gagal menampilkan data

Article

Tetap Kerja Selama Ramadhan, Ada 5 Tips untuk Jaga Produktivitas!

Written by Zefanya Pardede

Memasuki Ramadhan, perubahan pola hidup bisa saja membuat kamu kehilangan semangat dan bermalas-malasan. Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12–13 jam.

Hal ini bisa menyebabkan tubuh dan otak merasa lebih mudah lelah, khususnya saat bekerja atau belajar. Puasa sambil kerja memang susah. Akan tetapi, berpuasa di bulan Ramadhan bukan berarti performa kerjamu boleh turun, girls.

Hmm, gimana, ya, caranya supaya tetap produktif selama bulan puasa? Baca terus, yuk!

Baca juga: Rahasia-rahasia yang Bisa Bikin Kamu Jago Public Speaking

Tentukan Goals Selama Ramadhan

(FOTO: Pexels)

Menentukan goals yang ingin kamu capai selama Ramadhan bisa jadi motivasi supaya kamu bisa puasa sambil kerja. Catat goals kamu dalam bentuk to-do-list pasang di tempat-tempat yang kamu lihat setiap hari, seperti di screen handphone atau dekat meja kerja.

Kamu juga bisa gunakan metode S.M.A.R.T. untuk membuat goals Ramadhan kamu lebih terukur.

  • S – Specific. Rancang goals yang spesifik dan terperinci.
  • M – Measurable. Pastikan goals kamu bisa diukur dalam bentuk angka.
  • A – Attainable. Buat goals yang kamu yakin bisa dicapai, seperti target kerja atau pembelajaran.
  • R – Relevant. Goals tersebut harus relevan dengan value dan kehidupanmu.
  • T – Time bound. Tentukan deadline atau durasi kamu bekerja untuk meraih goals tersebut. Contohnya, selama bulan puasa.

Dijamin, kamu pasti bisa tetap produktif selama Ramadhan!

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

Rancang Jadwal

(FOTO: Pexels)

Karena selama bulan puasa ada sahur, jam buka puasa, tarawih, dan lainnya, pastikan jadwal keseharianmu akan berubah. Namun, ini bukan berarti kamu nggak bisa puasa sambil kerja. Ada baiknya kamu merancang jadwal yang terstruktur untuk kamu ikuti selama Ramadhan.

Pastikan kamu menyiapkan waktu yang cukup untuk bekerja, beristirahat, dan beribadah dalam jadwalmu! Puasa sambil kerja akan terasa lebih mudah kalau kamu lakukan ini.

Baca juga: Tips Melawan Malas Belajar dan Lebih Produktif Dengan Cara Ini

Maksimalkan Kerja Setelah Jam Sahur

(FOTO: Pexels)

Menurut studi, kebanyakan orang cenderung lebih produktif ketika bekerja di pagi hari. Setelah sahur, sebaiknya kamu jangan langsung balik tidur. Tidur setelah makan bisa bikin badan kamu makin lesu nantinya.

Gunakan waktu sehabis sahur untuk menyelesaikan pekerjaan. Kerja di pagi hari itu enak, loh. Produktivitas selama ramadhan pasti akan meningkat!

Baca juga: Viral Tentang Manifesting di Medsos, Memang Apa Artinya?

Tidur Siang 20 Menit

(FOTO: Pexels)

Izinkan otak dan tubuhmu untuk beristirahat sejenak di tengah banyaknya pekerjaan. Untuk melakukan ini, kamu meluangkan waktu selama 20–30 menit di siang hari untuk tidur sebentar. Tidur siang bisa membuat badan kamu nggak lemes dan menjaga agar pikiran tetap fresh.

Akan tetapi, jangan kelamaan juga, ya, tidur siangnya. Kalau kelamaan, efeknya justru akan kebalikannya. 

Baca juga: Selain Presentasi, Google Slides Bisa Lakuin 10 Hal Ini untuk Pekerjaanmu!

Sahur yang Bernutrisi

(FOTO: Pexels)

Motivasi kerja nggak cuma dari sistem kerja yang baik dan semangat diri, loh, tetapi juga dari makanan yang kita konsumsi. Agar kamu mampu puasa sambil kerja, menyiapkan sahur yangs sehat dan bernutrisi itu penting. Pastikan sahur kamu memenuhi aturan empat sehat lima sempurna, dengan karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Porsi sahurmu juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan, nggak terlalu sedikit dan nggak kebanyakan. Atau lebih parahnya, jangan sampai kamu nggak sahur sama sekali! Sahur yang sehat dan cukup juga bisa membuat bulan Ramadhan kamu lebih nyaman.

Itu dia tips-tips agar kamu bisa tetap produktif di bulan yang suci. Semoga puasa dan kerjaan kamu lancar-lancar aja, ya!

Mau tahu tips produktivitas lainnya? Atau mau sharing pengalaman kerjamu selama bulan puasa? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond