gagal menampilkan data

Article

10 Tradisi Unik Tahun Baru di Berbagai Negara, Chili Paling Seram!

Written by Adila Putri Anisya

Dalam menyambut pergantian tahun, berbagai negara di seluruh dunia memiliki tradisi unik tahun baru yang mencerminkan keberagaman budaya dan kepercayaan masyarakat mereka. 

Tradisi ini tak hanya memperkaya perayaan tahun baru, tetapi juga memberikan pandangan menarik tentang bagaimana setiap komunitas merayakan awal tahun dengan cara yang khas. 

Mulai dari pesta kembang api yang megah hingga ritual spiritual yang bermakna, tradisi-tradisi ini menjadi bagian tak terpisahkan setiap tahunnya di negara-negara mereka.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 tradisi tahun baru di berbagai negara!

Baca juga: 10 Tempat Tahun Baru 2024 di Jakarta dan Sekitarnya, Ada Pesta Kembang Api!

10 TRADISI UNIK TAHUN BARU YANG ADA DI BERBAGAI NEGARA

Tahun baru di Indonesia seringkali diidentikkan dengan pesta kembang api, kumpul bersama keluarga/teman, atau bahkan hanya menghabiskan malam dengan tidur di rumah. 

Namun, sejauh kita mengenal tradisi lokal, beberapa negara ternyata melakukan penyambutan tahun baru yang unik dan patut diperhatikan. Di mancanegara, perayaan ini bisa jauh lebih dari sekadar kembang api dan saling mengucapkan selamat tahun baru. 

Apa sajakah tradisi unik tersebut?

BRAZIL – REVEILLON

tradisi unik tahun baru Brazil Reveillon
Sumber foto: Rio de Janeiro

Di negara Brasil, tahun baru tak hanya menjadi momen biasa, melainkan sebuah perayaan spektakuler yang disebut Reveillon! Masyarakat akan mengenakan serba putih, yang diyakini akan membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang. 

Tak hanya itu, pantai-pantai pun dipenuhi oleh orang-orang yang memanjat bukit, untuk melemparkan bunga ke laut sebagai penghormatan kepada dewi laut Yemanja dan mengajukan permohonan.

SPANYOL – 12 UVAS DE LA SUERTE 

tradisi unik tahun baru Spanyol Uvas de La Suerte
Sumber foto: Pexels

12 Uvas de la Suerte, artinya adalah memakan anggur sebanyak 12 buah ketika lonceng gereja berdentang di tengah malam. 

Mereka akan memakan anggur dengan cepat, setiap kali lonceng berbunyi untuk membawa keberuntungan selama 12 bulan ke depan.

SKOTLANDIA – HOGMANAY

tradisi unik tahun baru Skotlandia Hogmanay
Sumber foto: Pexels

Skotlandia memiliki tradisi unik tahun baru yang dikenal sebagai “Hogmanay”. Ini adalah perayaan yang besar dengan banyak kegiatan seperti pesta jalanan, konser musik, dan tarian. 

Tradisi unik di Skotlandia adalah “First-Footing”, di mana orang yang pertama memasuki rumah setelah pergantian tahun membawa hadiah seperti roti, garam, dan whisky untuk membawa keberuntungan.

JEPANG – HATSUMODE

tradisi unik tahun baru Jepang Hatsumode
Sumber foto: Pexels

Tradisi unik sambut tahun baru di negara Jepang adalah dengan mengunjungi kuil atau kuil keluarga mereka dalam tradisi yang disebut Hatsumode. 

Disana, mereka berdoa untuk keberuntungan baru dan membeli omamori, amulet keberuntungan, untuk tahun yang akan datang. Jepang juga terkenal dengan tontonan kembang api yang indah saat pergantian tahun.

THAILAND – FESTIVAL SONGKRAN

tradisi unik tahun baru Thailand Festival Songkran
Sumber Detikcom

Negara Thailand akan menyambut tahun baru dengan festival Songkran, yakni perayaan di mana orang-orang akan menyemprotkan air kepada orang lain yang ditemuinya. 

Tradisi tahun baru ini biasanya hanya diadakan pada bulan April saja, bukan tahun baru pergantian tahun. 

JERMAN – BLEIGIEBEN

Beberapa masyarakat Jerman melakukan permain “Bleigießen” yakni menuangkan timah.  Orang-orang melelehkan potongan-potongan timah di atas kompor dan kemudian menuangkannya ke dalam mangkuk air dingin. 

Bentuk timah yang terbentuk saat mendingin dianggap sebagai petunjuk untuk tahun yang akan datang. Misalnya, bentuk hati dapat berarti cinta, dan bentuk uang dapat berarti keberuntungan finansial.  

YUNANI – MENGGANTUNG BAWANG DI PINTU

tradisi unik tahun baru Yunani menggantung bawang di pintu
Sumber foto: Pexels

Menggantung bawang di pintu pada malam tahun baru di Yunani, memiliki makna simbolis keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran. 

Tradisi unik tahun baru ini diyakini dapat membersihkan rumah dari energi negatif dan membawa berkah untuk tahun yang akan datang. Bawang yang digantung pun bukan bawang biasa, melainkan bawang laut yang bisa tumbuh kembali dengan mengeluarkan tunas dan daun baru.

MEKSIKO – ROSCA DE REYES

tradisi unik tahun baru Meksiko Rosca de Reyes
Sumber foto: Benito

“Rosca de Reyes” atau “Roti Raja” Meksiko merupakan tradisi membuat makanan tradisional yang berlangsung 12 hari setelah Natal, yakni hingga tahun baru. 

Roti Raja ini adalah roti manis bundar dengan potongan kismis dan kacang. Di dalam roti, ada sejumlah kecil boneka yang mewakili bayi Yesus. 

Orang yang menemukan boneka dalam potongannya dianggap beruntung dan bertanggung jawab untuk mengadakan pesta kecil pada bulan Februari.

DENMARK – MELEMPAR PIRING

tradisi unik tahun baru Denmark melempar piring
Sumber foto: Pexels

Tradisi malam tahun baru melempar piring, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari cara orang Denmark merayakan pergantian tahun. Mereka melakukan ini dengan keyakinan bahwa semakin banyak piring yang pecah, semakin banyak pula teman yang dimiliki.

Piring yang digunakan, adalah piring yang tidak terpakai dan hanya dilakukan di depan pintu rumah temannya.

Tradisi unik tahun baru di berbagai negara, menunjukkan betapa beragamnya budaya dan kepercayaan di seluruh dunia. Dari makan anggur di Spanyol hingga melempar piring di Denmark, setiap negara memiliki cara unik menyambut pergantian tahun. 

CHILI –  MENGINAP DI PEMAKAMAN 

tradisi unik tahun baru Chili menginap di pemakaman
Sumber foto: Pexels

Di tengah riuhnya perayaan tahun baru di seluruh dunia, Chili memiliki tradisi yang benar-benar unik dan menarik perhatian. Beberapa orang di Chili memilih untuk menyambut pergantian tahun dengan cara yang tidak biasa: menginap di pemakaman. 

Tradisi menginap di pemakaman pada malam tahun baru di Chili memiliki akar dalam penghormatan terhadap keluarga mereka yang telah meninggal. Pemerintah pun melegalkan tradisi ini.

Menurutmu, tradisi mana yang paling seru?

Baca juga: Rayakan Malam Tahun Baru Bersama 5 Rekomendasi Series Seru di Bawah Ini

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond