gagal menampilkan data

Article

7 Tren Gaya Hidup Sehat 2024 Ala Gen Z, Mulai Terapkan dari Sekarang Yuk!

Written by Adila Putri Anisya

Tren gaya hidup sehat harus mulai diterapkan oleh Gen Z sebagai resolusi tahun 2024. Tak hanya sebatas berolahraga, tetapi juga melibatkan kegiatan yang menyenangkan dan mengadopsi kebiasaan hidup positif.

Bagi kamu yang ingin hidup lebih sehat dan sejahtera, yuk terapkan beberapa tren hidup sehat berikut ini!

Baca juga: Prediksi 6 Tren Kecantikan 2024 ala Pinterest, Buat Penampilanmu Makin Ciamik!

TREN GAYA HIDUP SEHAT 2024

Memiliki gaya hidup sehat merupakan aspek penting dalam memastikan kesejahteraan dan kualitas hidup yang optimal. Pasalnya, gaya hidup sehat membantu memelihara kesehatan fisik dan mental. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tren hidup sehat yang bisa kamu praktikan tahun 2024!

WELLNESS DIGITAL

Tren gaya hidup sehat wellness digital
Sumber foto: Pexels

Wellness Digital seperti aplikasi pemantauan kesehatan yang dapat di-install melalui smartphone, menjadi tren kesehatan yang patut kamu coba.

Beberapa aplikasi yang sangat membantu diantaranya Your Health Guide, Samsung Health hingga Google Fit: Activity Tracking.

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi dan tujuan berbeda, misalnya aplikasi Google Fit dapat mencatat jumlah langkah kaki, kecepatan gerak, mengukur ketinggian, dan rute bepergian.

BACK TO NATURE

Tren gaya hidup sehat back to nature
Sumber foto: Pexels

Konsep ‘back to nature’ semakin populer di tahun 2024. Tahun ini akan banyak orang yang menerapkan ‘detoksifikasi digital’ dengan mulai mengurangi penggunaan gadget.

Mereka beralih untuk memulai aktivitas ‘back to nature’ seperti jalan-jalan ke alam, hiking, naik gunung, glamping, dan lain sebagainya.

Hal ini didukung oleh penjualan sepatu hiking yang banyak dicari dan sangat melonjak tahun lalu, sehingga 2024 aktivitas hiking bisa menjadi salah satu aktivitas kesehatan populer.

CUT OFF 

Tren gaya hidup sehat cut off
Sumber foto: Pexels

Pernahkah kamu merasa berada dalam lingkungan yang toksik, bahkan mungkin dari orang-orang terdekat? Jika ya, mulai tahun ini, pertimbangkan untuk melakukan cut off terhadap mereka.

Cut off merupakan istilah yang merujuk pada pemutusan hubungan, baik dalam pertemanan, persahabatan, atau percintaan. 

Penting untuk menjauhi orang-orang yang membuat kamu merasa tidak nyaman, yang tidak menghargai keberadaanmu, atau bahkan yang merugikan kamu. Orang-orang seperti itu hanya menyebabkan kelelahan mental. 

Namun, sebelum cut off seseorang, pastikan kamu menemukan alasan yang jelas, pikirkan dampaknya dan refleksikan diri, ya!

TRAVELING

Tren gaya hidup sehat traveling
Sumber foto: Pexels

Sebuah studi mendukung pandangan bahwa traveling mampu membuat pikiran lebih bahagia, terbuka, dan nyaman. 

Sepertinya, di tahun 2024, masyarakat Indonesia diperkirakan akan terus aktif dalam melakukan perjalanan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Hal ini terlihat jelas saat pasca pandemi, banyak acara konser, pertandingan olahraga, hingga acara teater/musikal merajalela di tahun 2023.

Bahkan banyak masyarakat Indonesia yang melakukan perjalan ke luar negeri untuk mendatangi konser idolanya. Tak lupa dengan makanan-makanan viral di luar negeri yang membuat masyarakat memiliki keinginan untuk traveling.

PENGURANGAN KAFEIN

Tren gaya hidup sehat pengurangan kafein
Sumber foto: Pexels

Kafein mungkin tak 100% ditinggalkan oleh masyarakat di tahun 2024. Hanya saja, akan terjadi sedikit peningkatan permintaan untuk mengurangi kandungan kafein lebih sedikit.

Mintel, perusahaan yang melakukan riset pasar mengungkapkan bahwa konsumsi matcha dan kopi tanpa kafein mulai meningkat hingga 7%. Artinya, cara hidup sehat sederhana ini sudah mulai menghindari kafein dalam sehari-hari.

ISU KESEHATAN MENTAL

Tren gaya hidup sehat isu kesehatan mental
Sumber foto: Pexels

Tren gaya hidup sehat 2024, tampaknya masyarakat semakin memperhatikan isu kesehatan mental dengan mengutamakan kesejahteraan pikiran. Terlihat adanya kecenderungan untuk menikmati berbagai momen dan aktivitas positif dalam kehidupan sehari-hari. 

Masyarakat diprediksi akan lebih aktif mencari hal-hal yang dapat memberikan kontribusi positif pada kualitas hidup dan kepuasan pribadi mereka.

Dengan mengadopsi sikap positif, diharapkan masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan pribadi dan hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitarnya.

OLAHRAGA BELADIRI

Tren gaya hidup sehat olahraga beladiri
Sumber foto: Pexels

Olahraga beladiri, seperti kickboxing, karate, hingga jujitsu diperkirakan sebagai olahraga yang tren tahun 2024. 

Prediksi ini diungkapkan lewat Pinterest pertengahan Desember 2023 lalu. Melalui platform tersebut, terjadi peningkatan lebih dari 200%  untuk cabang seni beladiri.

Kata kunci kickboxing tercatat meningkat 265%, dan mixed martial arts training melonjak 60% lebih. Peningkatan ini berbeda dari tahun 2023 yang banyak dicari dalam kata kunci jogging, lari, pilates, dan aerobik.

Dari tren gaya hidup sehat di atas, ada kah yang akan kamu mulai terapkan di tahun 2024? 

Mau tahu lebih banyak contoh gaya hidup sehat tahun 2024? Yuk, diskusi bareng dengan komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Prediksi 7 Tren Makeup 2024 yang Akan Viral Menurut Expert, Kamu Wajib Coba!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond