gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Perhatikan 6 Etika Interview Kerja Online Ini untuk Berikan First Impression yang Baik pada Rekruter!

Written by Adila Putri Anisya

Interview kerja online, kini banyak digunakan oleh perusahaan semenjak pandemi COVID-19 yang mengharuskan pekerja melakukan WFH (work from home). Namun, dengan adanya interview daring ini, membuat jobseeker kurang memahami etika interview online.

Meskipun tidak jauh berbeda dengan interview langsung yang dilakukan secara tatap muka, masih terdapat beberapa aspek yang perlu dipahami guna menunjukkan profesionalisme.

Berikut ini adalah beberapa etika interview kerja yang perlu diperhatikan saat melakukannya secara online!

Baca juga: Ada 3 Tahap Interview Kerja, Ini Caranya Agar Kamu Bisa Lolos Seleksi!

ETIKA INTERVIEW KERJA ONLINE AGAR TERLIHAT PROFESIONAL

Profesionalisme adalah aspek penting saat memasuki dunia kerja. Terkadang, hal-hal kecil yang kita tidak perhatikan, bisa menjadi red flag bagi rekruter saat melakukan interview online.

Oleh karena itu, pemahaman yang baik terhadap etika di dunia profesional, termasuk saat melakukan interview, sangatlah penting untuk menciptakan kesan pertama yang positif bagi perusahaan.

Lantas, bagaimana etika yang baik saat melakukan interview online? berikut adalah tips interview kerja online!

MEMASTIKAN KONEKSI INTERNET STABIL

Sumber foto: Pexels

Koneksi internet yang tidak stabil dapat mengganggu proses interview dan menciptakan kesan yang buruk bagi rekruter. Butuh waktu dan tenaga lebih lama apabila mengalami kendala seperti ini, terlebih lagi rekruter memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan.

Maka dari itu, sebagai solusi, kamu bisa meminta izin kepada rekruter untuk bergabung dua device yang berbeda untuk meminimalisir gangguan pada koneksi internet. 

Selain itu, sebelum memulai interview pastikan kamu sudah menguji kecepatan internet dan memastikan tidak ada gangguan yang berpotensi terjadi. Kamu bisa menggunakan hotspot dari perangkat lain sebagai backup.

CARI TEMPAT YANG TIDAK BERISIK

Sumber foto: Pexels

Pastikan melakukan persiapan interview kerja online dengan baik, salah satunya dengan mencari tempat yang tidak berisik. 

Selain meminimalisir suara-suara yang bocor dan bikin awkward, juga membantu kamu menjaga fokus sehingga kualitas komunikasi terjaga.

Pastikan kamu berada di ruangan tertutup dan terpisah dari lalu lalang orang lain, mematikan perangkat elektronik yang mengganggu seperti suara televisi atau handphone. 

Kesadaran terhadap aspek-aspek tersebut sangatlah penting, mengingat rekruter kerap memperhatikan detail-detail semacam itu.

OPEN CAMERA

Sumber foto: Pexels

Contoh interview kerja online yang baik adalah dengan open camera. Terkadang, memang rekruter menutup kameranya, tapi bukan berarti kita juga sebagai kandidat harus menutup kamera. 

Open camera menandakan keseriusan dan profesional kita terhadap rekruter dan pekerjaan. Apabila ada masalah pada kamera laptop, kamu bisa menggunakan kamera handphone sebagai alternatif.

Jika kasusnya seperti ini, bicarakan secara sopan kepada rekruter. Namun, apabila kamu ada solusi lain, misalnya meminjam laptop teman, ini adalah jalan terbaik.

PERHATIKAN BACKGROUND

Sumber foto: Pexels

Meski sudah berada di tempat yang sepi, penting juga untuk memperhatikan background saat interview online. Background yang terlalu banyak barang, mencolok dan ramai, dapat mengganggu fokus dan menciptakan kesan kurang profesional.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah memilih ruang yang sederhana dan tidak terlalu banyak barang. Pastikan tidak mengandung elemen yang bikin salah fokus, seperti gambar kartun, poster idola, atau benda-benda yang tidak relevan.

Lebih baik gunakan background tembok yang polos atau menggunakan fitur background virtual yang polos.

BERPENAMPILAN BAIK

Sumber foto: Pexels

Baik interview online maupun interview tatap muka, wajib bagi kamu untuk menampilkan diri dengan baik di hadapan rekruter. 

Meski dilakukan secara virtual dan mereka tidak dapat melihat fisik dan aroma kamu, menjaga kebersihan diri dan berpakaian formal tetap menjadi hal yang sangat penting.

Penampilan yang rapi, profesional dengan menambahkan sedikit make up saat interview, dapat menjadi nilai tambah dari first impression rekruter. Tak hanya menunjukan sikap profesional, namun juga dapat enak dilihat.

MENJAGA FOKUS

Sumber foto: Pexels

Salah satu tantangan interview secara online adalah tidak fokus, baik karena lingkungan sekitar atau notif dari layar laptop atau handphone. Fokus yang baik dapat memberikan kesan komunikasi yang efektif antara kamu dan rekruter.

Saat sesi interview, hindari melakukan pekerjaan lain atau mengobrol dengan orang sekitar, kamu bisa bilang ke sekitarmu bahwa kamu sedang interview, pastikan juga untuk stop melakukan pekerjaan dan menonaktifkan pemberitahuan pada perangkat elektronik di sekitarmu.

Dengan memahami semua etika interview kerja online di atas, maka interview akan berjalan efektif dan lancar. 

Bagi kamu yang sedang menunggu panggilan interview, tak ada salahnya untuk melakukan persiapan-persiapan di atas. Meski tak menjamin lolos, tergantung keterampilan dan kemampuan masing-masing, namun kamu sudah menunjukan etika yang baik dalam interview online.

Semoga bermanfaat, ya!

Dapatkan tips n’ trick lainnya seputar interview kerja dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Tips Persiapan Interview Kerja yang Bisa Bikin Kerja Berhasil!

Sumber foto: Pexels