gagal menampilkan data

Article

Cara Bekerja di Luar Negeri, Bisa Via Program Magang hingga Bikin Visa WHV!

Written by Adila Putri Anisya

Bekerja di luar negeri seringkali diidamkan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Selain mendapatkan gaji yang relatif tinggi, juga jadi suatu kebanggaan tersendiri. Namun masalahnya, bagaimana cara bekerja di luar negeri, terutama bagi kita yang tidak memiliki “privilege” tertentu?

Tak perlu cemas, dengan niat dan usaha yang kuat, segala sesuatu menjadi mungkin, termasuk kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Terlebih lagi, saat ini akses untuk mencapai tujuan tersebut jauh lebih mudah daripada zaman dahulu. 

Lantas, bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Baca juga: 10 Situs Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Kerja Remote

CARA BEKERJA DI LUAR NEGERI

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja di luar negeri, itu artinya kamu sudah mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk jauh dari keluarga dan sahabatmu di Indonesia. 

Jangan sampai, perjuanganmu ke luar negeri sia-sia, hanya karena sulit beradaptasi di sana. Sebab, bekerja di luar negeri membawa tantangan tersendiri yang seringkali berat pada awalnya.

Nah, jika kamu sudah yakin, berikut adalah beberapa cara kerja di luar negeri yang bisa kamu lakukan:

IKUT PROGRAM MAGANG

Banyak masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri melalui program magang. Program ini biasanya diumumkan melalui program unggulan kampus, agen pengirim atau dengan cara mandiri.

Dalam rangka meningkatkan kualitas institusi, biasanya perguruan tinggi menjalin kerja sama dengan berbagai institusi dari dalam dan luar negeri agar mahasiswanya dapat magang di luar negeri tersebut.

Sementara itu, jika kamu sudah lulus dari pendidikan, kamu bisa mendaftar program magang melalui agen pengirim seperti PT Minori, PT YAIJ Solusi Internasional, dan lain-lain. Kamu bisa juga melamar secara langsung melalui situs perusahaan/lowongan kerja yang dituju.

Program magang di luar negeri ini biasanya hanya berdurasi satu tahun atau lebih, namun cara ini bisa menjadi batu loncatan untuk mendapatkan peluang karier di negara tersebut.

BEKERJA DI PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Perusahaan multinasional di Indonesia seringkali membuka program mutasi untuk beberapa posisi. Tujuan dari program mutasi ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan strategi perusahaan. 

Namun, secara umum, program mutasi tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan keterampilan baru, memperluas pengetahuan mereka tentang pasar internasional, dan meningkatkan kemampuan manajemen lintas budaya.

Tenang saja, jika perusahaan membuka program ini, dan kamu mendaftarkan diri, semua akomodasi akan ditanggung oleh perusahaan, termasuk tempat tinggal gratis hingga biaya makan sehari-hari.

MELALUI AGEN/LPK

Bagi kamu yang bertanya “Apakah lulusan SMA bisa kerja di luar negeri?” Tentu saja bisa, salah satunya dengan mendaftar LPK. 

LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) merupakan program pelatihan dan persiapan bagi calon tenaga kerja yang ingin bekerja, magang, atau part time di luar negeri. 

Melalui program ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam pekerjaan di negara tujuan.

Pihak LPK akan menyediakan berbagai jenis pelatihan kepada peserta, termasuk pelatihan dalam hal bahasa, pemahaman budaya, keterampilan kerja, dan persiapan lainnya yang dianggap penting untuk sukses di lingkungan kerja di luar negeri. 

LPK merupakan cara kerja di luar negeri lulusan SMA yang paling banyak digemari. Sebagai rekomendasi, beberapa lembaga LPK yang dapat menyalurkan pekerjaan ke luar negeri antara lain LPK Bahana Inspirasi Muda, LPK BSS, LPK Inovasi Bimbingan Terpercaya, hingga LPK Universal Language Skill.

Bekerja atau magang di luar negeri melalui LPK biasanya menyediakan beberapa bidang pekerjaan seperti kesehatan layanan masyarakat, perusahaan retail, bisnis, teknologi arsitektur, hingga konstruksi. 

MELAMAR MELALUI JOB PORTAL

Cara bekerja di luar negeri selanjutnya adalah dengan melamar pekerjaan melalui job portal, seperti LinkedIn, Indeed, Glassdoor, CareerBuilder, EUREU, Monster, dan lain-lain.

Untuk job portal Indonesia seperti LinkedIn, Indeed, dan Glassdoor, kamu bisa filtering ke negara tertentu. Nanti, akan muncul berbagai lowongan kerja, kemudian silakan apply posisi yang sesuai dengan minat pekerjaanmu.

Jika kualifikasi kamu sesuai dengan persyaratan perusahaan yang dilamar, kamu akan dihubungi oleh tim HR untuk membahas lebih lanjut mengenai kontrak kerja, gaji, dan aspek lainnya. Karena proses ini dilakukan secara mandiri, pastikan kamu telah mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan dan tempat tinggal di negara tujuan.

MELALUI DEPNAKER

Depnaker (Departemen Ketenagakerjaan) merupakan lembaga tinggi dalam kepemerintahan yang memiliki fungsi dan tanggung jawab dalam mengatur ketenagakerjaan, termasuk dalam pengiriman TKI ke luar negeri. 

Cara kerja di luar negeri lewat Depnaker cukup mudah, kamu hanya perlu ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang ada di setiap kota/kabupaten-mu atau ke kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) di setiap provinsi.

Setelah mendapatkan informasi dari lembaga-lembaga tersebut, kamu bisa langsung memenuhi persyaratannya sesuai dengan negara tujuan. Apabila kamu lolos seleksi, pihak perusahaan akan segera menghubungimu.

MEMBUAT WORKING HOLIDAY VISA (WHV)

Working Holiday Visa (WHV) merupakan program visa yang diluncurkan oleh pemerintah di suatu negara untuk berlibur sekaligus bekerja. 

Salah satu negara yang sudah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia adalah negara Australia sejak tahun 2009.

Pembukaan program WHV ini biasanya dilakukan pada waktu tertentu yang diumumkan di media sosial atau website imigrasi. Untuk waktunya, program WHV ini hanya berdurasi satu tahun, namun bisa diperpanjang hingga tiga tahun. 

Para pemegang WHV bisa bekerja di berbagai bidang seperti pekerja di perhotelan, memetik buah-buahan di kebun, menanam pohon, tour guide, hingga bekerja di sektor konstruksi

Namun, untuk mendapatkan WHV ini memang tidak mudah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti; minimal pendidikan D3, memiliki bukti kemahiran bahasa Inggris, hingga memiliki dana aktif minimal 5,000 AUD.

Itulah beberapa cara bekerja di luar negeri yang bisa kamu lakukan. Sesuaikan dengan kemampuanmu, karena setiap cara di atas memiliki syarat yang berbeda-beda. So, good luck, ya!

Dapatkan insight menarik lainnya seputar dunia kerja dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Selain Job Portal, Kamu Bisa Cari Info Lowongan Kerja dengan Cara Ini

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond