gagal menampilkan data

Article

10 Film untuk Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Mudah Dipahami!

Written by Adila Putri Anisya

Ada banyak film untuk belajar bahasa Inggris yang mudah dipahami dan alur ceritanya menarik. Kalau kamu lagi cari rekomendasinya, simak sampai habis ya!

Menonton film dalam bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan pemahaman kamu tentang kata-kata, frasa, dan akurasi pengucapan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati cerita yang menarik.

Berikut adalah 10 rekomendasi film berbahasa Inggris untuk belajar yang paling recommended!

Baca juga: Bikin FOMO, Ini 10 Serial Netflix Rating Tinggi, Cocok Temani Waktu Luangmu

10 FILM UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MUDAH DIPAHAMI

Penting untuk mencari cara yang menyenangkan saat kamu belajar bahasa Inggris. Salah satunya bisa dengan menonton. Dengan memahami kosakata dan percakapan dalam film, kamu bisa lebih mahir berbahasa Inggris. Simak rekomendasi filmnya berikut ini.

CRAZY RICH ASIAN (2018)

film untuk belajar bahasa inggris Crazy Rich Asian
Sumber foto: Netflix

Sebagai orang Asia yang tidak begitu fluent dalam bahasa Inggris, mungkin film Crazy Rich Asian cocok untuk dijadikan bahan belajarmu. Pasalnya, pemain di film ini merupakan orang Asia yang memungkinkan kita sebagai penonton mudah menangkap kosakata dan mengikuti pengucapannya.

Film ini berkisah tentang Rachel Chu yang diajak kekasihnya Nich Young ke Singapura. Rachel yang tidak tahu latar belakang kekasihnya itu tak menyadari bahwa kekasihnya adalah orang kaya raya di Asia.

THE SOCIAL NETWORK (2010)

film untuk belajar bahasa inggris The Social Network’
Sumber foto: Apple TV

Kalau kamu ingin lancar dalam percakapan sehari-hari, tontonlah film biografi ‘The Social Network’ film ini berkisah tentang perjalanan Mark Zuckerberg saat berusaha mendirikan facebook.

Hal yang membuat film ini sangat cocok untuk belajar bahasa Inggris adalah karena percakapannya yang mudah diikuti. Banyak kosakata baru yang mungkin belum kamu ketahui, terutama tentang teknologi dan media sosial.

CHARLIE AND THE CHOCOLATE FACTORY (2005)

film untuk belajar bahasa inggris Charlie and The Chocolate Factory
Sumber foto: IMDb

Film ‘Charlie and The Chocolate Factory’ mengisahkan tentang seorang anak miskin bernama Charlie yang mendapatkan tiket emas bersama empat anak lainnya, memberi mereka kesempatan untuk menjelajahi pabrik coklat yang dipimpin oleh tokoh eksentrik Willy Wonka. Di dalam pabrik, Charlie mengalami banyak keajaiban yang memukau dan membuat hidupnya berubah.

Alur cerita yang menarik dan penuturan kalimat yang relatif lambat membuat kamu mampu memahami setiap kata. Penggunaan kata-kata yang sederhana semakin mempermudah pemahaman, meski tanpa subtitle.

THE KING’S SPEECH (2011)

film untuk belajar bahasa inggris The King's Speech’
Sumber foto: Prime Video

Film ‘The King's Speech’ dianggap sebagai film untuk belajar bahasa Inggris yang tepat, karena penggunaan kosakata yang kaya dan bervariasi. 

Film ini bercerita tentang Raja George yang melawan keterbatasannya dalam berbicara karena sering gugup.

Dialog-dialog di dalamnya dirancang dengan cermat, mencakup berbagai istilah dan frasa yang mencerminkan berbagai lapisan masyarakat pada era tersebut.

Pengucapan setiap kata yang jelas dalam film ini membuat penonton dapat memperbaiki kemampuan mendengar dan meningkatkan pemahaman terhadap dialek bahasa Inggris.

TO ALL THE BOYS I’VE LOVED BEFORE (2018)

film untuk belajar bahasa inggris To All The Boys I’ve Love Before’
Sumber foto: Netflix

Untuk kaum muda mudi yang ingin menonton film romantis komedi sambil belajar bahasa Inggris, film ‘To All The Boys I’ve Love Before’ patut untuk ditonton. 

Berkisah tentang seorang gadis bernama Lara Jean yang suka menulis surat cinta tapi tidak pernah diberikan. Kebiasaannya tersebut membuat petaka, di mana sang adik menyebarkan surat tersebut ke orang yang Lara sukai.

Film romansa ringan ini cocok untuk belajar bahasa Inggris, karena banyak menggunakan bahasa sehari-hari. Cobalah ikuti pelafalan pemain dengan melakukan pause, ini akan membuat pelafalan bahasa Inggrismu semakin meningkat.

THE LION KING (2019)

film untuk belajar bahasa inggris The Lion King
Sumber foto: IMDb

Beralih ke film animasi, ‘The Lion King’ adalah film untuk belajar bahasa inggris yang cocok untuk pemula. Bahasa yang digunakan mudah dipahami karena tidak begitu cepat.

Film ini bercerita tentang seekor anak singa bernama Simba yang berusaha merebut kembali tanah kedudukannya setelah sang ayah meninggal dunia dibunuh pamannya sendiri. 

Selain pengucapan dan artikulasinya yang sangat jelas dan cenderung lambat, alur film ini juga sangat seru dan mengharukan.

THE SOUND OF MUSIC (1965)

film untuk belajar bahasa inggris The Sound of Music
Sumber foto: IMDb

Film selanjutnya adalah drama-musikal berjudul ‘The Sound of Music’. Film lawas ini berkisah tentang seorang pembantu yang mengurus tujuh anak kapten. Meski sulit, namun diakhiri dengan rasa bahagia.

Cerita sederhana dan artikulasi yang jelas dari setiap pemain, membuat film ini begitu mudah untuk dicerna meski tanpa subtitle bahasa Indonesia, sehingga patut menjadi salah satu film yang cocok untuk belajar bahasa Inggris.

10 THINGS I HATE ABOUT YOU

film untuk belajar bahasa inggris 10 Things i Hate About You
Sumber foto: DHS Press

Film berjudul ‘10 Things i Hate About You’ mengisahkan tentang Kat Stratford yang memiliki sikap keras kepala dan sulit didekati oleh para lelaki. Seorang siswa bernama Cameron berusaha mendekat Kat meski Ayahnya melarang, membuat kisah remaja ini penuh perjuangan, romansa, dan komedi.

Hal yang membuat film ini cocok untuk belajar adalah karena relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat memperkaya kosakata dan frasa yang digunakan 

Ditambah lagi, film ini menampilkan karakter-karakter remaja yang berada dalam lingkungan sekolah, memberikanmu gambaran tentang bagaimana bahasa Inggris digunakan di antara teman sebaya.

WHEN HARRY MET SALLY (1989)

film untuk belajar bahasa inggris WHEN HARRY MET SALLY (1989)
Sumber foto: Prime Video

Berkisah tentang dua sahabat yaitu Harry Burn dan Sally Albright yang bertemu sebagai rekan perjalanan setelah lulus dari perguruan tinggi. Cerita ini menyudutkan bagaimana sahabat antara lelaki dan perempuan tidak berubah menjadi hubungan romantis.

Alur cerita yang menarik dan komedi membuat film ini tak hanya seru untuk ditonton, namun kamu juga bisa belajar bagaimana percakapan bahasa Inggris, karena bahasa yang digunakan dapat membantu penonton untuk lebih memahami tata bahasa dan ungkapan yang digunakan dalam interaksi antar orang.

500 DAYS OF SUMMER (2009)

film untuk belajar bahasa inggris 500 DAYS OF SUMMER (2009)
Sumber foto: IMDb

Film ini mengikuti perjalanan hubungan antara Tom Hansen dan Summer Finn di mana keduanya memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap cinta. Summer yang skeptis dengan cinta, membawa hubungan mereka semakin rumit.

Dialog-dialog dalam konteks hubungan antara karakter Tom dan Summer dapat memberikan wawasan mendalam tentang bahasa Inggris dalam konteks percintaan, konflik emosional, dan refleksi diri. Selain itu, gaya bicara berbeda, memberikan kesempatan untuk melatih pemahaman dan pendengaran penonton.

Menonton film adalah cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Dengan memilih film untuk belajar bahasa Inggris di atas, kamu dapat meningkatkan kosakata, memahami tata bahasa, serta meningkatkan pemahaman tentang budaya dan kehidupan sehari-hari di negara berbahasa Inggris. 

Jadi, jangan ragu untuk mencoba menonton film-film ini dan nikmati proses belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan!

Senang belajar bahasa Inggris dan ingin tingkatkan skillnya? Yuk, gabung dengan komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Indonesia, Siap Menemani Libur Akhir Tahunmu!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond