gagal menampilkan data

Article

Top 7 Kampus Swasta Termahal di Indonesia 2024, Ada yang Capai 171 Juta!

Written by Adila Putri Anisya

Dalam ranah pendidikan tinggi di Indonesia, kampus swasta termahal seringkali menjadi sorotan utama bagi para calon mahasiswa. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi mahasiswa yang tidak lolos PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang biayanya lebih rendah daripada PTS (Perguruan Tinggi Swasta).

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, rata-rata biaya kuliah PTN di Indonesia pada 2023 adalah Rp7,5 juta per tahun. Sementara itu, rata-rata biaya kuliah di PTS adalah Rp15 juta per tahun.

Lantas, kampus mana yang menawarkan biaya paling tinggi di Indonesia, khususnya dalam hal Uang Kuliah Tunggal (UKT)? Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut adalah urutannya.

Baca juga: [UPDATE] Top 10 Universitas Terbaik di Dunia versi QS World University Rankings 2024!

KAMPUS SWASTA TERMAHAL DI INDONESIA

Ada berbagai faktor yang membuat kampus swasta mahal, umumnya kampus swasta seringkali harus mengatasi keterbatasan sumber daya keuangan yang dimiliki secara internal, dibandingkan dengan kampus negeri yang dapat mengandalkan alokasi anggaran dari pemerintah. 

Sebagai hasilnya, kampus swasta perlu mengenakan biaya yang lebih tinggi kepada mahasiswanya untuk menutupi biaya operasional dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah urutan kampus swasta yang termahal di Indonesia dari terendah hingga tertinggi.

UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Urutan ke-7 adalah Universitas Prasetiya Mulya, yang berlokasi di dua kota, yaitu Jakarta dan BSD Tangerang. Kampus swasta termahal ini disebut memiliki UKT dan biaya kuliah yang mahal.

Saat mendaftar, calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500 ribu, serta biaya pengembangan yang berkisar antara Rp60 juta hingga Rp75 juta (tergantung gelombang pendaftaran). Selain itu, biaya kuliah per semester mencapai Rp12 juta, belum termasuk biaya SKS dan praktikum.

Meskipun biaya kuliah tinggi, fasilitas yang disediakan oleh Universitas Prasetiya Mulya sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Fasilitas tersebut mencakup kendaraan shuttle, cafe & toko, area berkumpul dan belajar, auditorium, hingga laboratorium. 

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

Universitas Bina Nusantara atau dikenal BINUS adalah kampus swasta terbaik di Indonesia yang menempati posisi ke-8 sebagai universitas terbaik sekaligus termahal ke-6 di Indonesia.

Salah satu faktor yang menyebabkan biaya kuliah di BINUS mahal adalah prestasi akademiknya yang terakreditasi A oleh BAN-PT dan telah meraih akreditasi Internasional oleh Quacquarelli Symonds. 

BINUS juga dikenal dengan fasilitas-fasilitas modern yang disediakannya, termasuk food court, internet corner, copy center, green screen studio, laboratorium bahasa, dan berbagai fasilitas lainnya.

Biaya kuliah di BINUS untuk satu semester berkisar antara Rp17,7 juta hingga Rp23 juta. Namun, selain biaya kuliah, mahasiswa juga perlu memperhitungkan biaya tambahan seperti biaya laboratorium yang berkisar antara Rp1,6 juta hingga Rp4,250 juta, biaya peralatan sebesar Rp9 juta, dan berbagai biaya tambahan lainnya yang mungkin diperlukan selama masa studi.

LSPR INSTITUTE OF COMMUNICATION & BUSINESS

kampus swasta termahal LSPR
Sumber foto: Quipper

LSPR adalah kampus swasta termahal di Jakarta yang menawarkan program sarjana dan magister dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis. 

Salah satu faktor yang menyebabkan kampus ini mahal adalah prestasinya yang konsisten meraih penghargaan bergengsi, baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti Best of The Best Indonesia of Communications dan Certificate of Accreditation by the Academic of the Global Alliance for Public Relations & Communication Management.

Adapun fasilitas yang ditawarkan seperti fasilitas olahraga (lapangan, area fitnes, kolam renang, dll) taman kampus, laboratorium, auditorium, hingga klinik. Sementara itu, biaya kuliah LSPR berkisar dari Rp21 juta - Rp30 juta per semesternya.

SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU)

Pada urutan ke-4 kampus swasta termahal di Indonesia adalah Swiss German University. Kampus ini berbasis internasional karena dibentuk atas kerja sama antara Indonesia dengan Swiss, Jerman, dan Austria.

Terdapat tiga fakultas unggulan di sana, antara lain Fakultas Engineering & Information Technology, Faculty of Business & Communications, dan Faculty of Life Sciences & Technology.

Fasilitas yang dimiliki USG juga tak tanggung-tanggung, terdapat tempat fitness & gym, lapangan indoor untuk berbagai cabang olahraga, kolam renang, trek jogging, sauna, hingga tenis meja.

Selain biaya UKT-nya yang tergolong mahal kisaran Rp27,5 juta - Rp30 juta per semester, adapun biaya lainnya yaitu, Confirmation fee sebesar Rp10 juta dan Development fee Rp58,5 juta.

PRESIDENT UNIVERSITY

kampus swasta termahal President University
Sumber foto: Quipper

President University adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Saat ini, mereka memiliki empat fakultas yang terdiri dari Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Desain Komunikasi Visual dan Magister Sains. 

Kampus ini juga menawarkan Program Student Exchange ke 53 universitas luar negeri, mulai dari India hingga Eropa. 

Sama seperti UPH, salah satu hal yang membuat kampus swasta termahal ini adalah fasilitasnya yang mewah seperti Jababeka Golf and Country Club, President Executive Club, kolam renang, lapangan tenis, sepak bola, basket, auditorium, hingga President University Medical Center.

Melansir dari Admission President University, biaya kuliah di kampus ini mencapai Rp300 juta untuk 10 semester, atau Rp30 juta per semesternya.

UNIVERSITAS TRISAKTI

Universitas Trisakti adalah kampus swasta termahal di Jakarta. Kampus ini didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang sudah berdiri cukup lama, yakni sejak 1965. 

Dalam hal fasilitas, Trisakti menawarkan berbagai fasilitas yang menarik, termasuk lapangan futsal, ruang fitness, wall climbing, billiard, poliklinik, dan taman belajar, yang semuanya mendukung pengalaman belajar mahasiswa.

Universitas Trisakti menerapkan biaya Sumbangan Pengembangan (SP) pada awal perkuliahan dengan kisaran antara Rp14 juta hingga Rp130 juta sesuai prodi. Selain itu, ada juga biaya kuliah lainnya, seperti biaya per SKS dan biaya praktikum, yang berkisar Rp33,4 juta - Rp 332,4 juta sesuai prodi.

UNIVERSITAS PELITA HARAPAN (UPH)

Kampus swasta termahal peringkat pertama adalah Universitas Pelita Harapan (UPH), yang berlokasi di Tangerang. Banyak artis dan orang dengan latar belakang ekonomi yang mapan berkuliah di sini.

Hal yang membuat UPH memiliki biaya kuliah yang mahal yaitu karena fasilitasnya yang mewah, seperti, UPH Clinic, Hope Counselling & Assessment Center, tempat gym, kolam renang, hingga lapangan futsal & badminton, hingga fasilitas billiard.

Biaya kuliah pada semester pertama mencapai Rp41,6 juta - Rp171,75 juta, tergantung prodi. Sementara itu, untuk semester 2 Rp12,6 juta - Rp50,75 juta per semester. Jika dijumlahkan sampai akhir perkuliahan, biaya kuliah di UPH bisa mencapai RP179,95 juta - Rp697 juta.

Itulah urutan kampus swasta termahal di Indonesia dari urutan terendah hingga tertinggi. Perlu diingat, bahwa data di atas mungkin akan berubah seiring berjalannya waktu, untuk informasi lebih detailnya, kamu bisa menghubungi kampus masing-masing.

Jadi, apakah kampusmu termasuk dalam daftar kampus swasta yang mahal?

Mau dapat informasi menarik lainnya seputar edukasi? Yuk, join komunitas Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Top 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Tahun 2023, Adakah Kampusmu?

Sumber foto: Universitas Pelita Harapan

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond