setelah hari Minggu selesai, kita akan dihadapi dengan rutinitas sehari-hari, seperti sekolah, kuliah, bekerja, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan rutin tersebut bisa membuat seseorang stres jika tidak dikelola dengan baik. Itulah mengapa beberapa orang merasa takut dengan hari Senin.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan Monday blues yang bisa kamu lakukan!

MELAKUKAN PERENCANAAN DAN PERSIAPAN SEBELUMNYA

Salah satu alasan utama mengapa kita merasa takut menghadapi hari Senin adalah karena kita seringkali tidak siap menghadapinya. 

Oleh karena itu, cara pertama untuk mengatasi Monday Blues adalah dengan melakukan perencanaan dan persiapan sebelumnya. 

Mulailah dengan membuat daftar tugas atau kegiatan yang harus diselesaikan dan rencanakan jadwal aktivitas kamu di minggu tersebut. Dengan memiliki rencana yang jelas, kamu akan merasa lebih terorganisir dan siap menghadapi hari Senin dengan lebih baik.

MEMAKSIMALKAN LIBURAN AKHIR PEKAN

Saat akhir pekan tiba, sebaiknya memaksimalkan kegiatan yang kamu sukai. Tidak masalah jika hanya beristirahat seharian di dalam kamar. Namun, sesekali cobalah untuk beraktivitas keluar yang bisa menghilangkan stres, misalnya berolahraga, memulai hobi baru, atau sekedar bertemu dengan teman-temanmu.

Dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, dapat menumbuhkan mood atau perasaan kamu, sehingga siap menghadapi hari Senin. Pastikan kamu tidak menyentuh hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan di akhir pekan ya!

BUATLAH RUTINITAS PAGI YANG MENYENANGKAN

Rutinitas pagi yang membosankan dan monoton dapat memperburuk perasaanmu. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat rutinitas pagi yang menyenangkan dan menghibur. 

Misalnya, dengan mendengarkan musik favorit saat mandi atau menikmati secangkir kopi di teras sambil menikmati matahari terbit. Dengan melakukan hal-hal yang disukai di pagi hari, ini dapat meningkatkan suasana hati dan menghadapi hari Senin dengan semangat yang baru!

MENULIS JURNAL SECARA RUTIN

Cobalah luangkan waktumu setidaknya 5-10 menit untuk melakukan journaling. Secara tidak langsung, journaling dapat mengurangi kecemasan dan kekhawatiranmu di hari Senin. 

Cara mengatasi Monday blues ini, membantumu dengan cara meluapkan emosi-emosi yang kamu rasakan. Misalnya, karena lingkungan kantor yang kurang sehat, pekerjaan yang tiada hentinya, atau bahkan masalah kekhawatiranmu tentang pekerjaan. 

Kamu bisa mencurahkan semua isi hatimu pada jurnal tersebut. Tuliskan poin-poin yang membuatmu khawatir, dan cobalah tulis hal-hal positif untuk menyemangati diri sendiri.

MENCARI DUKUNGAN DARI REKAN KERJA

Terakhir, cobalah untuk mencari dukungan dari rekan kerja kamu. Berbicaralah dengan mereka tentang perasaan Monday blues yang kamu alami. 

Bekerja dalam tim yang solid dan mendapatkan dukungan dari rekan kerja dapat membantu kamu mengatasi perasaan takut dan malas saat menghadapi hari Senin. 

Mungkin saja rekanmu memiliki perasaan takut hari Senin sama sepertimu. Dengan memiliki perasaan yang sama, kamu bisa memikirkan sama-sama bagaimana cara mengatasinya. Ini akan memotivasi satu sama lain.

Monday blues adalah fenomena umum yang sering kali dialami oleh banyak orang. Perasaan sedih, lesu, atau kurang semangat menjelang hari Senin dapat mengganggu produktivitas dan kesejahteraan kita. Namun, dengan cara mengatasi Monday blues di atas, kita dapat menghadapi hari Senin dengan lebih baik. Tapi, jika cara-cara diatas tidak berfungsi, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ya!

Hadapi hari Senin lebih semangat dengan join komunitas Girls Beyond Circle! Ada banyak aktivitas-aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di akhir pekan bersama teman-teman di sana!

Baca juga: 5 Manfaat Journaling, Bisa Redakan Kecemasan?

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond