gagal menampilkan data

Article

Bocoran Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA dan S1, Cek Selengkapnya!

Written by Adila Putri Anisya

Formasi CPNS 2024 akan dibuka sebanyak 1,3 juta. Informasi ini diumumkan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja mengatakan, bahwa formasi tersebut untuk instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Berdasarkan jumlah formasi tersebut, penetapan formasi terdiri dari tiga perhitungan, yang pertama adalah sisa formasi 2023, kedua jumlah ASN yang pensiun 2024, dan yang ketiga adalah jumlah kebutuhan riil di lapangan.

Baca juga: CPNS 2024 Kapan Dibuka? Cek Jadwal dan Info Pentingnya di Sini!

BOCORAN FORMASI CPNS 2024 YANG AKAN DIBUKA

Belum ada informasi secara resmi tentang formasi CPNS yang akan dibuka pada tahun 2024. 

Namun, Kementerian PANRB mengumumkan mengenai bocoran aparatur sipil negara (ASN), termasuk PNS dan PPPK untuk rencana tahun depan.

Menurut PANRB, pemerintah masih akan berfokus pada penyelesaian persoalan non-ASN yang sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN tahun depan. Tapi, tak menutup kemungkinan untuk merekrut calon ASN baru.

Dilansir dari KompasTV, Menteri PANRB, Abdullah Azwar menjelaskan bahwa mereka masih mengkaji tentang perlunya fresh graduate sebagai talenta baru ASN.

"Kami tadi melaporkan, perlunya fresh graduate lebih besar, tapi belum diputuskan, masih dikaji minggu ini untuk didalami. Kami minta didalami beberapa yang diperlukan mulai dari dokter, guru, hingga talenta-talenta digital yang akan direkrut," ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi, Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Syarat dan Berkas CPNS 2023 yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Daftar, Cek Di Sini!

FORMASI YANG PALING BANYAK DIBUKA TAHUN 2024

Melanjut dari pembahasan sebelumnya, Anas mengatakan bahwa arah kebijakan pemenuhan ASN 2024 lebih mengarah kepada pelayanan dasar, seperti guru dan tenaga kesehatan.

Dari pemenuhan ASN tersebut, artinya proyeksi kebutuhan ASN diperuntukan bagi Instansi Pusat, Instansi Daerah, dan Lulusan Sekolah Kedinasan.

"Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) merupakan salah satu fokus pengadaan di tahun 2024. Pemerintah akan memberi afirmasi kepada guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodir menjadi PPPK," tutur Anas.

Baca juga: CPNS 2023 Segera Dibuka! Ketahui Jadwal, Formasi dan Syaratnya

FORMASI CPNS 2024 KHUSUS LULUSAN SMA/SMK

Bagi lulusan SMA/SMK yang ingin mendaftar ASN tahun 2024, sebaiknya ketahui apa saja formasi CPNS 2024 lulusan SMA maupun formasi CPNS 2024 lulusan SMK yang kemungkinan dibuka tahun depan.

Berdasarkan dari tahun sebelumnya, berikut ini adalah instansi yang kerap membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA/sederajat.

BASARNAS

Basarnas merupakan instansi yang rutin membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA. Mereka menawarkan peluang karier di posisi petugas lapangan, yang memainkan peran kunci sebagai garda depan dalam penanganan bencana. 

Bagi yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Basarnas, persiapkan diri mulai sekarang dengan membangun fisik yang kuat serta melewati serangkaian ujian tertulisnya.

KEJAKSAAN AGUNG

Kejaksaan Agung (Kejagung) secara rutin membuka peluang bagi lulusan SMA dalam penerimaan CPNS, khususnya untuk posisi tenaga administrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan. 

Jika kamu berkeinginan membangun karier di Kejagung dengan jabatan ini, persiapkan diri Anda untuk penempatan di seluruh wilayah Indonesia

KEMENTERIAN PERTANIAN

Kementerian Pertanian memberikan kesempatan kepada lulusan SMA untuk mengikuti penerimaan CPNS. Berdasarkan pengalaman pembukaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, formasi yang umumnya dibutuhkan untuk lulusan SMA adalah sebagai petugas lapangan.

BADAN INTELIJEN NEGARA

Badan Intelijen Negara membuka peluang bagi lulusan SMA untuk bergabung sebagai CPNS, khususnya untuk mengisi posisi administrasi rekam medis dan informasi, serta pramu laboratorium."

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM

Kementerian Hukum dan HAM telah terkenal sebagai penyedia lowongan CPNS yang terbuka bagi lulusan SMA maupun SMK. 

Posisi yang banyak diminati di instansi ini adalah sebagai penjaga tahanan. Untuk berhasil lulus dalam seleksi CPNS Kemenkumham, calon pelamar harus memenuhi persyaratan ujian fisik dan kesehatan.

Baca juga: Tes CPNS 2023: Tips & Strategi Agar Lulus, Yuk Simak!

FORMASI CPNS 2024 KHUSUS UNTUK LULUSAN S1

Formasi CPNS 2024 S1 tentunya lebih banyak daripada untuk lulusan SMA/SMK. 

Peserta bisa cek formasi CPNS 2024 melalui SSCASN BKN atau website instansi yang membuka formasi CPNS lulusan S1.

CARA CEK FORMASI CPNS TAHUN 2024 LULUSAN S1 DI SSCASN BKN

  • Buka website https://sscasn.bkn.go.id
  • Klik 'Info Lowongan'
  • Buka 'Simulasi Pemilihan' dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih jenis Pengadaan: pilih CPNS
  • Pilih instansi tujuan
  • Pilih tingkat pendidikan (lulusan terakhir)
  • Pilih pendidikan (jurusan)
  • Setelah itu, klik tombol 'Cari'
  • Jika sudah, formasi yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing

CARA CEK FORMASI CPNS 2024 LULUSAN S1 MELALUI LINK INSTANSI

  • Kementerian Agama

Link: casn.kemenag.go.id

  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM)

Link: https://cpns.kemenkumham.go.id/

  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Link: https://casn.esdm.go.id/

  • Kementerian Dalam Negeri

Link: https://infocasn.kemendagri.go.id/

  • Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Link: rekrutmen.kpk.go.id

  • Mahkamah Agung

Link: rekrutmen.mahkamahagung.go.id  

  • Kejaksaan RI

Link: biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns

  • Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Link: casn.brin.go.id

  • Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Link: https://ppatk.go.id/

Kalau kamu calon pelamar ASN tahun 2024 yang ingin sukses menghadapi seleksi CPNS, yuk gabung komunitas Girls Beyond Circle, dapatkan informasi ter-update di sana!
Baca juga: Fantastis! Ini 5 Instansi Pemerintah Dengan Gaji Tertinggi [+Tunjangannya]

Sumber foto: Detikcom

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond