gagal menampilkan data

Article

7 Layanan Tes Kesehatan Mental Online Gratis, Yuk Cek di Sini!

Written by Adila Putri Anisya

Tes kesehatan mental online bisa menjadi solusi untuk mengetahui sejauh mana kesehatan mentalmu. Pasalnya, menjaga kesehatan mental merupakan hal penting agar kualitas hidupmu terjaga.

Melakukan pemeriksaan kesehatan mental dengan rutin, membantumu dalam mendeteksi masalah mental lebih awal. Dengan begitu, kamu dapat mencegahnya dan mengelola masalah tersebut agar tidak semakin buruk.

Ada beberapa web tes kesehatan mental yang bisa kamu manfaatkan, berikut rekomendasinya!

Baca juga: 7 Tes Kepribadian Online Ini Bantu Cari Jati Diri, Ke-7 Recommended!

7 LAYANAN TES KESEHATAN MENTAL ONLINE GRATIS

Ketika cek kesehatan mental, pastikan kamu menjawabnya dengan jujur berdasarkan apa yang kamu rasakan. Dengan menjawab jujur, maka hasilnya lebih akurat. 

Berikut rekomendasinya:

HALODOC

tes kesehatan mental online halodoc
Sumber foto: Halodoc

Halodoc merupakan layanan kesehatan yang dapat memberikan solusi kesehatan yang lengkap dan akurat karena ditinjau langsung oleh dokter. 

Mereka memberikan layanan depression test bagi masyarakat yang merasa memiliki gangguan kesehatan mental. 

Akan ada 9 pertanyaan dengan skala 0-3 yang harus kamu pilih. Hasilnya akan ada skor untuk mengetahui seberapa parah tingkat depresimu.

Link: Halodoc: Depression test

PIJARPSIKOLOGI

tes kesehatan mental online pijarpsikologi
Sumber foto: PijarPsikologi

PijarPsikologi adalah media layanan informasi tentang psikologi dan kesehatan mental. Platform ini menawarkan tes mental dengan mengisi alat skrining depresi. 

Dalam pengisian tes, kamu akan diberikan 20 pertanyaan dengan 4 pilihan jawaban. Pastikan menjawab sesuai dengan kondisi kamu.

Link: Pijar Psikologi: Tes Kesehatan Mental

MENTAL HEALTH AMERICA

tes kesehatan mental online mental health america
Sumber foto: Mental Health America

Mental Health America (MHA) merupakan platform kesehatan mental berbahasa Inggris yang menyediakan beberapa tes kesehatan mental, seperti tes depresi, anxiety, bipolar, ADHD, hingga eating disorder test.

Dalam tes ini, akan ada berbagai pertanyaan yang bervariasi dengan 3 tahapan yaitu: tes questions-demographic information-your results. Jawaban yang diberikan termasuk cukup akurat.

Link: Mental Health America: Mental Health Test

SATU PERSEN

tes kesehatan mental online satu persen
Sumber foto: Satu Persen

Satu Persen adalah media edukasi life-skills yang bergerak di bidang kesehatan mental. Bagi kamu yang merasa memiliki gangguan kesehatan mental bisa mencoba website tes kesehatan mental di Satu Persen.

Ada 12 serangkaian pertanyaan yang harus dijawab dengan 4 pilihan jawaban. Tak hanya tes mental, kamu juga bisa melakukan tes lainnya seperti tes kualitas tidur, tes overthinking, hingga tes physical activity.

Link: Satu Persen: Tes Sehat Mental

HATI PLONG

tes kesehatan mental online hati plong
Sumber foto: Hati Plong

Hati Plong menyediakan layanan kesehatan mental online yang juga siap memberikan konsultasi aman dan nyaman untuk kamu. 

Tak perlu khawatir dengan hasilnya, layanan ini memiliki puluhan tenaga psikolog profesional dan bersertifikasi.

Jika kamu perlu jawaban dan solusi lebih lanjut, kamu bisa langsung konsultasi dengan pilihan dokter psikologis yang tersedia.

Ada berbagai tes kesehatan mental yang bisa kamu pilih, seperti depresi, burnout, stres, kecemasan, hingga wellbeing.

Link: Hati Plong: Tes Sehat Mental

IBUNDA.ID

tes kesehatan mental online ibunda.id
Sumber foto: Ibunda.id

Ibunda.id menawarkan cek kesehatan mental online gratis yang menghubungkan kamu dengan psikolog berpengalaman. Melalui layanan ini, kamu bisa mendapatkan bantuan tentang kesehatan mentalmu. 

Selain tempat cek kesehatan mental, kamu juga bisa berkonsultasi berbagai masalah kehidupan seperti percintaan, pertemanan dan keluarga. 

Dalam sesi tanya-jawab tes kesehatan mental, pastikan kamu menjawab secara akurat berdasarkan seberapa sering kamu mengalami situasi tertentu dalam kurun waktu 4 minggu terakhir.

Link: Ibuda.id: Mental Health Test

NALURI

tes kesehatan mental online naluri
Sumber foto: Naluri: Tes Kesehatan Mental

Tes kesehatan mental online gratis yang terakhir adalah Naluri. Platform ini merupakan layanan kesehatan digital yang dipersonalisasi untuk kesehatan fisik dan mental.

Kamu bisa memanfaatkan tes kesehatan mentalnya dengan menjawab 21 pertanyaan dengan 4 pilihan jawaban, mulai dari tidak sesuai-sesuai-sangat sesuai-sering sekali.

Link: Naluri: Tes Kesehatan Mental

Tes kesehatan mental online dapat bermanfaat sebagai alat awal untuk mengevaluasi kondisi mental seseorang, tetapi perlu diingat bahwa hasil tes tersebut tidak selalu akurat. Alat ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan tidak diandalkan sebagai satu-satunya sumber informasi.

Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mentalmu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional yang berlisensi untuk mendapatkan evaluasi dan perawatan yang sesuai.

Dapatkan lebih banyak informasi seputar kesehatan mental dengan join komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Konsultasi Psikolog Gratis Online untuk Jaga Kesehatan Mental Kamu

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond