gagal menampilkan data

Article

Cara Jadi Affiliate Marketing dan Tips Suksesnya, Modal 0 Hasilkan Jutaan Rupiah!

Written by Adila Putri Anisya

Affiliate marketing adalah pekerjaan yang semakin diminati akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? Jika dikerjakan secara efektif, kamu dapat menghasilkan uang jutaan rupiah tanpa perlu melakukan aktifitas yang berat. Memangnya, bagaimana sih cara jadi affiliate marketing?

Sama seperti pekerjaan lainnya, untuk mendapatkan untung yang banyak, kamu membutuhkan usaha yang konsisten agar produk yang kamu promosikan dapat dilihat oleh banyak audiens. Pasalnya, untung tersebut tergantung dari seberapa banyak audiens membeli produk yang kamu promosikan.

Untuk tahu lebih banyak, seperti apa pekerjaan affiliate, cara sukses, dan tugas-tugasnya, simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: 5 Cara Menjadi Content Creator untuk Pemula, Cuan Banget!

APA ITU AFFILIATE MARKETING?

Sebelum masuk ke cara jadi marketing affiliate, sebaiknya ketahui dulu apa itu affiliate marketing. Affiliate marketing adalah model bisnis di mana seseorang mempromosikan produk dari pihak tertentu untuk mendapatkan komisi dari setiap tindakan yang dihasilkan.

Komisi yang kamu dapatkan, tergantung dari berbagai faktor, di antaranya model komisi, seperti cost per sales (CPS), cost per click (CPC), cost per action (CPA), dan faktor lainnya tergantung platform dan produk yang dipromosikan.

Seorang affiliator (sebutan untuk orang yang bekerja sebagai affiliate marketing) dapat mempromosikan berbagai produk kepada audiens tanpa perlu membeli produk, hingga mengelola inventaris.

Baca juga: Ternyata Ini 5 Pekerjaan Tanpa Ijazah Terkini yang Gajinya Tinggi!

CARA JADI AFFILIATE MARKETING

Bagaimana cara menjadi affiliate marketing? Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami untuk menjadi seorang affiliator, simak penjelasan berikut:

LANGKAH PERTAMA: MENENTUKAN NICHE

Langkah awal untuk menjadi affiliator adalah menentukan niche, yakni target pasar yang spesifik. Untuk menentukan niche-mu, ada beberapa tips yang perlu kamu pahami, yaitu:

  • Pahami minat dan hobi kamu
  • Tentukan target pasarmu
  • Identifikasi kebutuhan target pasar
  • Riset kompetisi
  • Lakukan test market, apakah berpotensi mengalami perkembangan atau tidak

LANGKAH KEDUA: MENENTUKAN PLATFORM

Tentukan platform yang ingin kamu gunakan untuk memasarkan produk, seperti website/blog, media sosial (TikTok, Instagram, Twitter, dll)  Youtube, atau platform lainnya.

Kamu bisa mempromosikan produk yang ada di berbagai marketplace, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, hingga Blibli. Misalnya, kamu memilih Shopee, bagaimana cara jadi affiliate Shopee? cukup search di Google “Daftar affiliate marketing Shopee”. Nanntinya, akan muncul website untuk mendaftar, kemudian ikuti langkah-langkahnya.

LANGKAH KETIGA:  BUAT KONTEN YANG MENARIK

Jika kamu bertanya “Apa tugas seorang affiliate marketing?” Tugas affiliator adalah membuat konten yang menarik, agar audiens dapat membeli produk yang kamu pasarkan. 

Dengan membuat konten yang menarik, kamu dapat menjangkau lebih banyak audiens sehingga kesempatan untuk membeli produk yang kamu pasarkan lebih banyak pula.

Konten yang dibuat, menyesuaikan platform yang kamu pilih. Jika kamu menggunakan TikTok, kamu bisa membuat konten video, berupa tutorial, tips n tricks, hingga review produk. 

LANGKAH KEEMPAT: BAGIKAN LINK PRODUK

Setelah membuat konten, kini saatnya kamu bagikan link produk di platform yang kamu pilih. Nantinya, link tersebut akan mengarah ke marketplace tertentu.

Misalnya, kamu membuat konten video di TikTok berupa OOTD pakaian, dalam caption tersebut, kamu bisa menuliskan copy yang mengarah ke marketplace, contoh: “spill produk klik link nomor 105 di bio profil aku”

Selain di caption, kamu bisa membagikan link produk melalui kolom komentar. Biasanya, jika banyak yang tertarik dengan kontenmu, banyak audiens yang berkomentar. Misal: “kak, spill bajunya beli dimana” lalu kamu bisa membalas seperti “klik link nomor 105 di bio aku ya”. Nantinya, link tersebut akan mengarah ke marketplace yang kamu pilih.

Tips:

Untuk platform TikTok/Instagram, sebaiknya buatlah linktree atau website yang dipersonalisasi untuk menampung semua link yang kamu bagikan agar audiens mudah menemukan link tersebut.

Baca juga: Side Hustle: Kejar Passion untuk Dapat Penghasilan Tambahan

TIPS MENJADI AFFILIATE MARKETING SUKSES

Untuk menjadi affiliator yang sukses dan mendapatkan cuan yang banyak. Ikutilah tips berikut ini.

  • Hasilkan konten yang berkualitas dan menarik agar audiens akan tertarik dengan produk yang kamu promosikan.
  • Lakukan riset dan identifikasi kebutuhan audiens yang paling banyak diminati atau sedang tren.
  • Memahami produk secara mendalam agar dapat memberikan solusi yang tepat untuk audiens.
  • Lakukan ikatan yang kuat dengan audiens, misalnya dengan menjawab komentar atau membuat konten video dari komentar audiens.
  • Lakukan monitor perkembangan affiliate yang dilakukan untuk meninjau sejauh mana keberhasilan promosi yang dilakukan. Ketahui konten mana yang paling banyak diminati untuk dijadikan inspirasi konten berikutnya.

Apakah kamu tertarik menjadi seorang affiliator? Semoga dengan informasi cara jadi affiliate marketing beserta tipsnya di atas dapat membantu kamu menjadi affiliator yang sukses. Semoga membantu ya!

Mau tahu lebih banyak informasi seputar affiliate marketing? Yuk, join komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasai

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond