gagal menampilkan data

Article

Gak Perlu Obat, Ini 5+ Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh, Wajib Dicoba!

Written by Adila Putri Anisya

Insomnia merupakan gangguan tidur yang dialami banyak orang, terutama anak-anak muda. Tentu, hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur kita yang berdampak pada kehidupan sehari-hari, termasuk bekerja dan bersekolah. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi insomnia?

Sebagian orang mungkin mengatasi insomnia dengan obat-obatan, padahal obat bisa memberikan efek samping yang signifikan. Ketika kamu terus mengonsumsinya, maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Agar tidak terkena efek samping obat insomnia, berikut adalah beberapa tips mengatasi insomnia secara alami yang bisa dilakukan!

Baca juga: Sering Kelelahan saat Bangun Tidur? Simak 5 Tips Menjaga Pola Tidur yang Baik Ini Yuk!

CARA MENGATASI INSOMNIA SECARA ALAMI

Jika tidak diatasi, insomnia dapat memberikan berbagai risiko pada kesehatan mental, seperti  depresi, kebingungan, mudah gelisah hingga frustasi. Maka dari itu, penting untuk mengatasi insomnia untuk kehidupan yang sejahtera. 

Berikut adalah cara mengatasinya secara alami:

OLAHRAGA SORE HARI

Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Jika kamu memiliki insomnia, disarankan untuk berolahraga di sore hari. Hindari olahraga sebelum tidur, karena olahraga dapat membuatmu lebih terjaga dan berenergi. Jadi, cobalah untuk olahraga setidaknya 2 jam sebelum tidur.

KONSUMSI TEH CHAMOMILE

Teh chamomile adalah salah satu cara mengatasi susah tidur malam. Pasalnya, chamomile memiliki senyawa apigenin yang memiliki fungsi seperti benzodiazepine yang mampu merangsang rasa kantuk dan tubuh rileks. Agar efektif, minumlah teh chamomile satu jam sebelum tidur selama dua minggu berturut-turut.

PASTIKAN TEMPAT TIDUR BEBAS DARI GADGET

Cara mengatasi insomnia pada remaja adalah menghindari gadget. Banyak dari kita yang menunda tidur karena terlalu asyik dengan gadget, entah scroll social media, streaming film, atau bermain game. Pastikan hanya menggunakan kasur hanya untuk tidur, bukan aktivitas lain.

GUNAKAN AROMATERAPI LAVENDER

Kamu bisa gunakan minyak esensial lavender sebagai aromaterapi menjelang tidur. Beberapa penelitian menunjukan bahwa aroma lavender tesebut dapat meningkatkan hormon melatonin yang dapat mengatur siklus tidur dan memicu rasa kantuk. 

MEMENUHI NUTRISI TUBUH DENGAN BAIK

Salah satu kebutuhan nutrisi tubuh agar mudah tidur adalah magnesium. Kadar magnesium yang rendah dapat membuat kamu kesulitan tidur. Beberapa makanan magnesium antara lain biji-bijian, sayuran hijau gelap, dan kacang-kacangan. 

Selain itu, hindarilah konsumsi makanan atau minuman berkafein dan alkohol setelah makan malam.

MINUM SUSU SEBELUM TIDUR

Mengonsumsi susu hangat sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur lebih baik. Susu dikaitkan dengan hormon triptofan yang dapat meningkatkan serotonin, neurotransmitter yang dikenal untuk “kesejahteraan”. Mengonsumsi susu (setidaknya tiga kali per minggu) dapat menghilangkan gangguan tidur.

BUAT KAMAR TERASA NYAMAN

Rasa gelisah dan tidak nyaman bisa menyebabkan seseorang insomnia. Cara mengatasi susah tidur dan gelisah ini bisa diatasi dengan membuat kamar terasa nyaman, misal dengan memilih bantal yang enak, mengatur suhu ruangan 18-22 derajat celcius, mengatur pencahayaan, atau menggunakan penutup telinga.

Baca juga:  7 Olahraga Anti Ribet Buat Kamu yang Mager

BAGAIMANA JIKA CARA DIATAS TIDAK MEMBERIKAN HASIL?

Apabila upaya mengatasi insomnia secara alami tidak memberikan hasil yang diinginkan, langkah selanjutnya yang disarankan adalah mencari tahu penyebab insomnia tersebut. Mengidentifikasi penyebab dapat membantumu mengambil tindakan yang lebih tepat dan efektif. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

  • Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk membantu menilai kondisi kesehatan secara keseluruhan dan memberikan panduan lebih lanjut.
  • Periksa faktor kesehatan fisik, beberapa kondisi seperti gangguan pernapasan atau gangguan hormonal dapat menyebabkan insomnia.
  • Perhatikan faktor psikologi, sperti stres, kecemasan, atau depresi. Terapi kognitif untuk insomnia atau konseling mungkin diperlukan.
  • Periksa gaya hidup kamu termasuk pola makan, aktivitas fisik, dan kebiasaan tidur.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan. Namun, setiap individu mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda. Beberapa orang yang insomnia akut mungkin harus menemukan bantuan profesional untuk dapat ditindak lebih lanjut. 

Semoga informasi ini membantu!

Diskusi bareng seputar gangguan tidur dan insomnia dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 7 Jenis Terapi Psikologis dan Rekomendasi Tempatnya di Jabodetabek

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond