gagal menampilkan data

Article

5 Manfaat Mandi Subuh Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu!

Pagi hari memang waktu yang pas untuk memulai aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mengawalinya dengan mandi pagi terlebih dahulu. Sebagai rutinitas setiap hari, mandi bertujuan untuk membersihkan dan menyegarkan tubuh. 

Waktu pagi hari atau subuh menjadi waktu terbaik untuk mandi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, beberapa orang banyak yang melewatkan aktivitas ini karena suhunya terlalu dingin. Padahal, ada banyak manfaat mandi subuh yang berguna bagi kesehatanmu. Salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, loh

Nah, kira-kira manfaat lainnya mandi subuh ada apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini

Baca juga: 5 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Mudah Dilakukan, Yuk Coba!

1. MEMBUAT SUASANA HATI LEBIH BAIK

Pernah merasa tidak bersemangat di pagi hari? Mungkin sebagian besar dari kita pernah merasakan lelah atau perasaan capai di pagi hari, apalagi di hari Senin. Agar kamu tetap bersemangat menjalani hari, mandi bisa dijadikan solusi terbaik. 

Tidak hanya berguna untuk membersihkan tubuh dari segala kotoran dan debu yang menempel, mandi juga berguna untuk meningkatkan mood lebih baik. Dilansir dari halodoc.com, otak akan menstimulasi titik biru yang menjadi sumber noradrenalin yang berguna untuk mengurangi perasaan lelah dan tidak bersemangat pada tubuh. Hormon endorfin yang berperan dalam munculnya perasaan bahagia juga meningkat ketika kamu mandi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat mandi subuh air dingin dengan berendam bisa mengurangi energi negatif dari tubuh, seperti rasa sedih, cemas, dan tegang. Oleh karena itu, mandi bisa kamu jadikan sebagai kegiatan untuk mengawali hari baru di pagi hari.

2. MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH

Tak banyak yang tahu bahwa mandi di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Dengan melakukan aktivitas ini, kamu bisa menurunkan resiko varises, hipertensi, dan pengerasan pembuluh darah yang berbahaya.

Artinya, tubuh akan melepas rasa tegang dan lebih rileks sehingga berdampak pada sirkulasi darah yang lebih lancar. Tubuh juga terasa lebih ringan dan segar setelah mandi. Perlu diperhatikan, ketika udara terasa sangat dingin dianjurkan untuk segera mandi dengan air dingin karena berpotensi menyebabkan hipotermia. 

3. MEREDAKAN RASA NYERI

Manfaat mandi subuh selanjutnya, yaitu bisa meredakan rasa nyeri otot pada tubuh. Pegal-pegal dan rasa kaku mungkin akan ketika berolahraga pagi. Rutin mandi pagi dengan air dingin ternyata cukup efisien untuk meredakannya. Dengan berendam di suhu 10-15 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit, tubuh akan lebih rileks dan pikiran jauh lebih tenang.

Baca juga: Mengenal Orthorexia, Ketika Pola Makan Sehat Jadi Obsesi

4. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Banyak yang masih ragu mandi pagi karena anggapan suhu dingin akan membuat tubuh mudah sakit. Nyatanya, hal tersebut tidak benar. Faktanya, mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan penting untuk melawan berbagai virus dan penyakit. 

Bagaimana aktivitas tersebut bisa bermanfaat? Saat tubuh bersentuhan dengan air, kinerja arteri akan memompa darah ke jantung akan meningkat sehingga memicu perbaikan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, mandi pagi juga berguna untuk meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. 

5. MEMBANTU MENGURANGI STRES

Menghadapi aktivitas yang padat dan melelahkan tentu akan meningkatkan stres hingga depresi pada setiap orang. Tak jarang perasaan tersebut membuat seseorang enggan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mulai rutin mandi di pagi hari. 

Manfaat mandi subuh atau membasahi tubuh dengan air dingin dapat meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, lelah fisik dan mental akan hilang ketika melakukan aktivitas mandi, apalagi di pagi hari. Artinya, aktivitas sederhana seperti mandi ini berdampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh. 

Itulah beberapa manfaat mandi subuh yang sangat berguna bagi kesehatan. Dengan mandi di pagi hari, kamu bisa lebih produktif dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Sudah siap untuk rutin melakukan kebiasaan baru dengan mandi di pagi hari?

Baca juga: 6 Mitos & Fakta Penyakit Skizofrenia yang Tak Banyak Orang Tahu!

Mau tahu informasi menarik mengenai info kesehatan lainnya? Gabung Girls Beyond Circle sekarang, yuk!

Sumber foto: Pexels

Kenalin, namaku Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana, penulis artikel ini. Let’s connect on LinkedIn!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond