gagal menampilkan data

Article

7 Jalur Masuk Universitas Indonesia (UI), Calon Mahasiswa 2024 Wajib Tahu!

Written by Adila Putri Anisya

Apakah kamu salah satu calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Universitas Indonesia (UI)? Kalau ya, kamu wajib tahu tujuh jalur masuk Universitas Indonesia tahun 2024.

Selain melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia ini menawarkan berbagai jalur yang pastinya disesuaikan dengan ketentuannya masing-masing.

Nah, agar tidak ketinggalan mengenai masuk UI jalur apa saja, simak informasi selengkapnya berikut!

Baca juga: 20 Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia 2023, Ada Kampus Kamu?

JALUR MASUK UNIVERSITAS INDONESIA (UI) TAHUN 2024

Jalur masuk ke UI apa saja? Dilansir dari akun resmi @univ_indonesia, berikut adalah berbagai jalur masuk UI tahun ajaran 2024/2025 bagi lulusan SMA/sederajat.

SNBP 2024

Sama seperti jalur masuk perguruan tinggi negeri lainnya, UI membuka jalur masuk SNBP berdasarkan nilai rapor dan siswa eligible (siswa yang berhak mendaftar) di sekolahnya masing-masing.

Setiap sekolah memiliki kuota untuk siswa eligible berdasarkan akreditasi dan pemeringkatan siswa yang telah ditentukan pihak penyelenggara.

Siswa yang masuk dalam kuota dapat memiliki dua perguruan tinggi negeri (PTN) dan dua prodi, dengan syarat salah satu prodi pilihan berada di provinsi yang sama dengan sekolah siswa tersebut.

SNBT 2024

Jika kamu tidak masuk dalam kuota SNBP, kamu bisa mengikuti seleksi SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) yang memungkinkan siswanya dapat memilih maksimal empat prodi.

Siswa yang mengikuti SNBT dapat memilih dua prodi untuk jenjang sarjana dan dua prodi untuk jenjang vokasi (minimal satu prodi D3). Sementara itu, siswa yang mengikuti seleksi ini, diwajibkan membayar Rp200 ribu. 

PPKB SARJANA DAN VOKASI

Dikutip dari laman resmi Universitas Indonesia, PPKB UI merupakan jalur seleksi dengan mempertimbangkan nilai rapor dan indeksi sekolah. 

PPKB (Program Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar) di UI merupakan jalur terbatas karena hanya dapat diakses oleh sekolah yang mengajukan permohonan seleksi tersebut. 

Selain itu, calon mahasiswa yang mengikuti jalur PPKB UI harus membayar pendaftaran sekitar Rp850 ribu per siswa.

SIMAK UI

Universitas Indonesia jalur mandiri lainnya selain PPKB adalah SIMAK UI. Dilansir dari laman resminya SIMAK UI, dibuka untuk program vokasi (D3 dan D4), sarjana, sarjana kelas khusus internasional, S1 RPL dan vokasi RPL, profesi, spesialis, magister dan doktor.

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI, harus membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor terkait biaya pendidikan. 

Berdasarkan penerimaan 2023, biaya pendaftarannya berkisar Rp500 - Rp900 ribu (tergantung jumlah dan jenis prodi).

TALENT SCOUTING

Jalur masuk Universitas Indonesia selanjutnya adalah Talent Scouting, yakni jalur masuk yang hanya diperuntukan program sarjana kelas internasional (KKI) berdasarkan evaluasi nilai rapor serta prestasi akademik siswa.

Sama seperti PPKB UI, jalur seleksi ini hanya bisa diikuti oleh sekolah yang telah mengajukan permohonan. Sementara itu, untuk siswa yang mendaftarkan dikenakan biaya pendaftaran Rp1,6 juta.

SIMAK KELAS INTERNASIONAL 

Seperti namanya, jalur masuk UI ini, hanya diperuntukan oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar kelas internasional melalui ujian tulis. Namun, siswa hanya diperbolehkan memilih satu prodi kelas internasional UI.

Berdasarkan laman resmi, siswa yang mengikuti SIMAK KKI harus membayar sebesar Rp1,6 juta yang dibayarkan setelah meng-upload TOEFL/IELTS dan verifikasi. 

SELEKSI JALUR PRESTASI (SJP)

Bagi kamu yang memiliki prestasi di suatu kompetisi, maka bisa mendaftar melalui jalur seleksi jalur prestasi atau SJP. 

Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi atau memenangkan lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang IPTEKS, olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional.

Pastikan kejuaraan tersebut diperoleh saat di SMA atau maksimal 3 tahun terakhir saat mendaftar.

Itu dia berbagai jalur masuk Universitas Indonesia yang penting calon mahasiswa 2024 ketahui. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai proses seleksi masuk UI, silakan pantau media sosialnya kampus UI di @univ_indonesia. 

Semoga informasi ini membantu!

Mau diskusi bareng teman-teman calon mahasiswa 2024 tentang masuk universitas? Gabung komunitas Girls Beyond Circle, yuk. Join sekarang!

Baca juga: Informasi Lengkap Seputar PPKB UI: Seleksi Mandiri Jalur Nilai Rapor Universitas Indonesia

Sumber foto: Universitas Indonesia

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond