gagal menampilkan data

Article

Cinta Laura Bagikan Pesan untuk Gen Z di Go Get It! 2023

Written by Adila Putri Anisya

JAKARTA, 15 Desember 2023 – Dalam sebuah pidato yang memukau di acara Go Get It! 2023 “The Most Insightful Gen Z Career Conference,” artis ternama Tanah Air, Cinta Laura, tampil sebagai keynote speakers, membagikan perjalanan pribadinya, tantangan, hingga insight kepada audiens yang hadir.

Cinta Laura, yang dikenal di dunia hiburan, mengungkap sisi dirinya yang jarang terlihat oleh publik, sebuah kerentanannya yang bersumber dari ketakutan akan kegagalan dan pengalaman merasakan kecemasan. 

Meskipun menghadapi tantangan tersebut, ia menekankan pentingnya pemberdayaan diri dan mendorong peserta untuk melihat diri mereka secara positif.

“Hambatan terbesar kita seringkali adalah diri kita sendiri. Fasilitas dan teknologi di luar sana akan sulit dimanfaatkan jika kita sendiri belum tahu bagaimana memandang diri kita dengan positif, mencintai diri kita, dan menghargai diri kita sendiri,” ungkap Cinta Laura dalam pidatonya.

Pidato tersebut difokuskan untuk membantu peserta membangun pola pikir yang tangguh dan memperkuat karakter yang dimiliki setiap individu. Cinta Laura dengan penuh semangat berbagi wawasan tentang mengatasi hambatan pribadi dan menekankan pentingnya cinta pada diri sendiri serta penghargaan terhadap diri sendiri.

PASSION DAN PURPOSE ADALAH DUA HAL YANG BERBEDA, NAMUN SERING DISAMAKAN

Cinta Laura juga membahas perbedaan antara passion dan purpose, menjelaskan perbedaan halus namun krusial di antara keduanya.Passion adalah perasaan yang memotivasi kita mengejar apa yang kita inginkan,” jelasnya. “Namun, purpose adalah pilihan yang berakar dari niat, untuk memberikan makna pada setiap hal yang kita lakukan dalam hidup, sebosan apa pun itu.”

Ia menegaskan pentingnya purpose, menggambarkannya sebagai dasar logis yang mendorong individu untuk mengubah pola pikir mereka dan membuat komitmen yang penting untuk memahami bahwa tindakan yang diambil akan membawa mereka menuju perkembangan pribadi.

“KEBAHAGIAAN DARI DIRI SENDIRI, BUKAN DICARI”

Menurut Cinta, kebahagiaan sejati bukanlah sesuatu yang dicari, melainkan sesuatu yang perlu dibangun dari dalam diri.

“Dalam pencarian kebahagiaan, seharusnya kita sadar bahwa kebahagiaan itu bukanlah sesuatu yang dapat dicari, melainkan sesuatu yang perlu dibuat dari diri kita sendiri,” ungkap Cinta Laura.

Di era generasi baper seperti sekarang, terutama ketika pekerjaan Gen Z tidak mendapat validasi, motivasi pun dapat merosot dan rasa ingin menyerah muncul. Cinta berpendapat bahwa pengalaman sulit dan kurangnya pengakuan bisa menjadi makna yang mendalam, sebuah pondasi untuk menciptakan kebahagiaan sejati.

Lantas, bagaimana cara agar generasi ini tetap bahagia? Cinta menegaskan bahwa meskipun sebagai atasan, dirinya tidak selalu memberikan semangat langsung kepada mereka. Namun, Cinta memastikan bahwa generasi ini dilatih untuk bersyukur. 

Dengan cara ini, di mana pun nantinya mereka bekerja di masa depan, mereka memiliki potensi menjadi staf yang luar biasa karena telah dipersenjatai dengan keterampilan yang sangat kritis.

“Melalui ajaran saya sebagai bos, saya ingin mereka memahami bahwa rasa syukur adalah kunci. Kunci untuk menjadi staf terbaik di masa depan, karena mereka telah dibekali dengan keterampilan yang kritis, sehingga cara mereka bekerja tidak pernah lalai,” tambah Cinta.

JANGAN “BUTA” TERHADAP MEDIA SOSIAL

Dalam sebuah pernyataan yang kuat, Cinta Laura menggarisbawahi pentingnya tidak menjadi “buta” terhadap media sosial atau menutup diri terhadap kehidupan teman-teman di platform tersebut. Menurutnya, belajar dari perjalanan dan kesuksesan orang lain dapat menjadi langkah awal menuju otentisitas diri.

“Penting bagi kita untuk tidak ‘buta’ terhadap media sosial atau bahkan menutup diri terhadap kehidupan teman-teman kita di sana. Pelajari perjalanan orang lain, pelajari kesuksesan mereka, dan cari cara bagaimana kamu bisa melakukan hal-hal itu untuk menjadi diri sendiri yang otentik,” tegas Cinta Laura.

Prinsip ini bukan hanya sebuah pandangan, tetapi juga sesuatu yang diterapkan oleh Cinta Laura pada dirinya sendiri. 

Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 2019, ia melihat banyak teman yang aktif membuat podcast, YouTube, dan karya-karya lainnya. Inspirasi tersebut kemudian mendorongnya untuk menciptakan podcast-nya sendiri, fokus pada pemberdayaan wanita, kesetaraan gender, pencegahan, dan topik-topik penting lainnya.

“NETWORKING IS IMPORTANT”

Cinta Laura membagikan kiat dan pandangannya mengenai bagaimana kita dapat merealisasikan potensi kita dalam pekerjaan yang dimau, yakni dengan fokus pada aspek networking

“Pertama, meet new people and network. Ketika saya melihat teman-teman artis seperti Raffi Ahmad, Vidi Aldiano, saya berpikir untuk menjadi seperti mereka yang sangat mudah bergaul. Networking adalah kunci untuk membuka pintu-pintu peluang,” ungkap Cinta Laura.

Menyimak pengalaman pribadinya, Cinta menekankan pertanyaan kritis, “Apakah kita ingin tetap stuck di zona nyaman? Atau keluar dari sana?”

Bagi Cinta, kekuatan untuk mencapai kesuksesan terletak pada diri sendiri, di mana kita memiliki pilihan untuk tetap stagnan atau bergerak maju. Tentu, pilihan Cinta adalah untuk terus maju.

“Dulu saya mungkin lebih tertutup, sekarang saya merasa lebih nyaman bergaul dan bahkan menjadwalkan pertemuan. Meskipun tidak selalu nyaman, tapi hal itu perlu dilakukan. Terkadang kita harus menunjukkan kepedulian kita terhadap orang di sekitar kita,” tambahnya.

Cinta juga mengungkapkan bahwa keluar dari zona nyaman dan memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk menghadapi situasi yang tidak nyaman dapat membawa pembelajaran baru. 

“Secara tak sadar, ketika kita keluar dari zona nyaman dan memberikan kesempatan pada diri untuk menghadapi situasi yang tidak nyaman, kita bisa belajar hal-hal baru dan mendapatkan input berharga dari orang-orang yang mungkin tidak sefrekuensi. Intinya, networking is important,” papar Cinta.

Terima kasih telah menjadi bagian dari acara luar biasa kami, Girlies! Pidato luar biasa dari Cinta Laura kemarin, benar-benar memberikan inspirasi dan pemahaman baru. Apakah pikiranmu sudah mulai terbuka? Segera jadilah dirimu yang baru dengan semangat!

Tunggu kabar seru di hari kedua ya! Maudy Ayunda akan berbagi wawasan dan motivasi yang tak kalah menginspirasi di “The Most Insightful Gen Z Career Conference” day 2. See you!

Sumber foto: instagram/claurakiehl

Dapatkan berita terupdate lainnya seputar Go Get It! 2023 di Girls Beyond Circle!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond