gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

8 Buku Islami untuk Isi Waktu Luang Selama Ramadan, Inspiratif dan Memotivasi!

Written by Adila Putri Anisya

Selama Ramadan, umat muslim ramai-ramai untuk mendapatkan pahala dan keberkahan. Selain beribadah, kita juga bisa menyibukan diri dengan hal positif, salah satunya membaca buku islami yang bisa menjadi panduan kita untuk lebih baik sebagai muslim, atau sekedar ingin mengisi waktu luang di bulan Ramadan.

Girls Beyond telah merangkum beberapa buku bacaan islami yang memberikan inspiratif, motivasi, hingga informasi yang mungkin belum kamu pahami sebagai muslim. Simak rekomendasinya sampai habis!

Baca juga: 5 Buku Self Improvement Terbaik 2024 untuk Upgrade Diri, Wajib Masuk List!

REKOMENDASI BACAAN BUKU ISLAMI

Mulai dari buku inspiratif, motivasi, hingga best seller, berikut adalah delapan pilihan buku yang cocok untuk dibaca selama bulan Ramadan!

SECRET OF DIVINE LOVE: A SPIRITUAL JOURNEY INTO THE HEART OF ISLAM

buku islami Secret of Divine Love: A Spiritual Journey Into The Heart of Islami’
Sumber foto: Eureka BookHouse

Dirilis pada 2020 lalu, buku ‘Secret of Divine Love: A Spiritual Journey Into The Heart of Islami’, merupakan karya A Helwa yang mengajak pembacanya untuk menyadari cinta Allah yang begitu luas pada umatnya.

Bagus untuk kamu yang ingin memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, diri sendiri, maupun dunia di sekitar. Tersaji kisah-kisah inspiratif menarik dari guru spiritual, yang membuat pembaca merasa “dituntun” untuk memperkuat iman. Buku ini menggunakan bahasa Inggris dan terdiri dari 285 halaman. 

HEALING DALAM HENING

buku islami Healing Dalam Hening
Sumber foto: Penerbit Yanita

Saat dihadapkan dengan kesulitan, seringkali kita terdorong untuk mencari solusi tanpa henti, seolah-olah kekuatan kita dan dunia sekitarnya cukup untuk mengatasi segala masalah. Namun, pada hakikatnya, Allah SWT menguji hamba-Nya agar mereka kembali kepada-Nya.

Dalam buku ‘Healing Dalam Hening’ karya Ummu Kalsum, pembaca akan difokuskan untuk “healing” bersama Allah, diharapkan dapat menyembuhkan sepenuhnya, dan menjadikan setiap masalah adalah momen untuk “deep talk” dengan Allah, bukan kepada manusia, karena hanya Allah yang dapat memberikan solusi.

AMAZING STORIES KISAH SEJUTA INSPIRASI MUHAMMAD

buku islami Amazing Stories: Kisah Sejuta Inspirasi Muhammad
Sumber foto: Mizan Store

Kisah Nabi Muhammad dan para sahabat merupakan kisah yang paling inspiratif dan menarik untuk diketahui bagi umat muslim. Oleh karena itu, buku ‘Amazing Stories: Kisah Sejuta Inspirasi Muhammad’ oleh Khalid Muhammad layak untuk dipertimbangkan sebagai bacaan selama bulan Ramadan.

Dalam buku islami ini kamu akan tahu biografi Nabi Muhammad, mulai dari ciri-ciri fisik, istri-istri, alasan pernikahan hingga fakta-fakta sahabat Nabi seperti Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar Bin Khattab, dan lain-lain, tentang perjuangan perang, cobaan, asmara, hingga ketakwaan mereka.

KUMPULAN NASIHAT-NASIHAT RASULULLAH UNTUK WANITA

buku islami Kumpulan Nasihat-Nasihat Rasulullah untuk Wanita
Sumber foto: Gramedia

Salah satu rekomendasi buku islami untuk wanita yang patut kamu baca di bulan Ramadan adalah berjudul ‘Kumpulan Nasihat-Nasihat Rasulullah untuk Wanita’ karya Asrifin An Nakhrawie. 

Buku ini, menyajikan 37 nasihat Rasulullah SAW, tentang keberadaan perempuan, mulai dari sifat, tugas, fungsi, sampai petunjuk pelaksanaan ibadah. Tak hanya ditujukan untuk perempuan lajang, namun yang sudah menikah. 

Melalui buku ini, diharapkan perempuan yang membaca dapat mengamalkannya, sehingga menjadi perempuan shalihah di dunia dan mendapatkan surga kelak.

SENI TINGGAL DI BUMI

Sesuai dengan judul bukunya, ‘Seni Tinggal di Bumi’ karya aktivis muslim, Farah Qoonita, menyuguhkan bacaan inspiratif tentang bagaimana muslim seharusnya tinggal di bumi ini. 

Dalam karya ini, pembaca akan disajikan dengan berbagai nasehat yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu, kisah-kisah Rasulullah dan para sahabatnya disajikan secara mendalam, dengan tujuan agar pembaca dapat lebih memahami peran diri mereka dalam kehidupan, melangitkan hati, serta mempersiapkan diri untuk pertemuan dengan Illahi.

TUHAN, MAAF AKU KURANG BERSYUKUR

buku islami Tuhan Maaf Aku Kurang Bersyukur
Sumber foto: Gramedia

Banyak dari kita yang masih kurang bersyukur dengan apa yang dimiliki. Padahal, bersyukur merupakan hal yang penting dalam hidup karena bersyukur adalah “magnet” untuk mendapatkan banyak keajaiban.

Buku ‘Tuhan Maaf Aku Kurang Bersyukur’ oleh Malik Al-Mughis membahas makna bersyukur, sehingga menjauhkan kita dari “kufur nikmat” dan mendapatkan kebahagiaan lebih dari Allah SWT. 

Dalam buku islami ini, pembaca akan menemukan apa saja amalan yang bisa dilakukan untuk selalu bersyukur, sehingga bisa menerima nikmat Allah.

TUHAN, BERI AKU ALASAN UNTUK TIDAK MENYERAH

buku islami Tuhan, Beri Aku Alasan untuk Tidak Menyerah
Sumber foto: Penerbit Yanita

Salah satu buku islami motivasi yang wajib kamu baca ketika sedang ingin menyerah adalah berjudul ‘Tuhan, Beri Aku Alasan untuk Tidak Menyerah’. Buku ini dapat memberikanmu alasan-alasan untuk tidak menyerah ketika keinginanmu tidak sesuai dengan harapan.
Sebagai muslim, Allah SWT adalah satu-satunya tempat bersandar untuk mengadu dan meminta solusi. Allah tidak pernah “lelah” mendengarkan umatnya yang berkeluh kesah, justru beliau lah maha pemberi petunjuk.

A DAN Z

buku islami A dan Z
Sumber foto: Gramedia

Kalau kamu mau membaca novel, buku ‘A dan Z’ karya Erlis Kurniyanti adalah pilihan yang tepat. Buku islami best seller ini mengangkat kisah perjodohan yang telah diatur oleh keluarga, membuat perempuan bernama Zara harus menerima jodohnya yang bernama Abyan. 

Dalam buku ini dikisahkan, sebenarnya Abyan akan dijodohkan dengan sang adik kembar identiknya, Fara, namun takdir mempertemukan Zara dengan Abyan. Lantas, apakah Zara mampu menerima Abyan dalam hidupnya?

Dengan membaca buku islami di atas, diharapkan dapat meningkatkan iman sehingga lebih dekat dengan Allah SWT, serta memberikan inspirasi dan motivasi yang mungkin dibutuhkan dalam hidup. 

Selamat membaca!

Mau tahu rekomendasi buku bacaan lainnya? Join Girls Beyond Circle, yuk!

Baca juga: Awas Bajakan! Ini 7 Aplikasi Baca Buku Gratis Legal dan Terlengkap