gagal menampilkan data

Article

Viral Tentang Manifesting di Medsos, Memang Apa Artinya?

Written by Zefanya Pardede

Kalau kamu sering main media sosial, kamu pasti nggak asing dengan istilah ‘manifesting’. Akhir-akhir ini, manifesting menjadi kata banyak yang digunakan oleh warganet dari segala belahan dunia.

Akan tetapi, manifesting bukan sekadar bahasa gaul, loh. Kata ini selalu dikaitkan dengan pengembangan diri, kesuksesan, hubungan antar orang, law of attraction, dan masih banyak lagi. Manifesting kini menjadi bagian dari lifestyle anak muda.

Baca juga: 3 Kesalahan Pengembangan Diri yang Belum Kamu Tahu

Apa Itu Manifesting?

FOTO: Alexey Demidov via Pexels

Sederhananya, manifesting dilakukan dengan cara memikirkan pikiran aspiratif dengan tujuan untuk mengubah pikiran tersebut menjadi kenyatan. Istilah ini sudah diakui oleh para ahli psikologi. Contohnya, jika kamu kerap membayangkan wujud dirimu yang sudah sukses di masa depan, kamu kelak akan berhasil dalam pekerjaanmu dan meraih kesuksesan tersebut.

Manifesting juga termasuk dalam law of attraction. Law of attraction atau hukum tarik-menarik adalah sebuah filosofi yang menyatakan bahwa pikiran positif akan membawa hasil positif ke dalam kehidupan seseorang, sedangkan pikiran negatif akan membawa hasil negatif.

Jadi, jika kamu sering memikirkan hal-hal yang buruk tentang dirimu atau orang lain, keburukan tersebut bisa saja terjadi di waktu mendatang.

Baca juga:

Manfaat Manifesting

FOTO: Pixabay

Tindakan manifesting bisa mendatangkan manfaat positif jika dilakukan dengan tujuan dan intention yang baik. Manifesting bisa dilakukan untuk meraih apa pun yang kamu inginkan.

Bagi anak-anak zaman sekarang, manifesting digunakan sebagai motivasi pengembangan diri, kesuksesan, pemulihan hubungan dengan orang lain, pencarian kedamaian diri, dan kunci kebahagiaan.

Manifesting yang dilakukan secara positif juga bisa mengubah pola pikir dan kepribadianmu sebagai seorang individu menjadi lebih baik.

Baca juga: Susah Mencari Work-Life Balance? Cobain Work-Life Integration!

Cara Manifesting

Manifesting nggak dilakukan dengan semata-mata memikirkan apa yang kamu mau di kepala, loh. Ada beberapa cara manifesting lainnya yang bisa kamu lakukan!

Mengucapkan Afirmasi

FOTO: Andrea Piacquadio via Pexels

Pernah dengar peribahasa ‘mulutmu, harimaumu’? Peribahasa ini berarti perkataan bisa jadi senjata berbahaya yang dapat menyakiti orang lain atau bahkan dirimu sendiri. Nah, pengucapan afirmasi memiliki konsep yang serupa. Hanya saja, cara manifesting ini bertujuan untuk mendatangkan dampak baik melalui afirmasi positif.

Kamu bisa mulai mengucapkan afirmasi dengan cara menghadap kaca setiap pagi sebelum beraktivitas dan mengatakan:

  • “Aku percaya diri.”
  • “Aku seseorang yang sukses.”
  • “Aku kuat.”
  • “Aku bertumbuh dan menjadi lebih baik setiap hari.”
  • “Aku bisa melakukan apa pun.”

Afirmasi-afirmasi ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhanmu. Nggak hanya untuk mendapat apa yang inginkan, kamu juga akan menemukan bahwa dirimu merasa lebih termotivasi dan bersemangat dengan cara manifesting ini!

Baca juga: Lagu-lagu tentang Self Love yang Bisa Membangun Kepercayaan Dirimu Lagi

Membuat Vision Board

FOTO: MIkechie Esparagoza via Pexels

Vision board adalah sebuah papan yang berisi gambar-gambar atau tulisan yang mendeskripsikan cita-cita, harapan, dan aspirasimu di masa depan. Vision board bisa kamu isi dengan apa pun, seperti poster perguruan tinggi impian, tokoh inspiratif, quotes motivasi, dan foto tempat yang ingin dikunjungi suatu hari. Cara manifesting ini merupakan salah satu metode manifesting yang lebih kreatif.

Gantung vision board-mu di tempat atau sudut ruangan yang bisa kamu lihat setiap hari. Kamu bisa menggantung vision board di sebelah cermin rias, di dekat meja belajar, atau di sebelah ranjang tidur.

Baca juga: 7 Olahraga Anti Ribet Buat Kamu yang Mager

Manifestasi Melalui Tulisan

FOTO: Alina Vilchenko via Pexels

Kalau kamu suka menulis, kamu bisa mencoba cara manifesting yang satu ini. Kamu bisa mulai journaling tentang cita-cita dan goals yang ingin kamu capai. Selain itu, catat hal apa pun yang kamu syukuri setiap harinya. Adanya goals dan rasa syukur saat journaling bisa membawa energi positif dalam kehidupanmu!

Selain journaling, kamu juga bisa mengarang sebuah cerita yang mengisahkan dirimu di masa depan dan menuliskannya di kertas atau laptop. Hal ini juga disebut sebagai scripting. Seperti namanya, scripting dalam manifesting berarti kamu membuat script masa depan yang kamu khayal di kepala.

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

Saat scripting, deskripsikan situasi-situasi yang kamu ingin buat jadi kenyataan secara detail. Misalnya, kamu bisa menulis kisah tentang kehidupanmu setelah kuliah dan deskripsikan apa saja yang ingin kamu dapatkan dan alami dengan detail. Kemudian, baca ulang tulisanmu setiap kali kamu membutuhkan motivasi.

Manifesting menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Kalau kamu manifesting hal-hal yang baik, dijamin segala impianmu akan tercapai!

Mau tahu lebih banyak seputar manifesting? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond