gagal menampilkan data

Article

Fakta Menarik Alur Cerita Avatar: The Last Airbender 2024, Sudah Tahu?

Written by Adila Putri Anisya

Salah satu animasi legendaris dunia ‘Avatar’, kini kembali diperbincangkan. Hal ini dikarenakan animasi tersebut kembali diadaptasi menjadi live action dengan judul ‘Avatar The Last Airbender’, dan telah mulai ditayangkan sejak tanggal 22 Februari di platform Netflix.

Bagi para penggemar animasi, tentunya familiar dengan kekhasan alur cerita Avatar yang selalu disajikan dengan detail dan daya tarik yang memukau. Namun, di balik alur cerita tersebut, terdapat sejumlah fakta menarik mengenai film ‘Avatar The Last Airbender’ yang mungkin belum semua orang sadari. 

Untuk itu, Girls Beyond telah menyusun rangkuman fakta-fakta seru yang patut untuk diungkap. Simak ulasan berikut ini sampai habis!

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Korea di Netflix Paling Recommended, Dari Aksi hingga Melodrama!

SINOPSIS FILM AVATAR THE LAST AIRBENDER

Avatar: The Last Airbender mengisahkan tentang perjalanan seorang laki-laki bernama Aang yang merupakan seorang Avatar, seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan keempat elemen: air, tanah, api, dan udara. 

Dalam dunia yang terpecah menjadi empat bangsa yang menguasai masing-masing elemen, Aang harus memperjuangkan perdamaian dan keseimbangan antara keempat bangsa tersebut. Ditemani oleh sahabat-sahabatnya, Katara dan Sokka, serta menghadapi berbagai tantangan dan musuh, Aang berusaha memenuhi takdirnya sebagai penjaga keseimbangan dunia. 

Melalui petualangannya yang penuh liku dan pertarungan, ‘Avatar: The Last Airbender’ menawarkan cerita yang mendalam tentang pertemanan, keberanian, dan pengorbanan dalam menjaga keharmonisan antara manusia dan alam.

Baca juga: 10 Film untuk Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Mudah Dipahami!

FAKTA AVATAR THE LAST AIRBENDER 2024

Dibalik ceritanya yang apik, yuk kita telusuri fakta alur cerita Avatar 2024 ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fakta alur ceritanya.

AVATAR: THE LAST AIRBENDER SEPERTI ADAPTASI DARI DUNIA NYATA

Dilansir dari akun Twitter @gumifachrun, Negara Api menyerupai bangsa Eropa pada zaman revolusi industri yang memiliki kekuatan militer dan ambisi untuk menganeksasi wilayah lain.

Kerajaan Bumi sendiri, mewakili entitas tradisional yang memiliki sistem pemerintahan yang mirip dengan kerajaan-kerajaan di Asia seperti kerajaan Mongol. 

Dalam kerajaan Bumi, terdapat struktur desentralisasi yang memungkinkan wilayah-wilayah seperti Omashu memiliki otonomi dalam kepemimpinan mereka sendiri, seperti yang terjadi pada dinasti-dinasti Mongol, yaitu, Chagatai, Ilkhanate, Golden Horde, dan Yuan.

Negara Api, dengan kekuatan revolusi industri dan ambisinya, sering menargetkan kerajaan yang masih bergantung pada sumber daya alam mereka.

NEGARA API INGIN MENYAPU BERSIH KERAJAAN BUMI MIRIP SEPERTI PERANG DUNIA II

Momen di mana Negara Api mencoba untuk menyapu bersih Kerajaan Bumi dengan menggunakan zeppelin merupakan salah satu puncak konflik dalam cerita Avatar: The Last Airbender. Azula, adalah otak di balik rencana tersebut.

Analogi ini mengingatkan kita pada serangan bom yang diarahkan ke kota-kota besar dan area pendudukan selama perang dunia, seperti pengeboman di Dresden dan Hiroshima.

Namun, melalui kerja sama dan perlawanan dari banyak pihak, termasuk Aang dan sekutunya, upaya Negara Api untuk menaklukkan Kerajaan Bumi berhasil digagalkan. 

AANG, ZUKO, DAN RAJA BUMI MELAKUKAN REKONSILIASI MIRIP DENGAN ERA DEKOLONISASI PASCA PERANG DUNIA II

Upaya rekonsiliasi yang dilakukan oleh Zuko, Aang, dan Raja Bumi menarik semua koloni Negara Api dari wilayah Kerajaan Bumi memang mencerminkan era dekolonisasi pasca Perang Dunia II di dunia nyata. 

Era ini ditandai dengan upaya negara-negara kolonial untuk menarik diri dari wilayah-wilayah jajahannya dan memberikan kemerdekaan kepada bangsa-bangsa yang telah lama dikuasai.

Setelah penarikan koloni, muncul sebuah entitas yang disebut Republik City, di mana semua bender dapat menetap. 

Republik City sendiri, mirip dengan kota New York, yang menjadi pusat perekonomian dan kemajuan peradaban. Peradaban pun semakin maju, seperti era sekarang yang akhirnya membuat cerita bersambung ke Avatar Korra.

SISTEM PEMERINTAHAN FIRE NATION ‘UNIK’ DIBANDINGKAN NEGARA LAIN

Fire Nation digambarkan sebagai negara yang memiliki sistem pemerintahan unik yang menggabungkan unsur monarki, fasisme, dan kolonialisme. Mereka menganggap warga koloni sebagai warga kelas dua.

Fire Nation merupakan satu-satunya negara besar di dunia “Avatar”, dengan semua pengendali api bersatu di sana. Jika dibandingkan dengan tiga negara lainnya yaitu, Earth Kingdom (Kerajaan), Water Tribe (Kesukuan), dan Air Nomads (Pengembara), berdasarkan sistem pemerintahan, Nation (Kebangsaan), memang lebih kuat, karena ada rasa “senasib”. 

UNIVERSE AVATAR: THE LAST AIRBENDER MEMILIKI JURNAL ILMIAH

Berdasarkan informasi dari akun Twitter @mhuseinali, universe Avatar ini memiliki jurnal ilmiah. 

Salah satu kritik yang besar terhadap pembagian peran di Northern Water Tribes adalah pembagian gender yang terjadi di sana. Di mana perempuan diajarkan untuk mempelajari seni penyembuhan (healing), sementara laki-laki fokus pada kemahiran pengendalian air (waterbending). 

Konsep perubahan (progres) dalam suatu budaya seringkali dianggap sebagai penghilangan terhadap kebudayaan lokal karena melibatkan hilangnya tradisi dan nilai-nilai yang dianggap sebagai bagian penting dari identitas budaya

ORGANISASI TERATAI PUTIH & TERATAI MERAH BENAR ADA DI ZAMAN DINASTI HAN

Order of the White Lotus, atau Teratai Putih, merupakan sebuah masyarakat rahasia yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan tanpa memandang afiliasi politik atau kenegaraan individu. Meskipun masyarakat ini muncul dalam fiksi “Avatar”, konsepnya terinspirasi oleh organisasi yang benar-benar ada pada zaman Dinasti Han di Tiongkok.

Sementara itu, Order of the Red Lotus, atau Teratai Merah juga muncul, dan menonjolkan diri sebagai organisasi anarkis terbesar dalam dunia Avatar. Ketua organisasi ini, Zaheer, menjadi tokoh yang mencolok dalam perjuangan mereka.

Yuk, diskusi bareng seputar series Avatar The Last Airbender dengan teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 6 Film Bioskop Horor Maret 2024, Banyak yang Bikin Tegang!

Sumber foto: Netflix

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond