gagal menampilkan data

Article

10+ Contoh Hobi dalam CV yang Bisa Dicantumkan dan Disukai HRD!

Written by Adila Putri Anisya

Banyak yang bilang mencantumkan hobi dalam CV tidak diperlukan. Namun, jika dilakukan dengan benar, dapat membantu kamu menonjol dari kandidat lain. Pasalnya, hobi dapat menunjukan sedikit kepribadian kamu kepada HRD. Jika kamu sedang bingung ingin mencantumkan hobi apa, berikut adalah berbagai contoh hobi dalam CV yang bisa kamu cantumkan!

Baca juga: 10 Contoh Keahlian dalam CV untuk Berbagai Bidang, Siap-siap Dilirik HRD!

BERBAGAI CONTOH HOBI DALAM CV

Ada banyak contoh hobi di CV yang dapat kamu cantumkan untuk melamar pekerjaan, Meski demikian, tak semua hobi relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Berikut adalah contoh hobi dan minat di CV untuk berbagai bidang:

NETWORKING

Kalau kamu suka menghadiri acara sosial yang terlibat dalam organisasi atau komunitas, networking bisa menjadi hobi yang tepat untuk menunjukan kemampuanmu dalam membangun hubungan baik dengan seseorang. Selain itu, orang yang hobi networking biasanya dinilai memiliki pengetahuan yang luas.

VOLUNTEER KEGIATAN SOSIAL

Kegiatan sosial biasanya melibatkan kolaborasi tim. Dengan volunteer ini, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Tak hanya itu, orang dengan hobi volunteer, rata-rata pandai dalam memecahkan masalah yang sangat berguna dalam dunia kerja.

MENULIS (WRITING)

Mencantumkan hobi menulis dalam CV dapat menunjukan bahwa kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik, secara lisan maupun tulisan. Ini merupakan salah satu soft skill yang banyak dicari perusahaan. Keterampilan ini cocok bagi kamu yang melamar pekerjaan bidang kepenulisan, kreatif, hingga marketing.

BLOGGING

Hobi menulis biasanya berkaitan dengan blogging. Jika kamu ingin membangun karier dalam bidang kepenulisan, blogging bisa menjadi hobi yang disukai HRD. Jangan lupa mencantumkan link blog kamu yang bisa dijadikan sebagai portofolio.

MEMBACA (READING)

Membaca adalah contoh hobi dalam CV yang menunjukan bahwa kamu memiliki kemampuan dalam riset, analisis data, dan memahami teks dengan kompleks. Dengan memiliki hobi membaca, maka kosa kata, pemilihan kalimat dan keterampilan menulis kamu dapat diakui dan dipertimbangkan.

TRAVELING

Orang yang hobi traveling memiliki jiwa petualang yang kuat. Mereka dinilai memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah beradaptasi, pandai memecahkan masalah, hingga memiliki jiwa sosial yang tinggi karena rata-rata akan sering berinteraksi dengan orang lain.

FOTOGRAFI & VIDEOGRAFI

Fotografi dan videografi tak hanya dijadikan hobi saja, namun juga dijadikan sebagai keterampilan teknis atau hard skill yang bisa kamu cantumkan dalam CV. Ada banyak posisi pekerjaan di luar sana yang bisa mendapatkan keuntungan dari kandidat yang hobi fotografi dan videografi.

BELAJAR BAHASA ASING

Memiliki kemampuan bahasa asing bisa menjadi nilai plus bagi kandidat, terutama yang melamar di perusahaan multinasional. Selain bahasa Inggris, bahasa lainnya seperti bahasa China, Korea, Jepang mungkin diperlukan untuk tujuan bisnis tertentu. 

OLAHRAGA (SPORT)

Menyukai olahraga adalah hobi yang baik karena orang yang suka berolahraga dianggap memiliki dedikasi dan stabilitas yang tinggi, mereka dinilai memiliki fisik dan kesehatan yang baik. Suka olahraga juga menunjukkan bahwa mereka memiliki kedisiplinan, kerja tim, dan keterampilan interpersonal yang baik.

BERMAIN MUSIK

Bermain musik merupakan ekspresi kreativitas yang menunjukkan bahwa kandidat memiliki keterampilan artistik dan mampu berpikir secara kreatif. Hobi ini sangat baik dicantumkan untuk bidang pekerjaan kreatif, yang melibatkan desain, pemasaran, hingga komunikasi kreatif lainnya.

MENGGAMBAR 

Menggambar bisa dijadikan contoh hobi untuk CV yang menunjukan bahwa kamu memiliki kemampuan kreatif dan visual yang kuat. Kemampuan menggambar melibatkan pekerjaan di bidang desain, ilustrasi atau seni. Seseorang yang hobi menggambar biasanya mampu mengembangkan konsep yang berharga dalam pekerjaannya.

Baca juga: Buat HRD Jatuh Hati, Ini 5 Cara Menulis Deskripsi Diri CV & Contohnya!

CARA MENULISKAN HOBI DALAM CV

Agar tidak salah, berikut adalah panduan yang sebaiknya kamu terapkan dalam menulis hobi dalam CV:

  • Pastikan hobi yang dicantumkan relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, kamu bisa lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan hobi yang cocok untuk pekerjaanmu.
  • Relevansi dengan pekerjaan, tunjukkan keahlian dan kualifikasi kamu di bidang ini. Jelaskan bagaimana hobi tersebut membuat kamu cocok untuk posisi yang dilamar.
  • Berikan bukti atau contoh nyata, tunjukan bagaimana hobi kamu dapat bermanfaat dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.
  • Tulis bagian tentang hobi kamu di bagian akhir CV, ini karena bagian hobi merupakan informasi tambahan yang memberikan gambaran lebih lanjut tentang kepribadianmu.

Jadi, jika kamu bingung apa saja hobi di CV yang bisa dicantumkan, mungkin beberapa hobi di atas bisa menjadi inspirasi kamu. 

Pastikan hobi yang dicantumkan relevan dengan posisi yang dilamar. Jika hobi kamu tidak memiliki relevansi atau memberikan nilai tambah bagi perusahaan atau posisi tertentu, lebih baik fokus pada pengalaman dan keterampilan. 

Demikian artikel tentang berbagai contoh hobi dalam CV, semoga membantu ya!

Perbanyak informasi seputar CV untuk melamar pekerjaan dengan bergabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5+ Tips dan Contoh CV Lulusan SMA yang Menarik

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond