gagal menampilkan data

Article

Rahasia-rahasia yang Bisa Bikin Kamu Jago Public Speaking

Written by Zefanya Pardede

Public speaking merupakan salah satu skill yang paling penting di dunia profesional. Zaman sekarang, public speaking dibutuhkan oleh semua jenis pekerjaan. Public speaking  di lingkungan kerja bisa dipakai saat presentasi dan brainstorming dalam tim.

Kemahiran dalam public speaking akan membawa dampak positif terhadap perjalan kariermu. Namun, public speaking memang nggak mudah bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu, latihan public speaking diperlukan untuk memperlancar kemampuan berbicaramu.

Simak 5 rahasia dan tips jitu berikut ini supaya kamu makin jago public speaking!

Baca juga: Ada 5 Rekomendasi Website Latihan Interview Kerja Gratis Terbaik di 2023

Latih Kefasihan Lidah

(FOTO: Pexels)

Saat berbicara depan orang banyak, kamu pastinya ingin terdengar lancar dan tidak belepotan. Agar kata-katamu nggak belibet, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, lakukan pemanasan mulut dan lidah. Ini bisa kamu lakukan dengan membuka mulutmu besar-besar agar rahang tidak kaku dan melafalkan “A-E-I-O-U”. Pemanasan ini sangat penting ketika kamu sedang latihan public speaking agar bagian mulutmu lebih leluasa bergerak.

Kedua, perhatikan kecepatan berbicaramu. Untuk melakukan public speaking yang baik, kamu nggak boleh terlalu cepat dalam berbicara. Hal ini justru merupakan faktor utama yang menyebabkan perkataanmu terdengar belepotan. Artikulasikan perkataanmu dengan ritme yang sesuai, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lamban.

Baca juga: Masih SMA tapi Mau Kerja? Ini 7 Rekomendasi Pekerjaan Buat Kamu!

Perhatikan Penampilanmu

(FOTO: Pexels)

Penampilan nggak melulu soal cantik atau tampannya dirimu. Dalam hal ini, penampilan yang dimaksud adalah kerapian dan kesesuaian pakaian kamu saat public speaking. Penampilan juga menentukan kualitas public speaking kamu, loh. Jika kamu melakukan public speaking yang sifatnya profesional, pakailah pakaian formal atau business casual.

Penampilan yang baik juga akan berpengaruh pada kepercayaan dirimu. Saat latihan public speaking, cobalah untuk berbicara sambil mengenakan pakaian yang akan kamu pakai nanti. Ini akan seolah-olah mensimulasikan pengalaman nyata berbicara di depan umum untuk menghasilkan public speaking yang baik.

Baca juga: Gaji Digital Marketer untuk Entry Level hingga Senior, Ternyata Cuan!

Harus Selalu Efisien

(FOTO: Pexels)

Efisiensi sangat penting dalam public speaking. Audiens pasti lebih memilih untuk mendengarkan presentasi atau pidato seseorang yang hanya berlangsung selama beberapa menit ketimbang berjam-jam. Tanpa efisiensi, orang-orang yang mendengarkanmu akan kehilangan ketertarikannya dan nggak akan memperhatikan dirimu.

Hindari pembicaraan yang bertele-tele dan sampaikan pesanmu secara langsung dan to the point. Jelaskan maksud, tujuan, dan inti dari pembicaraanmu dengan jelas biar orang-orang nggak lelah mendengarkanmu!

Baca juga: 10 Situs Terbaik untuk Cari Kerja Freelance, Dijamin Aman dan Cuan!

Gunakan Alat Bantu Visual

Perlu diingat bahwa ada beberapa orang yang membutuhkan visualisasi untuk membantu proses pemahaman. Jadi, salah satu cara terbaik untuk memikat audiens adalah dengan menggunakan alat bantu visual untuk membantumu. Alat-alat ini bisa melengkapi pembicaraanmu dan membantu audiens untuk memahami pesanmu.

Misalnya, kalau kamu ingin menjelaskan fakta-fakta dengan angka, kamu bisa menyiapkan grafik yang bisa ditampilkan kepada audiens. Selain grafik, kamu juga bisa tampilkan poin-poin pembicaraan, animasi, dan contoh gambar.

Baca juga: Peluang Side Hustle ala K-Popers Ini Dijamin Minim Modal Tapi Cuan Maksimal!

Bangun Koneksi dengan Audiens

(FOTO: Pexels)

Coba, deh, tonton video-video pidato dari artis-artis atau tokoh terkenal. Mereka mampu membangun hubungan emosional yang kuat dengan para penonton meski waktu mereka di panggung sangat singkat. Triknya adalah menggunakan mata, tangan, wajah, dan seluruh bagian tubuhmu untuk berbicara. 

Jagalah eye contact dengan penontonmu dan jangan lupa untuk menggunakan gestur tubuh. Kedua hal ini mampu menunjukkan perasaan dan pikiranmu secara ekspresif. Ketika kamu bisa membangun hubungan dengan penonton, di saat itulah orang-orang akan merasa bahwa mereka telah menjadi bagian dari ceritamu.

Saat latihan public speaking, berbicaralah di depan kaca dan perhatikan raut wajah dan bahasa tubuhmu. Latih kemampuan dan ingat terus hal-hal yang sudah kamu pelajari supaya bisa menghasilkan public speaking yang baik!

Pengen tahu lebih banyak soal public speaking? Gabung ke Girls Beyond Circle sekarang juga!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond