gagal menampilkan data

Article

Ingin Produktif saat Belajar? Gunakan Teknik Pomodoro, Bantu Tingkatkan Konsentrasimu!

Written by Adila Putri Anisya

Kamu pernah merasa kurang efektif saat belajar karena tidak fokus dan konsentrasi? Coba deh, gunakan teknik pomodoro! Teknik ini dapat membantumu lebih produktif dalam melakukan sesuatu seperti belajar atau bekerja.

Dengan memiliki konsentrasi penuh, maka belajar bisa lebih efektif dan efisien sehingga apa yang kamu lakukan dapat tercapai dengan mudah tanpa ada kendala maupun penundaan.

Kalau kamu penasaran dengan teknik pomodoro, baca artikel ini sampai habis ya!

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

APA ITU TEKNIK POMODORO?

Teknik pomodoro adalah sistem manajemen waktu yang dapat meningkatkan produktivitas dengan cara mengatur waktu untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan ke dalam periode tertentu.

Pomodoro sendiri berasal dari Italia yang artinya “tomat” yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo di akhir 1980-an. Pomodoro diambil dari timer yang berbentuk tomat yang digunakan Cirilo ketika melakukan teknik ini.

Baca juga: Tes Gaya Belajar: Visual, Auditori, atau Kinestetik, Kamu yang Mana?

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN TEKNIK POMODORO?

Dilansir dari Revolution Learning, terdapat 6 langkah yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan teknik pomodoro dalam belajar, yaitu:

IDENTIFIKASI TUGAS YANG PERLU DISELESAIKAN

Identifikasi tugas yang akan dikerjakan. Dalam menerapkan teknik ini harus dengan tugas yang singkat. Jika ada tugas yang lebih besar, maka bagi tugas menjadi yang lebih kecil, yang memerlukan waktu tidak lebih dari 25 menit. 

SETEL PENGATUR WAKTU SELAMA 25 MENIT

Ambil ponselmu atau jam yang memiliki timer untuk menerapkan pomodoro. Jangan coba-coba menghitung di kepala kamu. Pastikan seakan kamu hanya memiliki waktu 25 menit untuk belajar. 

KERJAKAN TUGAS TANPA DISTRAKSI

Dalam waktu 25 menit, fokuskan pikiran kamu terhadap tugas yang dikerjakan. Hindari hal-hal yang dapat mendistraksi kamu, termasuk ponsel, hewan peliharaan, atau TV yang menyala.

ISTIRAHAT 5 MENIT SAAT ALARM BERBUNYI

Jika alarm sudah berbunyi, hentikan aktivitas belajar dan istirahatlah selama 5 menit. Jangan sesekali merasa ‘tanggung’ dengan tugas yang kamu kerjakan. Disiplinkan diri kamu untuk berhenti saat alarm berbunyi, menjauh dan beristirahatlah sejenak.

ULANGI PROSES SELAMA 3 KALI

Ulangi langkah ke 2 dan 3 sebanyak 3 kali lagi sehingga kamu akan menyelesaikan total 4 kali pengulangan.

ISTIRAHAT SELAMA 30 MENIT DAN MULAI LAGI

Sekarang waktunya kamu beristirahat dengan panjang selama 30 menit setelah melakukan pengulangan 4 kali. Jika tugasmu sudah selesai, istirahatlah dari aktivitas yang akan kamu kerjakan berikutnya. Tapi, jika belum selesai, istirahatlah selama 30 menit, kemudian ulangi langkah 2-4 untuk menyelesaikan semua tugasmu.

Baca juga: Cara Fokus Belajar dan Konsentrasi Kerja Dengan 5 Steps Gampang Ini!

APA YANG MEMBUAT TEKNIK POMODORO EFEKTIF?

Adanya metode pomodoro, mungkin membuat kamu bertanya “Mengapa pomodoro merupakan teknik yang efektif untuk belajar atau bekerja?” Mari kita lihat mengapa sistem manajemen waktu ini bisa dibilang efektif!

  • Menciptakan rasa urgensi diri. Dengan memahami kamu memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan tugas akan mendorong kamu untuk lebih kreatif serta menemukan inovasi. Biasanya hal ini tidak ditemukan jika waktunya tidak terbatas.
  • Menahan interupsi. Jika kamu memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, kemungkinan kamu sering bersitirahat. Dengan menata waktu dan energi, dapat menyisakan sedikit ruang untuk interupsi. Ini dapat membantu kamu menolak gangguan yang mungkin terjadi.
  • Mencegah penundaan. Cara mengatasi penundaan adalah dengan disiplin. Disiplin mungkin sulit dilakukan tanpa pedoman yang tepat. Teknik pomodoro dapat membantu dan memotivasi kamu menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Membuat kesadaran bagaimana kamu menghabiskan waktu. Menggunakan timer dalam mengerjakan tugas, memaksa kamu menyadari bagaimana kamu menghabiskan waktu. Hal ini dapat membantu kamu lebih produktif untuk merencanakan hari kamu lebih baik, sehingga kamu dapat menyisihkan waktu untuk diri sendiri.

Teknik pomodoro dalam bekerja maupun mengerjakan tugas, dijamin dapat membantu kamu menyelesaikan tugas atau pekerjaan lebih efektif tanpa harus menunda-nunda yang berujung keteteran.

Namun, meskipun metode ini efektif bagi banyak orang, tak semua orang cocok dengan metode ini. Kamu bisa mencoba berbagai metode lainnya seperti mind-mapping, The SQ3E Method, atau The PQ4R Method.

So, selamat belajar dan mengerjakan tugas ya!

Gabung Girls Beyond Circle untuk dapatkan lebih banyak info dan pengetahuan lebih tentang teknik belajar agar kamu lebih produktif. Klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: Manajemen Waktu Jadi Lebih Efisien, Inilah 10 Teknik Time Management yang Kamu Wajib Tahu!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond