gagal menampilkan data

Article

Tanpa Batch, Magang Mandiri Kampus Merdeka Dibuka Sepanjang 2024, Cek Cara Daftarnya!

Written by Adila Putri Anisya

Kamu sedang mencari lowongan magang? Sekarang, Kampus Merdeka membuka platform Magang Mandiri, lho. Melalui platform ini, kamu bisa mencari sendiri lowongan yang sesuai dengan minat kamu.

Untuk mengenal lebih jelas tentang magang ini, simak ulasan berikut sampai habis, ya!

Baca juga: Program MSIB Kampus Merdeka 2023/2024 yang Wajib Banget Mahasiswa Ikuti!

APA ITU MAGANG MANDIRI KAMPUS MERDEKA?

Magang Mandiri adalah sub-bagian dari kebijakan Kampus Merdeka Mandiri, yang didukung oleh Kemendikbud-Ristek yang difasilitasi melalui fitur posting lowongan magang melalui platform Kampus Merdeka.

Melalui platform tersebut, mahasiswa dapat memilih lowongan magang sesuai dengan minat, sehingga bebas melamar ke perusahaan mana pun dengan posisi yang tersedia.

Berbeda dengan Magang Bersertifikasi Kampus Merdeka (MBKM), yang merupakan program magang bersertifikasi dari Kemendikbud-Ristek. Magang Mandiri tidak memberikan benefit seperti MBKM, yaitu sertifikat resmi dari Kemendikbud, mentoring, atau insentif, tapi bergantung perusahaannya.

Namun, kamu tetap mendapatkan benefit lain yang mungkin ditawarkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan akan menawarkan benefit atau insentif berbeda-beda, bisa lebih kecil ataupun lebih besar.

Jika MSIB diawasi langsung oleh Kemendikbud-Ristek, magang secara mandiri ini, dikelola langsung oleh tiap perguruan tinggi, sehingga mahasiswa wajib meminta izin kepada perguruan tinggi untuk ikut aktivitas magang.

Baca juga: Cara Daftar Studi Independen Kampus Merdeka, Deadline 22 Desember 2023!

APA KEUNGGULAN DARI MAGANG MANDIRI?

Magang secara Mandiri ini, memiliki beberapa keunggulan pada mahasiswanya yang melamar magang melalui platform ini, seperti:

LEBIH TERFOKUS

Mahasiswa akan lebih terfokus saat mencari lowongan magang karena hanya pada satu platform. Hal ini memberikan pengalaman yang lebih mudah bagi kamu yang ingin cepat mendapatkan tempat magang.

KELELUASAAN

Kamu tak hanya dapat melamar satu perusahaan saja, namun kamu memiliki keleluasaan untuk melamar ke beberapa perusahaan dengan tidak terbatas, sehingga semakin banyak perusahaan yang dilamar, semakin cepat juga mendapatkan tempat magang. 

DIBUKA SEPANJANG TAHUN

Tak seperti MSIB yang dibuka mengikuti batch dan gelombang pendaftaran, jenis magang ini akan dibuka sepanjang tahun. Jadi, kamu bebas membuka platform Magang Mandiri Kampus Merdeka pada saat diperintahkan magang oleh perguruan tinggi. 

TIDAK ADA BATAS KUOTA

Tak ada batasan kuota pendaftaran bagi pelamar mahasiswa. Sementara itu, MSIB biasanya menyiapkan kuota sebanyak 45 ribu mahasiswa untuk magang bersertifikat dan studi independen.

TIDAK DIWAJIBKAN MENGUMPULKAN LAPORAN HARIAN, BULANAN DAN AKHIR

Bagi mahasiswa, mungkin mengumpulkan laporan harian dan bulanan cukup berat di tengah-tengah kegiatan magang. Jika pada program MSIB mahasiswa diminta untuk mengumpulkan laporan harian dan bulanan, namun pada Magang ini diberikan keleluasaan pada perusahaan dan perguruan tinggi. Namun, biasanya tidak wajib, hanya laporan akhir saja.

DURASI WAKTU MAGANG FLEKSIBEL

Durasi waktu magang lebih fleksibel dan variatif, namun umumnya setiap kampus memberikan durasi magang setidaknya tiga bulan. Berbeda dengan MSIB yang memiliki durasi waktu magang yang ditetapkan selama satu semester, setara dengan 20 SKS.

Baca juga: Magang Merdeka Batch 6 2023/2024 Dibuka, Cek Jadwal dan Cara Daftarnya!

APAKAH MAGANG MANDIRI BISA DIKONVERSI?

Pertanyaan seperti ini seringkali muncul pada mahasiswa yang ingin magang. Apakah Magang Mandiri bisa dikonversi atau tidak? Jawabannya bisa, namun harus disesuaikan dengan apa yang dilaksanakan di tempat magang tersebut, dengan capaian pembelajaran mata kuliah prodi. 

Jadi, pastikan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kaprodi atau program studi masing-masing.

Baca juga: Ikuti 7 Tips Pintar Ini untuk Ubah Pengalaman Magang Jadi Full-Time, Fresh Graduate Harus Tahu!

CARA DAFTAR MAGANG MANDIRI

Untuk mendaftar magang di platform Kampus Merdeka, mahasiswa diharapkan sudah mendaftar akun Kampus Merdeka, kemudian mengikuti cara berikut ini:

  • Kunjungi website resmi Kampus Merdeka: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/.
  • Pastikan sudah masuk dengan Akun-mu.
  • Di dashboard bagian ‘Program dan Kegiatan Unggulan’ klik bagian ‘Magang Mandiri’ kemudian ‘Cari Posisi Magang’.
  • Pastikan di bawah search ‘Cari Lowongan’ berada di filter ‘Mandiri’.
  • Pilih lowongan yang tersedia sesuai dengan minat kamu. Tersaji secara jelas keterangan posisi, nama perusahaan, dan sistem kerja (WFO, hybrid, WFH).
  • Lihat tentang posisi dan tentang perusahaan, biasanya disebutkan benefit dan profil perusahaan.
  • Jika sudah yakin, klik ‘Daftar’ nanti biasanya kamu akan diminta untuk melengkapi CV, portofolio (jika ada), dan lain-lain (tergantung platform di Kampus Merdeka ataupun di luar).

Catatan

Saat mendaftar magang, pastikan bahwa kamu masuk dalam kualifikasi yang telah tertera saat mendaftar. Prosesnya, tergantung dari keaktifan perusahaan, bisa cepat maupun lambat. Jadi, pastikan sabar untuk menunggu, dan sebaiknya mendaftar lebih dari satu perusahaan untuk mendapatkan kesempatan magang lebih tinggi.

Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi Kampus Merdeka Magang Mandiri, atau kunjungi Instagram resminya @magangmandiri_ri.

Diskusi seputar Magang Mandiri MBKM dengan komunitas Girls Beyond Circle, yuk!

Baca juga:  5 Tips Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa dan Persiapannya

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond