gagal menampilkan data

Article

12 Rekomendasi Makanan Sahur Agar Kenyang Lebih Lama, Ini Rahasianya!

Written by Adila Putri Anisya

Pada bulan puasa, sahur menjadi waktu yang sangat penting untuk mengisi energi sebelum berpuasa sepanjang hari. Menu sahur yang tepat dapat membantu menjaga kenyang lebih lama sehingga kamu dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Di artikel ini, Girls Beyond akan memberikan 12 rekomendasi makanan sahur agar kenyang lebih lama. Yuk, simak!

Baca juga: 10 Pilihan Menu Sarapan Diet Murah, Sehat, dan Gak Menguras Kantong!

12 REKOMENDASI MAKANAN SAHUR AGAR KENYANG LEBIH LAMA

Memilih menu sahur sebaiknya tak boleh sembarangan, terutama ketika energi yang dikeluarkan dalam sepanjang hari begitu besar. Keseimbangan dan kecukupan nutrisi tetap menjadi hal yang penting. 

Lantas, makanan apa yang membuat kenyang lebih lama? Berikut adalah beberapa pilihan makanan sahur agar kuat puasa!

OLAHAN TELUR

rekomendasi makanan sahur agar kenyang telur
Sumber foto: Pexels

Telur menjadi salah satu makanan terbaik untuk sahur karena mengandung protein yang sangat tinggi. Setiap satu butir telur, terdapat kurang lebih 13 gram protein di dalamnya.

Banyak yang menggunakan telur sebagai menu diet, karena telur dapat menahan kenyang lebih lama. Kamu bisa memasaknya dalam berbagai macam olahan, seperti telur dadar, goreng, rebus, atau dengan campuran bahan lainnya.

NASI MERAH

rekomendasi makanan sahur agar kenyang nasi merah
Sumber foto: Pexels

Nasi merah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah, membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. 

Serat tersebut juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dalam tubuh, sehingga mengurangi rasa lapar secara bertahap. Selain itu, nasi merah juga kaya akan karbohidrat kompleks, yang memberikan energi secara bertahap dan berkelanjutan selama periode puasa.

QUINOA

rekomendasi makanan sahur agar kenyang quinoa
Sumber foto: Pexels

Selain mengandung protein dan serat yang tinggi, quinoa juga mengandung asam amino. Keberadaan asam amino dalam protein quinoa dapat berperan dalam meningkatkan rasa kenyan, dibandingkan dengan hanya mengonsumsi karbohidrat atau lemak saja

Untuk variasi makanan yang sehat, kamu bisa membuat salad quinoa dengan tambahan sayuran segar dan dressing yang lezat.

SUP

rekomendasi makanan sahur agar kenyang sup
Sumber foto: Pexels

Sup merupakan menu sahur yang mengenyangkan karena mengandung banyak air dan rendah kalori. Kamu bisa memasukan berbagai aneka sayuran lezat kedalamnya.

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menambahkan daging rendah lemak, yang bisa membuat kenyang lebih lama.

DAGING SAPI RENDAH LEMAK

rekomendasi makanan sahur agar kenyang daging sapi
Sumber foto: Pexels

Mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti daging rendah lemak dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan bahkan mengurangi asupan kalori harian, sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makanan tinggi protein, seperti daging, saat makan siang, cenderung makan 12% lebih sedikit saat makan malam.

KACANG-KACANGAN

rekomendasi makanan sahur agar kenyang kacang
Sumber foto: Pexels

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang hijau, atau kacang merah mengandung serat dan protein yang tinggi. 

Dilansir dari Healthline, menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan dapat mengurangi rasa lapar dan rasa kenyang lebih lama. Mengapa? Karena kandungan protein yang tinggi dan kandungan lemak tak jenuh dalam kacang, bertanggung jawab atas penekan nafsu makan sehingga kita tidak mudah lapar.

GREEK YOGHURT

rekomendasi makanan sahur agar kenyang greek yoghurt
Sumber foto: Pexels

Greek yogurt merupakan pilihan yang sangat tepat sebagai sumber protein dan probiotik untuk mempersiapkan hari puasa yang panjang. Dibandingkan dengan yoghurt biasa, greek yoghurt lebih disarankan.

Meski dibuat dari bahan yang sama, namun nutrisinya berbeda. Greek yoghurt memiliki lebih banyak protein dua kali lipat, sehingga dapat membantu mencegah rasa haus dan lapar.

ROTI GANDUM

rekomendasi makanan sahur agar kenyang roti gandum
Sumber foto: Pexels

Roti gandum termasuk dalam rekomendasi makanan sahur agar kenyang lebih lama, karena mengandung serat yang tinggi. 

Agar lebih enak, kamu dapat memvariasikan menu roti gandum dengan makanan lainnya, seperti dengan mencampurkan selai kacang dengan pisang, atau dengan keju dan telur.

OATMEAL

rekomendasi makanan sahur agar kenyang oatmeal
Sumber foto: Pexels

Makanan kaya serat, seperti oatmeal, cocok dijadikan menu sahur Ramadan. Serat dalam oatmeal dapat membantu memperlambat pelepasan energi dalam tubuh, sehingga membuat kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, oatmeal juga sumber kaya protein, yang bisa kamu campurkan dengan makanan lainnya, seperti pisang, kurma, hingga keju.

ALPUKAT

rekomendasi makanan sahur agar kenyang alpukat
Sumber foto: Pexels

Alpukat memiliki kandungan serat dan karbohidrat tinggi, yang mampu membuat perutmu merasa kenyang lebih lama. Terlebih lagi, serat yang ada dalam alpukat adalah serat larut dan tidak larut.

Kedua jenis serat ini bekerja bersama-sama untuk memperlambat pencernaan makanan, membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu dapat mencampurkan alpukat dengan jenis makanan lainnya, misalnya dijadikan avocado toast, atau salad alpukat.

KURMA

rekomendasi makanan sahur agar kenyang kurma
Sumber foto: Pexels

Kurma merupakan makanan sahur yang bikin kenyang lebih lama. Pertama, karena kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat membantu kita berenergi sepanjang hari saat puasa.

Sementara yang kedua, karena kurma kaya serat yang mampu menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut, sehingga memperpanjang waktu diproses dalam tubuh, alhasil kamu bisa kenyang lebih lama.

IKAN

rekomendasi makanan sahur agar kenyang ikan
Sumber foto: Pexels

Ikan yang berprotein tinggi, seperti ikan tuna dan salmon baik dikonsumsi saat sahur. Tak hanya itu, ikan juga memiliki asam lemak omega 3 yang bagus saat puasa, sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus saat beraktivitas.

Adapun ikan versi murahnya seperti ikan bandeng, ikan kembung, atau ikan sarden. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat, lebih enak lagi dengan sayur-sayuran hijau.

Dalam mencari rekomendasi makanan sahur agar kenyang lebih lama, 12 menu di atas adalah pilihan yang tepat. Intinya, makanan dengan tinggi protein, serat dan air, mampu membuat perasaan lebih kenyang, sehingga kamu bisa fokus dalam beraktivitas. 

Selamat mencoba!

Mau tahu informasi menarik lainnya seputar puasa? Yuk, join Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: 10 Makanan Penghilang Stress, Bisa Tingkatkan Mood Kamu! 

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond