gagal menampilkan data

Article

20 Istilah Dalam Dunia Kuliah yang Penting Dipahami Mahasiswa Baru!

Written by Adila Putri Anisya

Ada banyak istilah dalam dunia kuliah yang mungkin nggak familiar di telinga kamu, seperti SKS, KRS, KTM, dan lain-lain. 

Untuk kamu yang baru memasuki dunia kuliah, penting banget tahu istilah-istilah tersebut agar tidak bingung ketika ada yang berbicara atau menjelaskan.

Agar nggak kudet, yuk langsung saja simak beragam istilah dalam dunia perkuliahan!

Baca juga: 5 Tools AI untuk Mahasiswa yang Sangat Berguna dalam Perkuliahan, Ada yang Belum Kamu Tahu!

BERBAGAI ISTILAH DALAM DUNIA KULIAH

Istilah di dunia perkuliahan rata-rata menggunakan singkatan yang lebih memudahkan kita untuk berbicara. Lalu, apa saja istilah di kampus? Berikut adalah penjelasannya:

SKS

Apa itu SKS dalam kuliah? SKS atau “Satuan Kredit Semester” adalah pengukuran beban studi dalam satu semester. SKS umumnya terdiri dari satu jam mata kuliah per minggu. Semakin banyak SKS yang diambil, semakin besar pula beban studinya.

KRS 

Apa itu KRS? adalah kepanjangan dari “Kartu Rencana Studi” adalah dokumen yang diisi oleh mahasiswa untuk merencanakan mata kuliah yang diambil dalam satu semester. Biasanya diisi sebelum awal semester.

KTM 

KTM adalah “Kartu Tanda Mahasiswa”, seperti namanya, kartu ini adalah identitas yang menandakan bahwa kamu seorang mahasiswa di kampus tersebut. Biasanya digunakan untuk beberapa kebutuhan, salah satunya meminjam buku di perpustakaan.

NIM

Jika kamu diterima di suatu institusi pendidikan, kamu akan mendapatkan NIM atau “Nomor Induk Mahasiswa”, Ini merupakan nomor identitas mahasiswa yang digunakan untuk absensi selama perkuliahan.

IP & IPK

IP adalah “Indeks Prestasi” dan IPK adalah “Indeks Prestasi Kumulatif”. Keduanya merupakan nilai akhir. 

Namun IP dan IPK berbeda, IP adalah nilai akhir semester, sementara IPK adalah rata-rata IP mahasiswa tiap semester. Nilai IP dan IPK ini mulai dari 0 hingga 4.00.

DEKAN

Dekan ialah yang memimpin suatu fakultas. Mereka adalah pemimpin administratif dan akademik tertinggi di fakultasnya.

REKTOR

Jika dekan memimpin suatu fakultas, jabatan Rektor lebih tinggi lagi, ia merupakan pemimpin perguruan tinggi di suatu kampus. Mereka juga dianggap sebagai pembantu Menteri Pendidikan.

KAPRODI

Kaprodi atau Ketua Program Studi, disebut juga Kajur atau Ketua Jurusan. Mereka adalah orang yang memimpin sebuah jurusan atau program studi yang ada di kampusnya.

FAKULTAS

Fakultas adalah istilah dalam dunia kuliah yang mengacu pada “divisi” yang ada pada suatu kampus. Fakultas terdiri dari berbagai jurusan. Misalnya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ini terdiri dari jurusan ilmu komunikasi, jurusan sosiologi, jurusan ilmu hubungan internasional, dan lain-lain.

DOSPEM

Dospem adalah singkatan dari “Dosen Pembimbing” yakni dosen yang membimbing mahasiswanya dalam mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Mereka memainkan peran penting dalam keberhasilan sidang skripsimu.

ASDOS 

Asdos adalah singkatan dari “Asisten Dosen” mereka adalah orang yang membantu kegiatan dosen dalam perkuliahan. Asisten dosen biasanya merupakan lulusan mahasiswa dari kampus tersebut.

KATING

Kating ini merupakan singkatan dari “Kakak Tingkat”. Ini sama saja seperti kakak kelas di kampusmu. Mereka lebih senior satu atau dua tingkat di atas kamu. Untuk memudahkan memanggil mereka, sebut saja “kating”.

KKN 

KKN merupakan “Kuliah Kerja Nyata” yakni kegiatan di luar kampus selama periode tertentu, di mana mahasiswa mengabdi kepada masyarakat di suatu “desa” untuk mengerjakan sebuah proyek tertentu. Hanya beberapa kampus yang menerapkan KKN untuk salah satu kewajiban lulus.

PKL

PKL atau “Praktik Kerja Lapangan”, mirip dengan KKN, hanya saja PKL ini disebut “magang” dan bekerja di suatu perusahaan untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam dunia profesional. Tak semua kampus menerapkan sistem PKL.

BEM

BEM selayaknya OSIS di SMP dan SMA. BEM atau “Badan Eksekutif Mahasiswa” adalah mereka yang bekerjasama dengan universitas untuk mengadakan program atau kegiatan yang berkaitan dengan mahasiswa. Misalnya, kegiatan penerimaan siswa baru.

HIMA

Hima adalah “Himpunan Mahasiswa” yang merupakan organisasi kemahasiswaan. Mereka mengambil peran sebagai lembaga eksekutif pada tingkat program studi tertentu, dan yang akan melaksanakan kegiatan sesuai prodi masing-masing.

MATRIKULASI

Matrikulasi adalah program penyetaraan ilmu atau disebut juga pengenalan kampus yang didapatkan oleh mahasiswa yang sudah lulus registrasi. Misalnya, di Program Vokasi IPB, ada yang namanya matrikulasi khusus mahasiswa jalur USMI. Mereka kuliah lebih dulu dibandingkan jalur ujian tulis.

TA

Sama seperti skripsi, TA atau “Tugas Akhir” adalah laporan yang harus dikerjakan oleh mahasiswa yang ingin lulus. Biasanya TA hanya untuk lulusan program diploma. Mereka harus menyusun TA sesuai dengan kegiatan PKL atau penelitian.

SEMPRO

Apa itu sempro? Sempro adalah singkatan dari “Seminar Proposal”, di mana mahasiswa melakukan presentasi rencana penelitian. Ini biasanya dilakukan sebelum sidang skripsi.

YUDISIUM

Yudisium adalah pengumuman nilai untuk menentukan apakah mahasiswa memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar atau ijazah dari institusi pendidikan tersebut. Biasanya, ini dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan persyaratan kelulusan.

Memahami istilah-istilah di perkuliahan merupakan salah satu hal yang wajib dipahami oleh mahasiswa baru. Dengan memahami istilah-istilah ini, kamu dapat berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan perkuliahan, 

Berbagi informasi seputar istilah dalam dunia kuliah lainnya bersama teman-teman di Girls Beyond Circle!

Baca juga: Homesick saat Kuliah karena Merantau? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond