gagal menampilkan data

Article

Kerja Sambil Fangirling, Ini 10 Pekerjaan KPopers yang Bisa Kamu Geluti!

Written by Adila Putri Anisya

Bekerja sesuai dengan hobi memang sangat menyenangkan, terutama jika kamu penggemar Korea atau disebut juga KPopers. Mungkin kamu juga penasaran, pekerjaan KPopers apa yang cocok digeluti?

Untuk kamu yang memiliki impian bekerja sesuai dengan hobi dan antusiasme terhadap budaya Korea, Girls Beyond akan merekomendasikan beberapa pekerjaan yang cocok untuk KPopers. Check this out!

Baca juga: Peluang Side Hustle ala K-Popers Ini Dijamin Minim Modal Tapi Cuan Maksimal!

PILIHAN PEKERJAAN KPOPERS YANG COCOK DIGELUTI

Ada beberapa pekerjaan yang relevan dengan dunia KPop. Ada yang bisa bertemu secara langsung, ada juga yang bisa menyalurkan hobinya dengan pekerjaan tersebut, sehingga terasa lebih menyenangkan.

Berikut adalah beberapa pilihannya:

JURNALIS

pekerjaan kpopers jurnalis
Sumber foto: Pexels

Jurnalis merupakan pekerjaan yang tepat untuk kamu yang hobi menulis dan mencari berita. Mereka juga biasanya ditugaskan untuk menghadiri konferensi pers ke sebuah event K-Pop, seperti fanmeeting atau konser.

Sebagai bagian dari tim media, jurnalis memiliki tanggung jawab untuk meliput, mewawancarai, dan menulis press release yang akan disebarluaskan melalui platform berita mereka. 

Penting untuk seorang jurnalis untuk fokus pada konferensi pers, mereka harus memiliki keahlian mengetik dengan cepat, mengolah fakta, dan informasi secara ringkas hingga tak lupa mematuhi kode etik profesi sebagai jurnalis.

FOTOGRAFER

pekerjaan kpopers fotografer
Sumber foto:Pexels

Saat mengadakan event KPop, fotografer sangat dibutuhkan untuk mendokumentasikan acara. Sebagai orang yang cukup penting dalam acara, fotografer harus fokus mengambil foto-foto eksklusif,  serta berkontribusi dalam mengabadikan momen berharga sang artis.

Meski demikian, ini tergantung di mana kamu bekerja. Perusahaan media atau event organizer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk fotografer yang memiliki hobi dengan Korea, karena bisa jadi, kamu berkesempatan untuk bekerja di event yang sama dengan idolamu.

PENERJEMAH BAHASA KOREA

pekerjaan kpopers penerjemah
Sumber foto: Pexels

Pekerjaan untuk penggemar Korea selanjutnya adalah menjadi seorang penerjemah. Jika kamu mahir dalam bahasa Korea, ini adalah kesempatan yang baik untuk melamar posisi sebagai penerjemah di acara-acara yang dihadiri oleh idola-idola Korea.

Saat ini, idola Korea sering mengunjungi Indonesia, baik untuk tampil di acara televisi maupun untuk menghadiri event fanmeeting atau konser. 

Untuk menjadi seorang penerjemah, tak hanya harus mengerti bahasa yang diterjemahkan, namun juga harus memiliki skill komunikasi, pandai melakukan riset, dan juga mampu mendengarkan dengan baik.

STYLIST

pekerjaan kpopers stylist
Sumber foto: Pexels

Jika kamu memiliki minat yang kuat dalam mode, bekerja sebagai stylist mungkin bisa jadi pilihan pekerjaan KPopers yang menarik. Ketika kamu menyukai idola Korea, mungkin kamu akan mendapatkan banyak inspirasi dari style mereka, tentu hal ini akan menguntungkanmu sebagai seorang stylist di Indonesia.

Belum lagi, kalau kamu dipekerjakan di event yang sama dengan artis-artis Korea. Tentu, ini sangat menyenangkan bagi KPopers untuk bisa bekerja dengan idola yang disukai.

STAF PROMOTOR

pekerjaan kpopers staf promotor
Sumber foto: Pexels

Salah satu pekerjaan impian KPopers yang bisa kamu geluti adalah menjadi staf promotor konser. Ramainya kunjungan artis Korea di Indonesia, membuat promotor aktif bekerja dalam event Korea, seperti konser atau fanmeeting.

Untuk menjadi seorang staf promotor, tentu saja kamu harus memiliki beberapa keahlian seperti skill komunikasi, negosiasi, memperhatikan detail, hingga kemampuan networking.

JASTIPER KOREA

pekerjaan kpopers jastip korea
Sumber foto: Pexels

Mau bolak-balik Korea? Coba jadi jastiper! penggemar Korea di Indonesia dikenal sangat royal dengan barang-barang yang berbau idola mereka. Dengan jastip, tentu harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan membeli sendiri.

Selain itu, bisnis jastip juga memberikan keuntungan yang cukup besar, yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan fangirling di Korea. Misalnya, kamu dapat menggunakan keuntungan tersebut untuk menghadiri acara-acara khusus yang hanya tersedia di Korea, seperti mengikuti sesi fansign, dan berbagai kesempatan lainnya.

TOUR GUIDE

pekerjaan kpopers tour guide
Sumber foto: Pexels

Kalau kamu sudah memiliki pengalaman banyak di Korea, kamu bisa mencoba menjadi seorang tour guide di Korea, khususnya untuk penggemar Korea. 

Biasanya peserta tour guide ingin dibawa ke tempat-tempat idola mereka, seperti agensi, acara musik, atau ke tempat-tempat yang sering dikunjungi idola mereka.

Pekerjaan KPopers ini sangat menyenangkan, selagi bekerja kamu juga bisa menyalurkan hobimu sebagai fangirl. 

BISNIS ONLINE

pekerjaan kpopers bisnis online
Sumber foto: Pexels

Ada banyak ide bisnis untuk KPopers yang suka berjualan. Kamu bisa membuka bisnis seperti PO barang impor Korea, menjual album, menjual merchandise, atau snack khas Korea.

Dengan strategi pemasaran yang terampil dan efektif di platform media sosial, bisnis semacam ini berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar, mengingat jumlah penggemar Korea yang banyak di Indonesia.

CONTENT CREATOR

pekerjaan kpopers content creator
Sumber foto: Pexels

Kalau kamu memiliki minat dalam budaya Korea, termasuk musik dan dramanya, kamu bisa lho menjadi content creator dengan memberikan informasi menarik melalui konten video. 

Saat ini, terdapat banyak content creator yang fokus menyajikan konten informatif seputar Korea, bahkan melakukan perjalanan ke negara tersebut untuk membuat konten menarik seperti merekomendasikan makanan, merekomendasikan produk perawatan kulit, dan berbagai produk populer lainnya yang mungkin belum banyak diketahui melalui media sosial saja.

PENULIS

pekerjaan kpopers penulis
Sumber foto: Pexels

Kalau kamu suka dunia kepenulisan, kamu bisa lho jadi penulis. Sekarang ini, banyak KPopers yang menyalurkan hobinya dengan menulis kisah-kisah fiktif berdasarkan idola mereka, ini disebut juga sebagai AU (Alternate Universe). 

Biasanya AU di-publish melalui Twitter, apabila banyak disukai pembaca, tak tanggung-tanggung kamu bisa merilisnya menjadi sebuah novel. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri, karena menciptakan suatu karya yang disukai banyak orang.

Itu dia beberapa pekerjaan yang cocok untuk KPopers. Namun, hal ini kembali kepada perusahaan dan diri kamu masing-masing. Memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan tersebut, namun jika kamu beruntung dan giat mengejarnya kesempatan bertemu idola secara dekat bisa saja terjadi.

So, pekerjaan KPopers mana yang ingin kamu geluti?

Baca juga: 4 Inspirasi Profesi di Drakor untuk Karier di Masa Depan

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond