gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

20 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri yang Bisa Digunakan saat Interview Kerja

Written by Adila Putri Anisya

Saat interview kerja, rekruter seringkali menanyakan “apa kelebihan dan kekurangan diri kamu?”. Pertanyaan ini memang terdengar basic, tetapi jawabanmu bisa mempengaruhi diterima/tidaknya kamu di perusahaan tersebut. Bagi kamu yang bingung mau jawab apa dan bagaimana, sebaiknya ketahui beberapa contoh kelebihan dan kekurangan diri yang bisa kamu gunakan saat interview.

Baca juga: Ada 3 Tahap Interview Kerja, Ini Caranya Agar Kamu Bisa Lolos Seleksi!

CONTOH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIRI UNTUK JAWABAN INTERVIEW KERJA

Dalam menjawab kelebihan dan kekurangan diri, pastikan kamu menjawabnya dengan jujur, namun tidak memberikan efek yang buruk atau tidak sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Simak contoh kelebihan dan kekurangan diri saat interview berikut.

10 CONTOH KELEBIHAN DIRI SAAT INTERVIEW

Jika ditanya apa kelebihan Anda saat interview, berikut adalah beberapa contoh kelebihan diri saat interview yang bisa kamu jawab:

MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK

Beritahu rekruter bahwa kamu memiliki manajemen waktu yang baik, sehingga bisa mengerjakan pekerjaan dengan efisien.

ETOS KERJA YANG KUAT

Jelaskan bahwa kamu memiliki etos kerja yang kuat, sehingga selalu bertanggung jawab dan memotivasi diri sendiri untuk selalu meningkatkan keterampilan.

KREATIVITAS

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam dunia kreatif. Jelaskan bahwa kamu mampu berpikir "out of the box" dan menemukan pendekatan segar untuk tugas-tugas rutin.

KERJA SAMA TIM

Kolaborasi adalah kunci keberhasilan. Berikan penjelasan bahwa kamu selalu menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran ide dan umpan balik.

KEDISIPLINAN

Kedisiplinan dapat membantu ketenangan dan berkinerja tinggi. Pastikan kamu menjelaskan selalu berkomitmen untuk menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu.

KEMAMPUAN MEMIMPIN

Jelaskan bahwa kamu memiliki pengalaman memimpin suatu kelompok atau organisasi dan bagaimana anggota dan tujuan kamu berhasil dalam mencapai sesuatu.

MUDAH BERADAPTASI

Kemampuan beradaptasi dibutuhkan untuk membantumu untuk bekerja dengan berbagai jenis orang, sehingga bisa mencapai kebutuhan tujuan tim.

MEMILIKI INTEGRITAS YANG TINGGI

Ketika seseorang memiliki integritas yang tinggi, mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi budaya kerja. Dengan integritas, seseorang bisa mempertahankan reputasi baik.

MAMPU MEMECAHKAN MASALAH

Setiap pekerjaan pasti akan ada masalah. Seseorang yang senang menghadapi tantangan dan mencari solusi akan memberikan hasil yang baik terhadap pekerjaan mereka.

KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG BAIK

Komunikasi yang baik merupakan aspek kunci dalam menciptakan pemahaman dan kerjasama di lingkungan kerja. Dengan begitu, dapat membangun hubungan positif terhadap rekan kerja.

10 CONTOH KEKURANGAN DIRI SAAT INTERVIEW

Jika ditanya apa kekurangan Anda saat interview? Berikut ini adalah beberapa contoh kekurangan diri saat interview yang bisa kamu jawab:

KURANG PENGALAMAN

Untuk fresh graduate, kekurangan pengalaman sangat wajar. Jelaskan bagaimana kamu akan mengambil inisiatif untuk memperluas keterampilan tersebut.

KURANG MENGUASAI BAHASA ASING

Pastikan perusahaan tersebut tidak masalah jika kamu tidak lancar dalam bahasa asing. Tapi, jika memang dibutuhkan, jelaskan kamu akan mengikuti pelatihan untuk memperbaiki kemampuan bahasamu.

MUDAH TERDISTRAKSI

Identifikasi strategi yang bisa membantumu agar tetap fokus dan produktif, misalnya dengan menggunakan headphone atau cari tempat yang sepi ketika perlu fokus.

SULIT BERKATA “TIDAK”

Beritahu jika kamu memiliki naluri untuk selalu membantu orang lain. Tapi, kamu bisa jelaskan untuk mulai mengembangkan keterampilan menilai prioritas dan mengelola waktu sesuai kapasitasmu.

KEMAMPUAN PRESENTASI YANG KURANG

Jika kamu merasa kurang dalam presentasi, kamu bisa mengambil beberapa langkah seperti mencari peluang untuk berlatih presentasi baik di dalam maupun diluar kantor. 

KURANG PERCAYA DIRI

Meski kurang percaya diri, kamu bisa jelaskan bahwa hal ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk terus bertumbuh dan belajar agar dapat mengatasi kekurangan menjadi lebih percaya diri di setiap aspek pekerjaan.

SULIT PERCAYA PADA ORANG LAIN

Saat kekurangan dirimu sulit percaya pada orang lain, maka jelaskan usahamu untuk membuka diri dengan berusaha memahami orang-orang disekitarmu, baik melalui komunikasi atau interaksi diluar pekerjaan.

BELUM MENGUASAI KETERAMPILAN TERTENTU

Jika ada jobdesk yang belum familiar, jelaskan bahwa kamu belum menguasai keterampilan tersebut. Tapi, berusahalah untuk mempelajari atau melakukan pelatihan selama bekerja.

TERLALU PERFEKSIONIS

Contoh kekurangan diri "terlalu perfeksionis" terkadang membuat stres. Kamu bisa mengatasinya dengan belajar mengenai kapan kamu harus merestui hasil yang baik daripada sempurna.

SULIT MENGAMBIL KEPUTUSAN

Sadari konteks keputusan agar dapat menentukan pendekatan yang sesuai. Jelaskan cara kamu mencari dukungan dan umpan balik dari rekan kerja saat dihadapkan pada keputusan yang sulit.

Itu dia beberapa contoh kelebihan dan kekurangan diri saat interview yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk tidak berlebihan saat mengatakan kelebihan diri, dan berikan solusi yang tepat saat kamu menjelaskan kekurangan diri. Good luck ya!

Mau tahu informasi lebih banyak seputar interview kerja? Yuk, gabung Girls Beyond Circle!


Baca juga: Tips Persiapan Interview Kerja yang Bisa Bikin Kerja Berhasil!

Sumber foto: Pexels