gagal menampilkan data

Article

15 Rekomendasi Film Romantis Indonesia dari Akhir Bahagia hingga Tragis, Sudah Nonton?

Written by Adila Putri Anisya

Film romantis Indonesia menarik perhatian penonton dengan beragam cerita yang ditawarkan, mulai dari yang berakhir bahagia hingga berakhir dengan kesedihan yang mendalam.

Tak hanya menceritakan kisah remaja, namun juga kisah hubungan rumah tangga. Kisah romantis ini, terkadang membawa kita masuk ke dalam suasana, bahkan setelahnya bikin kita nggak bisa move on. 

Hal ini tentunya berkat alur cerita yang menarik, dan kemampuan para pemain dalam membangun chemistry yang kuat, sehingga menjadikan pengalaman menontonnya begitu menghibur dan membuat penonton larut dalam cerita.

Baca juga: 7 Film Bioskop Horor Maret 2024, Banyak yang Bikin Tegang! 

REKOMENDASI FILM ROMANTIS INDONESIA 

Berikut adalah beberapa film bergenre romantis Indonesia yang layak kamu tonton, dari yang berakhir happy hingga sad ending!

ADA APA DENGAN CINTA? (2002)

film romantis indonesia Ada Apa Dengan Cinta?
Sumber foto: IMDb

Film ‘Ada Apa dengan Cinta?’ atau AADC merupakan film romantis terbaik Indonesia yang setidaknya harus ditonton satu kali seumur hidup. 

Film yang dirilis pada tahun 2002 ini, bahkan masih banyak dibicarakan sebagai salah satu film paling romantis di tengah film-film baru yang muncul.

AADC menceritakan kisah remaja SMA, di mana seorang perempuan bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) harus memilih antara geng sahabatnya atau orang yang dicintainya, bernama Rangga (Nicholas Saputra).

EIFFEL… I’M IN LOVE (2003)

film romantis indonesia Eiffel… I’m in Love
Sumber foto: IMDb

Film awal 2000-an memang tak pernah gagal menciptakan film romantis. Selain AADC, film ‘Eiffel… I’m in Love’ juga wajib ditonton. 

Berkisah tentang perjodohan, film ini menceritakan Tita (Shandy Aulia) yang memiliki hidup sempurna, mulai dari keluarga yang kaya, sahabat yang suportif dan pacar yang setia.

Namun, di sisi lain, orang tua Tita yang strict, membuat dirinya sulit bertemu dengan pacarnya. Hal ini dikarenakan keinginan orang tua Tita untuk menjodohkannya dengan Adit (Samuel Rizal), putra dari teman mereka yang baru pulang dari Prancis dan tinggal bersama. 

Meskipun awalnya terjadi kekacauan, namun kisah cinta mereka pada akhirnya berujung dengan kebahagiaan yang romantis.

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (2013)

film romantis indonesia Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Sumber foto: IMDb

Bermula dari sebuah karya novel yang populer pada tahun 1939, yang ditulis oleh Buya Hamka berjudul ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck’. Pada tahun 2013, akhirnya diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama. 

film romantis Indonesia ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Zainuddin (Herjunot Ali) dan seorang perempuan bernama Hayati (Pevita Pearce), yang tidak dapat bersatu karena terhalang oleh adat istiadat.

Berlatar pada tahun 1930-an di Padang Panjang, film ini memberikan pengalaman kepada penonton untuk merasakan suasana zaman dahulu, sekaligus mengikuti kisah cinta romantis yang berakhir tragis.

HABIBIE & AINUN (2012)

film romantis indonesia Habibie & Ainun
Sumber foto: IMDb

Habibie & Ainun adalah sebuah film yang mengangkat kisah nyata dari kehidupan presiden ketiga Indonesia, yakni Habibie, beserta istrinya Ainun. 

Film ini mengisahkan tentang Rudy Habibie, seorang lelaki yang memiliki kejeniusan dan cita-cita besar untuk berbakti kepada Indonesia. 

Habibie dan Ainun dipertemukan saat mereka SMP, dan kembali bertemu saat dewasa pada tahun 1962. Pada waktu itu, keduanya saling jatuh cinta dan akhirnya memutuskan untuk menikah. 

Saat menikah, Habibie masih teguh dengan mimpinya, dan membawa Ainun untuk ikut dengannya ke Jerman. Perjalanan mereka di Jerman tidaklah mudah, di mana banyak liku-liku kehidupan dan dinamika rumah tangga yang mereka hadapi, dari kebahagiaan hingga kesedihan.

MAGIC HOUR (2015)

film romantis indonesia magic hour
Sumber foto: IMDb

Magic Hour merupakan film romantis Indonesia sad ending, diperankan oleh Michelle Ziudith dan Dimas Anggara, menceritakan kisah romantis-tragis antara Raina (Michelle) dan Dimas (Dimas Anggara). 

Kehadiran Dimas dalam hidup Raina yang tidak direncanakan, bagaikan magic hour. Di sisi lain, sahabat Raina bernama Toby (Rizky Nazar) telah mencintainya sejak lama. 

Kisah mulai menjadi tragis, ketika Raina mengalami kecelakaan dan membuatnya buta. Disaat itu, penyakit Dimas mulai parah hingga diprediksi waktunya tidak lama lagi. Membuat kedua kisah cinta mereka berakhir dalam kesedihan.

DEAR NATHAN (2017)

film romantis indonesia dear nathan
Sumber foto: Netflix

Diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama, drama romantis indo berjudul ‘Dear Nathan’ sempat memiliki popularitas yang baik pada tahun 2017.

Film ini mengisahkan sepasang remaja SMA, bernama Salma (Amanda Rawles) yang merupakan siswi pindahan, dan Nathan (Jefri Nichol) siswa berandalan yang hobi berkelahi.

Meski awalnya Salma menolak kehadiran Nathan, namun akhirnya luluh juga, dan mencoba untuk merubah sikap Nathan yang berandalan. 

Di tengah-tengah perjalanan cinta mereka, konflik dari keluarga Nathan dan mantan pacarnya, Aurora, muncul, menggoyahkan hubungan mereka.

Kisah cinta remaja yang dipenuhi dengan kegigihan Nathan untuk mendapatkan Salma, serta usaha mereka untuk mempertahankan hubungan, menjadi fokus dalam film ini, berhasil membuat penonton terhanyut dalam alur ceritanya.

TEMAN TAPI MENIKAH (2018)

film romantis indonesia teman tapi menikah
Sumber foto: Cinema Poetica

Sesuai dengan judulnya, ‘Teman Tapi Menikah’ merupakan film romantis Indonesia yang mengisahkan hubungan pertemanan menjadi kisah romantis. Film ini diangkat dari kisah nyata, artis Ayu Bing Slamet dengan suaminya, Ditto. 

Diceritakan Ditto (Adipati Dolken) memiliki perasaan terhadap sahabatnya, bernama Ayu (Vanesha Prescilla) yang terjebak dalam friendzone selama 11 tahun sejak SMP.

Sayangnya, Ayu hanya menganggap Ditto adalah teman curhat, sampai akhirnya Ayu bilang ke Ditto, bahwa dirinya telah menemukan pasangan untuk dinikahi. Ada perang batin dalam dirinya, yang membuat rencanakan pernikahannya gagal. Memangnya, apa yang membuat Ayu gagal dengan rencana pernikahan tersebut?

DILAN 1990 (2018)

film romantis indonesia Dilan 1990
Sumber foto: IMDb

Diangkat dari sebuah cerita novel dengan judul yang sama, film Dilan telah sukses menjadi drama indo romantis yang memiliki empat sekuel. Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, berhasil memiliki chemistry yang kuat sebagai Dilan dan Milea. 

Film yang berlatar tahun 1990 saat SMA ini, mengisahkan hubungan cinta remaja antara Dilan, ketua geng motor di Bandung, dan Milea, siswi pindahan yang memiliki wajah cantik.

Suatu hari, Dilan tertarik dengan Milea dan mendekatinya dengan cara-cara yang unik, membuat Milea akhirnya jatuh hati ke pelukan Dilan.

Konflik dari film ini, berawal ketika Dilan yang tidak bisa keluar dari zona geng motornya, membuat Milea frustasi dengan kelakukan Dilan. 

Kamu bisa menonton film ini, mulai dari Dilan 1990, Dilan 1991, Milea: Suara dari Dilan, dan Ancika. 

IMPERFECT: KARIER, CINTA & TIMBANGAN (2019)

Film ‘Imperfect’ menyajikan cerita yang sangat inspiratif, bercerita tentang seorang perempuan gemuk sawo matang, bernama Rara (Jessica Mila) yang bekerja sebagai manajer riset di perusahaan kosmetik.

Meski selalu mendapatkan perlakuan buruk oleh lingkungannya, namun kekasihnya, Dika (Reza Rahadian) mencintai Rara apa adanya. Sebuah perubahan drastis terjadi, ketika Kelwin (Dion Wiyoko) menyuruh Rara untuk mengubah total tampilannya agar bisa naik jabatan. 

Film ini tak hanya bercerita tentang perjuangan Rara untuk merubah penampilannya, namun juga bagaimana ketulusan orang-orang di sekitar Rara yang tidak melihatnya dari fisik.

A PERFECT FIT (2021)

film romantis indonesia a perfect fit
Sumber foto: Netflix

A Perfect Fit merupakan film romantis Indonesia yang berlatar Bali, mengisahkan fashion blogger bernama Saski (Nadya Arina) dan Rio (Refal Hady), seorang pembuat sepatu.

Saski, merupakan tunangan dari seorang bangsawan Bali, meski begitu, hatinya tidak tulus mencintai tunangan tersebut karena paksaan keluarga. 

Suatu ketika, Saski bertemu dengan Rio di toko sepatu, yang membuat cinta mereka tumbuh. Meski begitu, adanya kelangsungan budaya, membuat konflik di antara mereka, sehingga takdir sulit menyatukan mereka.

Film ini menyuguhkan suasana Bali yang kental, membawa penonton diajak liburan untuk ke Bali. Banyak pesan yang disampaikan dalam film ini, misalnya, soal menentukan pasangan hidup.

SAYAP-SAYAP PATAH (2022)

film romantis indonesia sayap-sayap patah
Sumber foto: IMDb

Kalau kamu cari film romantis Indonesia yang berakhir tragis, kamu wajib nonton ‘Sayap-Sayap Patah’. Film ini, terinspirasi dari kisah tragis kerusuhan Mako Brimob pada 2018 lalu.

Pada awal film diceritakan keharmonisan rumah tangga antara Ipda (Nicholas Saputra) dengan istrinya, Nani (Ariel Tatum) yang merupakan pasangan muda.

Aji yang saat itu tengah menantikan kehadiran buah hati, harus ditugaskan untuk bergabung dalam tim Densus 88 untuk melakukan tugas berbahaya, membuat Aji menjadi salah satu korban yang tewas dalam insiden. Kabar tersebut, menghancurkan hati Nani yang baru saja melahirkan anak pertama mereka.

Film ini sangat menyayat hati, menceritakan keteguhan hati Nani yang menjadi single parent, karena harus kehilangan suami yang dicintainya.

GALAKSI (2023)

film romantis indonesia Galaksi
Sumber foto: RRI

Film ‘Galaksi’ merupakan kisah romansa SMA yang menghadirkan artis Mawar Eva dan Bryan Domani sebagai pemeran utama.

Diceritakan Galaksi (Bryan) seorang siswa SMA Ganesha, ketua geng dari Ravista, yang ditakuti di sekolahnya. Sementara itu, Kejora (Mawar), adalah anggota paskibra di sekolah.

Kisah mereka berawal dari Kejora yang berurusan dengan geng sekolah lain, yang juga merupakan rival dari geng Ravista. 

Konflik membuat Galaksi harus melindungi Kejora, yang tanpa disadari, Galaksi mulai jatuh cinta pada Kejora.

Meski alur ceritanya sangat klasik, namun kisah SMA dan hubungan romansa mereka berdua, dijamin bikin penonton baper.

PANDUAN MEMPERSIAPKAN PERPISAHAN (2023)

film romantis indonesia panduan mempersiapkan perpisahan
Sumber foto: IMDb

Film ‘Panduan Mempersiapkan Perpisahan’ mengisahkan hubungan tanpa status yang dijalin antara Bara (Daffa Wardhana) dan Demi (Lutesha). 

Selama menjalani hubungan tersebut, Bara merasa sangat bahagia, namun di sisi lain mereka tidak memiliki hubungan yang jelas.

Demi yang tak percaya dengan hubungan tersebut, kian datang dan pergi, membuat Bara bingung dengan hubungan mereka dan akhirnya terpaksa untuk berpisah.

Dalam film ini, penonton akan dibuat relate dengan kisah cinta hubungan tanpa status. Banyak konflik dan perdebatan batin yang tersaji selama film ini berlangsung.

CATATAN SI BOY (2023)

Berkisah tentang Boy (Angga Yunanda), lelaki tampan, kaya raya dan memiliki hati yang lembut. Tak heran jika dirinya banyak disukai. Meski demikian, Boy memiliki kekasih bernama Nuke (Syifa Hadju), perempuan cantik, anak dari pejabat publik.

Sayangnya hubungan mereka tidak direstui oleh Ayah Nuke. Hal tersebut, membuat hubungan mereka kandas, sehingga Boy sangat larut dalam kesedihan.

Di tengah kesedihan, Boy bertemu dengan Vera (Alyssa Daguise) yang menyembuhkan hatinya. Namun, mantan Vera, bernama Jeffrey mulai mengganggu hubungan mereka, ditambah lagi Nuke kembali datang ke kehidupan Boy.

Film ini menceritakan kisah romansa remaja dewasa yang cukup complicated, namun ada beberapa adegan romantis yang pastinya bikin penonton baper.

172 DAYS (2023)

film romantis indonesia 172 days
Sumber foto: IMDb

Film ‘172 Days’ diangkat dari kisah nyata dari anak almarhum KH Arifin Ilham, yaitu almarhum Ameer Azzikra bersama istrinya Nadzira Shafa.

Dikisahkan, Zira merupakan seorang perempuan yang tumbuh di keluarga agamis, namun karena masalah yang dihadapinya, membuat dirinya jauh dari agama, sehingga gemar bersenang-senang ke klub bersama temannya.

Suatu hari, dirinya mencoba bunuh diri dan mencoba tersadar untuk kembali ke jalan yang benar. Disaat istiqamah itulah, ia bertemu dengan Ameer Azzikra (Bryan Domani), seorang ustad yang menarik perhatian Zira.

Keduanya, saling jatuh cinta hingga akhirnya menikah. Namun, di tengah kebahagiaan pernikahan, Ameer mengidap penyakit, yang membuat kisah mereka berakhir dalam kesedihan.

Selama pernikahan 172 hari sebelum kepergian almarhum Ameer, banyak kisah romantis religi sekaligus kisah mengharukan, yang pastinya membuat penonton menangis dalam film.

Dari 15 film romantis Indonesia di atas, adakah yang menarik perhatianmu?

Mau tahu rekomendasi film Indonesia lainnya? Yuk, gabung Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Indonesia, Siap Menemani Libur Akhir Tahunmu!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond