gagal menampilkan data

Article

Gak Cuma Diet, Inilah 7 Rutinitas Pagi Bisa Cepat Kurus!

Written by Adila Putri Anisya

Tahukah kamu bahwa ada rutinitas pagi bisa cepat kurus? Selain menjalani diet makan dan rutin olahraga, terdapat beberapa kebiasaan kecil di pagi hari yang dapat membantu kamu mencapai tujuan penurunan berat badan secara efektif.

Kira-kira kebiasaan pagi apa ya yang bisa bantu menurunkan berat badan? Baca ulasannya sampai habis, ya!

Baca juga: 7 Tips Diet Pemula yang Aman Dilakukan, Gak Bikin Nyiksa!

BERBAGAI RUTINITAS PAGI BISA CEPAT KURUS

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai rutinitas yang sehat dan membantu kamu mencapai berat badan yang diinginkan. 

Dengan melakukan beberapa kebiasaan pagi yang tepat berikut ini, kamu bisa mendapatkan tubuh yang langsing dan mempertahankannya.

MINUM AIR SECUKUPNYA

rutinitas pagi bisa cepat kurus minum air
Sumber foto: Pexels

Setelah beranjak dari tempat tidur, segeralah mengambil segelas air untuk diminum. Satu sampai dua gelas air, dapat efektif menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, minum air setelah bangun tidur di pagi hari, dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh, setidaknya 60 menit.

Lebih lanjut, beberapa orang mungkin akan merasakan nafsu makan berkurang ketika banyak minum air putih di pagi hari, sehingga meminimalisir sarapan berlebih.

OLAHRAGA SEBELUM SARAPAN

rutinitas pagi bisa cepat kurus olahraga sebelum sarapan
Sumber foto: Pexels

Sebelum sarapan, pastikan untuk berolahraga terlebih dahulu. Dikutip dari laman The Indian Express, beberapa peneliti mengatakan bahwa olahraga pagi dengan konsisten, dapat menurunkan berat badan, apalagi dalam keadaan “puasa” (belum makan) karena hal ini dapat membantu oksidasi lemak dengan cepat.

Kamu bisa melakukan beberapa jenis olahraga seperti, lari pagi, jalan cepat, yoga atau HIIT. Pasalnya, olahraga tersebut, terutama lari pagi bisa menurunkan berat badan.

Bagi penderita diabetes, olahraga pagi juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Pasalnya, gula darah rendah dapat menimbulkan dampak negatif, seperti rasa lapar berlebihan.

SARAPAN YANG MENGANDUNG TINGGI PROTEIN

rutinitas pagi bisa cepat kurus sarapan dengan protein tinggi
Sumber foto: Pexels

Ingin menurunkan berat badan, bukan berarti kamu tidak boleh sarapan. Pasalnya, sarapan sangat penting untuk memulai hari. Namun, bagi kamu yang sedang diet, memilih sarapan dengan kandungan protein tinggi dapat menjadi pilihan yang tepat.

Konsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena protein dapat menurunkan kadar hormon lapar yang bertanggung jawab meningkatkan nafsu makan.

TIMBANG BERAT BADAN

rutinitas pagi bisa cepat kurus timbang berat badan
Sumber foto: Pexels

Menimbang berat badan di kala diet memang sedikit mengkhawatirkan. Namun, ternyata kebiasaan kecil ini efektif menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan motivasi dan pengendalian diri.

Sebuah studi yang dikutip dari Healthline mengungkapkan, orang dewasa yang menimbang berat badannya setiap hari, rata-rata kehilangan berat badan sebanyak 4,4 kg selama periode dua tahun, sedangkan mereka yang menimbang berat badannya sebulan sekali mengalami kenaikan berat badan sebesar 2,1 kg.

DAPATKAN SINAR MATAHARI

rutinitas pagi bisa cepat kurus dapatkan sinar matahari
Sumber foto: Pexels

Salah satu rutinitas pagi bisa cepat kurus yang tak banyak orang tahu adalah mendapatkan sinar matahari. Bukalah jendela kamar dan rumah kamu di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya matahari pada tingkat sedang, terutama pada pagi hari, dapat memiliki pengaruh positif terhadap berat badan. Penelitian ini bahkan telah diuji pada hewan percobaan seperti tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Tak hanya itu, paparan sinar matahari juga memiliki peran penting dalam menyediakan vitamin D bagi tubuh, yang telah terbukti dapat membantu mencegah penambahan berat badan yang berlebihan.

MERENCANAKAN MENU MAKAN SIANG

rutinitas pagi bisa cepat kurus merencanakan menu makan siang
Sumber foto: Pexels

Setelah semua rutinitas pagi telah dilakukan, kini saatnya memikirkan menu makanan untuk makan siang. Tak hanya menghemat waktu, namun tips cepat kuruskan badan ini juga mampu mengontrol kualitas makan.

Alih-alih beli makanan diluar yang tidak tahu kalori dan lemaknya berapa, lebih baik menyiapkan makanan dari rumah, yang sudah kamu kontrol asupan nutrisinya. 

Jika merasa sibuk, kamu bisa melakukan meal prep seminggu, yang sudah dipisah, dikemas dalam posisi rapi, sehingga tinggal kamu masak atau olah dengan waktu singkat.

KELOLA STRES MELALUI MEDITASI

rutinitas pagi bisa cepat kurus kelola stres
Sumber foto: Pexels

Memasukan meditasi singkat ke dalam rutinitas pagi, dapat membantu mengurangi tingkat stres, menyeimbangkan hormon serta meningkatkan kesejahteraan hidup.

Stres berlebihan dapat membuat penambahan berat badan, terutama di perut. Jadi, cobalah berlatih meditasi, seperti mindfulness, praktik ini terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan kebiasaan makan sehat.

Untuk mengetahui bagaimana cara meditasi, kamu bisa cek artikel berikut ini. Cara Meditasi yang Benar Agar Manfaat yang Diperoleh Lebih Maksimal!

Dengan menerapkan 7 rutinitas pagi bisa cepat kurus ini, kamu akan melihat perubahan positif pada berat badan kamu secara perlahan. Selain itu, rutinitas ini juga akan membantu kamu mendapatkan gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan tetap konsisten dalam melakukannya. Selamat mencoba!

Yuk, diskusi seputar kebiasaan pagi yang bikin kurus lainnya bersama teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle. Klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: 10 Pilihan Menu Sarapan Diet Murah, Sehat, dan Gak Menguras Kantong!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond