gagal menampilkan data

Article

3 Perbedaan Jurusan Administrasi Bisnis & Manajemen Bisnis, Pahami Sebelum Pilih!

Written by Adila Putri Anisya

Saat masuk kuliah, calon mahasiswa mungkin dibikin bingung dengan pilihan jurusan administrasi bisnis dengan manajemen bisnis. Kedua jurusan ini, sama-sama mempelajari tentang bisnis, namun apa yang membedakan keduanya?

Wajar, jika kamu tidak tahu perbedaannya. Namun, jika dihadapi dengan kedua pilihan ini, tentu kamu harus memahami perbedaan keduanya secara mendalam, karena hal ini dapat berpengaruh pada masa depanmu nanti yang ingin bekerja dalam ranah bisnis.

Jika kamu penasaran dengan perbedaan administrasi bisnis dan manajemen bisnis, baca informasi berikut sampai habis ya!

Baca juga: 5 Perbedaan Diploma dan Sarjana beserta Kelebihan Kekurangannya

APA ITU JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS?

Jurusan administrasi bisnis mempelajari tentang segala aspek administrasi dan operasional yang ada dalam bisnis. Kamu akan belajar mengenai ilmu pemasaran, hukum bisnis dan etika, hingga akuntansi.

Mahasiswa administrasi bisnis juga akan mempelajari teknik-teknik administrasi kantor, pengelolaan dokumen, serta strategi pengambilan keputusan.

Program studi ini biasanya memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana menjalankan tugas-tugas administratif dengan efisiensi dan efektif.

Dilansir dari indeed, mahasiswa akan mempelajari administrasi bisnis secara umum. Begitu mereka memahami berbagai peran bisnis secara umum, mereka memilih salah satu dan menyatakan peran tersebut sebagai peran utama mereka, misalnya memilih fokus pada bidang akuntansi.

Baca juga: 10 Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja Menjanjikan Tahun 2024, Ada Jurusanmu?

APA ITU JURUSAN MANAJEMEN BISNIS?

Jurusan manajemen bisnis akan mempelajari suatu hal yang melibatkan kepemimpinan, strategi, perancangan, hingga pengelolaan suatu usaha atau bisnis.

Mahasiswa manajemen bisnis juga akan belajar ilmu dasar bisnis, kemudian akan fokus pada topik lanjutan yang berkaitan dengan kepemimpinan, seperti proses manajemen dan operasional, manajemen sumber daya manusia, hingga strategi bisnis, cocok untuk kamu yang ingin berkarier dalam bidang wirausaha, karena jurusan ini memang dibentuk untuk seseorang yang mahir dalam bisnis dan manajemen.

Baca juga: Boleh Nggak, Sih Kuliah S2 Lintas Jurusan? 10 Prodi S2 di Bawah Ini Terima Lulusan S1 Beda Jurusan

PERBEDAAN UTAMA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS DAN MANAJEMEN BISNIS

Setelah mendalami perbedaan antara kedua jurusan ini, mungkin kamu sudah mulai membayangkan perbedaannya. Meskipun begitu, kamu mungkin masih ingin memahami lebih mendalam mengenai perbedaan keduanya. 

Jadi, apa saja perbedaan utamanya? Setidaknya ada tiga perbedaan utama dari administrasi bisnis dan manajemen bisnis, yaitu:

FOKUS PEMBELAJARAN

Jurusan administrasi lebih berorientasi pada pengoperasian dan cenderung dilakukan dalam jangka pendek. Jika kamu masuk jurusan ini, kamu akan fokus untuk belajar bagaimana mengatur operasi bisnis, etika bisnis, hingga cara mengelola sumber daya.

Di sisi lain, manajemen bisnis memiliki cakupan yang lebih abstrak dan berorientasi pada jangka panjang. Fokusnya adalah pada pengambilan keputusan strategis yang membentuk arah dan kemajuan suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan tingkat keterampilan dan pemahaman bisnis yang lebih mendalam karena mereka juga nantinya akan mengarahkan, mengendalikan, serta mengatur berbagai proyek dan tujuan.

KETERAMPILAN

Perbedaan administrasi bisnis dan  manajemen bisnis selanjutnya yaitu soal keterampilan. Dilansir dari West Virginia University lulusan administrasi bisnis harus memiliki keterampilan dalam: 

  • Perencanaan strategis
  • Analitis dan terorganisir
  • Mampu bekerja dalam lingkungan yang serba cepat
  • Pemecahan masalah yang cepat
  • Pendengar yang aktif
  • Empati, dan
  • Berorientasi pada detail

Sementara itu, lulusan manajemen bisnis harus menonjolkan:

  • Kreativitas dan inovatif
  • Memiliki visi yang mampu melihat gambaran besar
  • Menjadi motivator karyawan
  • Mampu mendelegasikan tugas secara efisien

PELUANG KERJA

Adapun jurusan administrasi bisnis peluang kerja yang perlu diketahui, begitu pun dengan manajemen bisnis. Berikut adalah peluang kerjanya masing-masing. 

Jurusan Administrasi BisnisJurusan Manajemen Bisnis
AkuntanManajer pemasaran
Spesialis pemasaranBusiness development
Staf administrasiEntrepreneur
Staf Sumber Daya Manusia (HRD)Project manager
Analisis riset pasarRisk manager
Sales managerKonsultan bisnis
Staf Tata Usaha (Admin)Manajer keuangan
Digital marketingManajer Sumber Daya Manusia
AuditorManajer operasi

Baca juga: Profesi Project Manager: Kenali Jobdesk, Skill, dan Jenjang Kariernya, Gajinya Capai 150 juta?

MANA JURUSAN YANG TEPAT?

Jika kamu bingung mau memilih jurusan yang mana. Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri, yaitu

Apa minat dan kecenderungan saya?

  • Jika kamu tertarik dengan aspek teknis operasional dan kegiatan administratif dalam bisnis, kamu bisa pilih administrasi bisnis.
  • Jika kamu lebih tertarik pada pengambilan keputusan strategis, pengelolaan sumber daya, dan pengembangan visi organisasi, kamu bisa pilih manajemen bisnis.

Keterampilan apa yang ingin saya kembangkan?

  • Jika kamu ingin mengasah keterampilan dalam mengatur operasi bisnis, mengelola sumber daya, dan memahami proses administratif, maka pilih administrasi bisnis.
  • Jika kamu tertarik untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, analisis strategis, dan pengambilan keputusan yang strategis untuk memajukan sebuah organisasi, maka pilih manajemen bisnis.

Apa tujuan karier saya?

  • Jika memiliki minat untuk mengejar karier dalam bidang administratif, seperti manajemen operasi, manajemen proyek, atau administrasi perusahaan, kamu bisa pilih jurusan administrasi bisnis.
  • Jika memiliki ambisi untuk mencapai posisi manajemen tingkat tinggi, seperti manajer umum, direktur, atau konsultan manajemen, maka pilih jurusan manajemen bisnis.

Itulah beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan pertimbangan antara memilih jurusan administrasi bisnis atau manajemen bisnis. Dengan begitu, kamu tidak “terjebak” dalam salah pilih jurusan. 

Semoga membantu!

Dapatkan informasi penting lainnya seputar jurusan kuliah dengan gabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Ini Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Kemampuanmu

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond